10 Jenis Tanaman Hortikultura Buat di Rumah

0
456
tanaman hortikultura
Sumber: unsplash.com

Pernah mendengar istilah hortikultura? Buat kamu yang belum tahu, hortikultura dapat diartikan sebagai cara budidaya tanaman yang dilakukan di kebun atau taman belakang rumah.

Untuk jenis tanaman yang bisa dibudidayakan pun cukup beragam, seperti tanaman sayuran, tanaman buah, tanaman obat, dan tanaman hias.

Ruparupa Banner

Lantas, Jenis Tumbuhan Hortikultura Seperti Apa yang Bisa Ditanam di Rumah?

Bila kamu tertarik dan ingin mencoba bercocok tanam, ini dia rekomendasi jenis tanaman hortikultura yang bisa kamu rawat di rumah.

1. Tomat

Tomat merupakan buah sayur yang seringkali digunakan sebagai bahan masakan dan miniman jus. Cara menanam toman di rumah pun cukup mudah. Cukup siapkan lahan kering dengan sinar matahari penuh, lalu pilihlah benih tomat yang berkualitas.

Kemudian, siram tanaman tomat langsung ke tanah secara perlahan agar tidak menyebabkan guncangan pada akar. Sebagai saran, tanamlah tomat pada akhir musim hujan untuk meningkatkan keberhasilan panen.

tanaman hortikultura tomat
Sumber: unsplash.com

2. Cabai

Apakah kamu suka makanan pedas? Bila ya, daripada membeli, kamu bisa menanam pohon cabai di halaman belakang rumah. Apalagi, tanaman cabai tidak memerlukan lahan luas dan bisa hidup di dalam pot bunga.

Namun, ingat untuk menyiramnya secara teratur setiap pagi dan sore hari. Kemudian, jauhkan tanaman cabai dari matahari langsung untuk menjaga kelembabannya.

Nah, kami punya rekomendasi bibit cabai yang bisa kamu tanam di rumah.

benih cabai
Let’s Plant Benih Cabai
Menanam lebih mudah dengan set benih dan media tanam berikut ini.

Beli di sini

benih cabai keriting
Lets Plant Benih Cabai Keriting
Set benih dan media tanam cocok untuk pemula yang ingin bercocok tanam.

Beli di sini

3. Bawang

Saat masak tentu akan kurang lengkap tanpa adanya bawang. Selain menambah cita rasa, bumbu dapur satu ini juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kanker.

Nah, bila kamu mau menanam bawang di rumah, pilihlah benih jenis bawang yang kamu inginkan, seperti bawang merah, bawang putih, atau bawang bombay. Kemudian, siapkan media tanam dan lakukan penyiraman secara rutin.

Baca Juga:   10 Tanaman Pengusir Nyamuk di Rumah yang Ampuh
tanaman hortikultura bawang
Sumber: unsplash.com

4. Stroberi

Berikutnya, kita beralih ke buah-buahan. Terkenal dengan rasanya yang lezat dan kandungan nutrisinya yang tinggi, buah strawberry menjadi salah satu buah yang digemari banyak orang.

Karena strawberry termasuk tanaman yang tidak tahan kering, maka kamu perlu menyiramnya dua kali sehari pada musim kemarau. Ini dia rekomendasi bibit strawberry terbaik yang bisa kamu tanam di rumah.

bibit strawberry
Paris Garden Bibit Strawberry Galvanized Windowsill
Set bercocok tanam strawberry yang dilengkapi dengan media tanam dan panduan menanam.

Beli di sini

benih strawberry
Paris Garden Bibit Strawberry Pot Keramik
Set bercocok tanam strawberry yang dilengkapi dengan pot keramik.

Beli di sini

5. Sawi

Menanam sawi di rumah juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bibit, mengolah lahan, hingga memberikannya pupuk secara rutin. Soalnya, sawi merupakan sayuran yang mudah tumbuh dan tahan panas.

Selain itu, masa panen sawi pun relatif singkat hanya 21-38 hari. Nah, kami juga mempunyai rekomendasi bibit sawi berkualitas yang bisa kamu tanam di rumah, seperti berikut ini.

tanaman hortikultura sawi
Let’s Plant Benih Sawi
Menanam lebih praktis dan mudah dengan set bercocok tanam yang terdiri dari pot, benih, dan media tanam.

