4 Cara Ampuh Membasmi Kutu Putih pada Tanaman

0
6276

Salah satu tantangan dari para pengoleksi tanaman hias adalah adanya hama dan parasit, seperti kutu putih atau whitefly. Biasanya, hama ini kerap menempel pada daun dan menghisap sari makanan pada tanaman.

Alhasil, akan menyebabkan pertumbuhan jamur dan menyebarkan virus ke seluruh bagian tanaman hias tersebut. Selain itu, kutu putih juga mengganggu penampilan dari tanaman.

Ruparupa Banner

Sayangnya, penggunaan racun tidak disarankan untuk membasmi parasit berbahaya ini. Apalagi, bagi kamu yang memiliki anak kecil dan hewan peliharaan di rumah.

Ini Cara Membasmi Kutu Tanaman

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk membasmi kutu putih pada tanaman? Mari simak lengkap penjelasannya di bawah ini.

1. Mencabut daun yang terinfeksi

Jika hama kutu putih baru menyerang salah satu daun tanaman kamu, maka cara pertolongan  pertama yang bisa kamu lakukan adalah segera memangkas daun tersebut. Penanganan dini ini dilakukan untuk mencegah penyebaran hama ke tanaman lain.

Umumnya, daun yang terkena hama akan berubah menjadi warna kuning. Selain itu,  telur kutu putih akan terlihat jelas pada bagian bawah daun.

Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai untuk mencegah penularan melalui kontak kulit. Kamu bisa menggunakan model satu ini.

Baca Juga:   7 Tanaman Hias Buat Rumah Sejuk Saat Cuaca Panas

Beli di sini

Selain itu, kamu harus mencelupkan daun yang sudah dipangkas ke dalam cairan alkohol untuk mematikan kutu dan telur kutu yang ada.

Kemudian, kamu bisa memisahkannya sementara dari tanaman lainnya yang masih sehat.

2. Membasmi sarang semut

Salah satu ciri-ciri daun yang terserang kutu putih adalah zat lengket pada daun yang dapat menarik semut datang ke tanaman tersebut. Jika semut hadir, maka akan mencegah predator alami yang bisa membantu membasmi kutu tersebut.

Tak hanya itu, semut juga bisa menularkan kutu putih ke tanaman lain sehingga masalah penyebaran hama akan semakin sulit untuk dikendalikan.

Maka dari itu, sebaiknya kamu segera membasmi sarang semut, yang berkeluaran di area tanaman kamu.

Sumber: unsplash.com/@MD_JERRY

Ada beberapa cara membasmi semut yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah menuangkan air mendidih pada sarang semut.

Jika masih belum mempan, maka kamu bisa menggunakan obat pembasmi semut.

Beli di sini

3. Gunakan insektisida alami  

Teknik selanjutnya adalah dengan menyemprotkan insektisida alami pada tanaman. Tenang saja, bahannya mudah kamu temukan di area rumah, kok.

Kamu hanya membutuhkan sabun cairan pencuci piring untuk membunuh kutu putih yang melekat erat pada tanaman.

Baca Juga:   Media Tanam Hidroponik Tanpa Repot

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 liter larutan air hangat dan 8 tetes sabun ke dalam botol semprot.

Kemudian, semprotkan pada seluruh area tanaman yang terinfeksi. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan lakukan secara berkala selama beberapa minggu sampai kutu putih menghilang.

4. Gunakan vacuum cleaner

Ya, mesin penyedot debu dapat dengan efektif menghisap kutu putih dewasa beserta telur-telurnya. Gunakan secara perlahan karena daya hisap yang terlalu tinggi justru akan merusak seluruh tanaman.

Namun, pastikan kamu tidak menggunakan vacuum cleaner ini untuk membersihkan area di dalam ruangan.

Tujuannya untuk mencegah penularan di area dalam rumah dan bisa menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal.

Beli di sini

Nah, itu dia empat cara ampuh yang bisa kamu coba untuk membasmi kutu putih yang membandel pada tanaman.

Kamu bisa menemukan aneka kebutuhan tanaman terlengkap dengan kualitas terbaik, mulai dari, media alat tanam hingga obat pembasmi kutu hewan lainnya, hanya di situs belanja online Ruparupa.com.

Tidak hanya itu, Ruparupa juga menyediakan aneka kebutuhan rumah tangga dan furnitur lainnya juga, loh. Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi Ruparupa.com dan saatnya menjaga tanaman hias di rumah agar tetap sehat dan tumbuh subur.