7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh

0
1291
bunga telang
Sumber: pixabay.com

Apakah kamu sering melihat minuman berwarna ungu dan biru saat pergi ke kafe? Bila ya, ternyata minuman kekinian itu terbuat dari bunga telang, lho. 

Pada dasarnya, kelopak bunga telang berwarna biru keunguan. Namun, ketika kamu menyeduhnya dengan air panas, warna bunga telang akan berubah menjadi biru. 

Ruparupa Banner

Uniknya lagi, jika kamu menambahkan zat asam ke dalam air seduhannya, warna biru tadi akan berubah menjadi ungu yang sangat cantik.

Apa Saja Manfaat Bunga Telang?

Tidak hanya punya bentuk kelopak yang cantik dan rasa yang nikmat ketika diseduh menjadi teh, ternyata manfaat bunga bewarna biru keunguan ini banyak sekali, khususnya bagi kesehatan tubuh kamu. Apa saja itu?

teh bunga telang
Sumber: unsplash.com

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat yang pertama adalah dapat membantu menjaga kesehatan mata. Bunga ini memiliki kandungan proanthocyanidin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan.

Selain itu, bunga telang juga mengandung zat anti-inflamasi dan analgesik sebagai penghilang rasa sakit. Kandungan ini mampu mengurangi rasa tidak nyaman, kemerahan, hingga pembengkakan akibat infeksi mata.

Manfaat lainnya adalah mampu merangsang aliran darah menuju mata. Hal ini dapat mencegah kerusakan retina dan kornea, menyembuhkan glaukoma, dan penglihatan buram. 

2. Meningkatkan kemampuan otak

Bunga telang ternyata sudah lama digunakan di India sebagai obat untuk kesehatan otak, lho. Teh bunga ini dapat meningkatkan memori otak, mengobati rasa cemas, dan mengurangi risiko penyakit alzheimer.  

Soalnya, bunga berkelopak ungu ini punya senyawa aktif asetilkolin yang dapat meningkatkan memori dan menjaga kesehatan otak.

3. Memberikan rasa rileks

Teh bunga ini juga mampu meningkatkan mood dan menghilangkan stres, lho.  Beberapa manfaat lain dari bunga telang pada otak adalah mempengaruhi emosi positif di dalam diri kita.

Baca Juga:   13 Cara Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur

Inilah yang akan meningkatkan produktivitas di tempat kerja, meningkatkan tingkat energi dan stamina, serta mencegah depresi.

4. Menjaga kesehatan organ reproduksi

Di India, bunga ini sudah lama digunakan untuk mengatasi masalah menstruasi, keputihan, dan meningkatkan produksi sperma.  Selain itu, bunga ini ternyata mampu menjadi afrodisiak alami atau peningkat gairah seksual yang manjur.

Meminum teh bunga telang menjelang kelahiran karena dapat membantu proses melahirkan berjalan dengan aman dan lancar. 

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Bunga ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat memperkuat dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Zat antihiperlipidemia pada bunga ini mampu menurunkan kadar lemak atau kolesterol tinggi dalam darah, serta dapat mengurangi trigliserida berbahaya dan kolesterol buruk. 

Bunga ini juga mampu mencegah risiko sejumlah penyakit jantung, seperti aterosklerosis, serangan jantung, pembekuan darah di arteri, serta hipertensi atau tekanan darah tinggi.

5. Menurunkan berat badan

Siapa nih yang sedang dalam proses menurunkan berat badan? Kalau kamu salah satunya, maka kamu wajib mengonsumsi teh bunga satu ini secara rutin.

Bunga telang terbukti dapat membantu mengurangi bobot tubuh secara sehat karena bisa memperlambat pembentukan sel-sel lemak. Selain itu, bunga ini juga bebas dari kafein, tidak mengandung karbohidrat, lemak, dan kolesterol.

Bunga ini juga dapat mengeluarkan racun dari usus, mempelancar pencernaan sisa, serta mengatur nafsu makan. 

6. Menstabilkan kadar gula darah

Manfaat bunga telang selanjutnya adalah mampu mengurangi risiko diabetes dengan menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh, lho. 

Dengan mengonsumsi secangkir teh bunga telang hangat setiap harinya, kamu dapat terhindar dari peningkatan gula darah secara mendadak, serta cocok bagi penderita diabetes mellitus tipe 2. 

Baca Juga:   6 Manfaat Tanaman Hias Bunga Kertas Untuk Kesehatan

Bunga telang mampu meningkatkan sekresi insulin, mengatur metabolisme glukosa, dan mencegah penyerapan gula yang berlebihan oleh sel-sel tubuh. 

7. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Tahukah kamu ternyata banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan ekstrak bunga telang, mulai dari serum perawatan kulit hingga produk kesehatan rambut.

Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak bunga ini mampu menghidrasi kulit hingga 70%, terutama setelah 1 jam pemakaian.

Kandungan flavonoid pada bunga berwarna ungu ini juga dapat merangsang produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit, mencerahkan kulit kusam, dan meratakan warna kulit.

Bahkan, ekstrak bunga ini dikatakan lebih efektif mendorong pertumbuhan rambut daripada minoxidil, yang biasa digunakan pada produk untuk mengatasi kerontokan.

Bagaimana Cara Konsumsi Bunga Telang?

butterfly pea tea bunga telang
Sumber: pexels.com

Nah, untuk mengonsumsi bunga ini ternyata mudah sekali. Kamu hanya perlu menyiapkan 10 kelopak bunga telang yang sudah dikeringkan. Kemudian, seduh dengan 250 ml air panas. 

Lalu, tunggu hingga air berubah menjadi warna biru dan saring ke gelas lain agar kelopak bunga tidak ikut terminum. Kamu juga bisa menambahkan madu agar rasanya lebih enak ya, Ruppers. 

Agar lebih mudah saat menyeduh teh bunga telang, kamu akan memerlukan beberapa rekomendasi alat pembuat teh seperti berikut. 

Delicia 800 Ml Teko Teh Borosilicate
Delicia 800 Ml Teko Teh Borosilicate

Beli di sini

Krishome Set 5 Pcs Teko Teh
Krishome Set 5 Pcs Teko Teh

Beli di sini

Kalau sulit menemukan bunga telang, kamu dapat membeli sirup ekstrak bunganya, seperti  berikut ini. 

Rempah Karsa 250 Gr Syrup Rempah Telang Serai
Rempah Karsa 250 Gr Syrup Rempah Telang Serai

Beli di sini

Rempah Karsa 700 Gr Premium Syrup Rempah Telang Serai
Rempah Karsa Premium Syrup Rempah Telang Serai

Beli di sini

Semoga dengan mengonsumsi bunga ini, kamu bisa menjadi lebih sehat ya, Ruppers.

Bagi kamu yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri di rumah, berikut ini rekomendasi alat kesehatan yang wajib kamu miliki.

Sowell Alat Pengukur Gula Darah Sdg-561
Sowell Alat Pengukur Gula Darah Sdg-561

Beli di sini

Sowell 4.6 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah Sdp-182
Sowell 4.6 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah Sdp-182

Beli di sini

Kamu juga bisa menemukan berbagai produk kesehatan lainnya hanya di Ruparupa.com. Situs ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain. Yuk, belanja sekarang!