Beli di sini

6. Bayam

Bayam memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Selain murah, sayur bayam juga mudah didapatkan dan dimasak.

Menanam bayam di rumah pun cukup mudah. Siapkan media tanam yang terdiri dari tanah, pupuk kompos, dan pupuk kandang. Kemudian, masukkan media tanam tersebut ke dalam pot dan tuangkan bibit bayam.

Paastikan kamu meletakkanya di bawah sinar matahari langsung. Nah, kamu bisa memanen bayam selama kurang lebih 40-45 hari.

tanaman hortikultura bayam
Sumber: unsplash.com

7. Timun

Tanaman yang sering dijadikan lalapan ini juga bisa kamu tanam dengan mudah dan praktis, lho. Apalagi, kamu bisa memanen timun hanya dalam waktu 4-6 minggu. Cepat sekali ‘kan?

Tipsnya, hindari adanya genangan air pada timun karena ini akan membuat akarnya menjadi pendek. Kemudian, jika kamu menemukan tanaman timun yang layu, kamu perlu segera mencabutnya.

tanaman hortikultura timun
Sumber: unsplash.com

8. Kangkung

Selain bayam, kamu yang menggemari sayuran wajib menanam kangkung di rumah. Untuk menanam tumbuhan ini, bisa langsung di tanah atau menggunakan pot.

Baca Juga:   10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Tubuh

Hal paling penting adalah gemburkan tanah dan bersihkan media tanam dari gulma atau rumpun yang mengganggu. Agar lebih paham, kamu bisa membaca cara menanam kangkung lebih detail di sini.

benih kangkung
Panah Merah Benih Kangkung Bangkok Lp-1
Benih kangkung berkualitas untuk meningkatkan hasil panen.

Beli di sini

bibit kangkung
Panah Merah Benih Kangkung New Serimpi
Benih kangkung cock ditanam di dataran rendah hingga menengah dengan hasil panen berkualitas.

Beli di sini

9. Seledri

Selain sebagai bahan makanan, seledri termasuk sebagai tanaman herbal yang mempunyai sejumlah khasiat, seperti detoksifikasi dan menurunkan darah tinggi.

Budidaya seledri terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu menanamnya di tanah yang dangkal, kemudian menjaga kadar air pada tanah secara konsisten. Selain itu, kamu bisa memberikannya pupuk organik setiap satu hingga dua minggu sekali.

Berikut rekomendasi bibit seledri yang bisa kamu tanam di rumah.

tanaman hortikultura seledri
Let’s Plant Benih Seledri
Paket bercocok tanam seledri yang ideal untuk pemula.

Beli di sini

benih seledri
Panah Merah Benih Seledri Amigo
Menanam seledri lebih mudah di rumah dengan benih berkualitas berikut ini.

Beli di sini

10. Daun Mint

Tanaman yang terkenal dengan daun yang wanginya khas ini seringkali dijadikan sebagai bahan masakan dan minuman segar. Umumnya, tanaman mint suka dengan tanah yang lembab seperti habitat asli mereka.

Jadi, sebelum menanamnya, kamu harus memastikan bahwa tanah memiliki kandungan air yang cukup. Sebagai saran, budidayakan mint di dalam pot dan masukkan pot tersebut ke dalam tanah. Sebab, akar mint dapat mencuri nutrisi dari tanaman sekitar.

Nah, kami punya rekomendasi set bercocok tanam dengan benih mint yang ideal untuk para pemula.

benih tanaman set bio pot
Paris Garden Bibit Tanaman Mint Bio Pot
Set bercocok tanam terdiri dari benih dan pot ramah lingkungan.

Beli di sini

mint tanaman hortikultura
Boutique Garden Bibit Tanaman Mint Dengan Bio Pot Zinc – Hijau
Tanaman mudah tumbuh cocok untuk pemula.

Beli di sini

Nah, itu dia macam-macam tanaman hortikultura yang bisa kamu rawat di rumah.

Temukan perlengkapan berkebun di rumah terlengkap dengan klik di sini

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, saatnya kita hidup peduli lingkungan dengan bercocok tanam di rumah.