Intip Tahapan dan Masa Kehamilan Kucing

0
5760
Masa kehamilan kucing

Siapa nih yang masih bertanya-tanya berapa lama masa kehamilan kucing? Nah, jawaban umumnya adalah berkisar antara 58-72 hari. 

Namun, setiap kucing memiliki masa yang berbeda-beda. Agar tidak salah memperkirakannya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu seperti apa tahapan masa kehamilan kucing.

Ruparupa Banner

Tahapan Kehamilan dan Masa Mengandung Kucing 

Masa kehamilan kucing

1. Fertilisasi

Masa kehamilan kucing biasanya berkisar antara 58-72 hari. Cara paling mudah menghitung masa kehamilannya dengan mengetahui siklus estrus atau menstruasi dari kucing tersebut.

Pada umumnya, hewan berbulu halus ini mencapai kematangan seksuai ketika berusia enam bulan. Biasanya, di masa siklus estrus, kucing betina akan sangat menarik perhatian kucing jantan.

Nah, inilah yang bisa menimbulkan terjadinya perkawinan, yang biasa berlangsung selama 11-95 menit. Proses perkawinan kucing bisa terjadi lebih dari satu kali. Artinya, seekor anak kucing dapat memiliki lebih dari satu ayah.

Jadi, mungkin saja kucing betina telah dibuahi oleh kucing jantan yang berbeda. Apalagi, kucing bisa melakukan perkawinan 10 – 50 kali dalam sehari.

2. Tahap awal kehamilan kucing

Sama seperti wanita hamil yang mengalami morning sickness, kucing juga bisa mengalaminya, loh!

Jadi, jangan kaget jika selama dua minggu pertama kehamilannya, kucing Anda tidak bersemangat saat menyantap makanannya. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena setelah memasuki minggu ketiga, nafsu makan kucing yang sedang hamil akan bertambah, diikuti dengan bobot tubuhnya. 

Baca Juga:   Sejarah Kucing Scottish Fold yang Harus Anda Tahu

3. Pertengahan masa kehamilan

Pada masa ini, biasanya Anda akan melihat tubuh kucing akan sedikit membesar dan lebih berat dari biasanya. Hal ini terjadi karena perkembangan janin yang tadinya kecil, sudah semakin membesar.

Selain itu, tubuh yang membesar ini juga dipengaruhi dari jumlah anak kucing yang dikandung. Anda bisa membawa indukan ke dokter hewan untuk melakukan x-ray, bila penasaran ingin mengetahui berapa banyak anak kucing yang akan dimiliki. 

4. Pra-persalinan

Masa kehamilan kucing

Beli di sini

Seminggu sebelum kucing Anda melahirkan, biasanya disebut sebagai tahap pre-persalinan. Dalam tahap ini, puting susu kucing memerah dan sesekali mengeluarkan susu segar.

Selain itu, induk kucing juga akan mencari tempat persembunyian yang hangat dan aman untuk membuat sarang bagi anak-anaknya.

Nah, sebagai pemiliknya, Anda bisa menyediakan beberapa peralatan penting untuk mempersiapkan kelahiran anak kucing, seperti berikut ini.

  1. Siapakan alas lembut, yang berfungsi untuk menjaga area tersebut tetap kering.
  2. Tambahkan handuk bersih untuk membersihkan area sekitar dan membantu kelahiran kucing.
  3. Siapkan Kandang yang nyaman dan cukup besar. Apalagi, jika induk kucing akan melahirkan lebih dari 4 anak.
  4. Pastikan Anda menyediakan gunting untuk melepaskan tali pusar, yang melilit pada anak kucing.

5. Persalinan

Anda perlu waspada, jika kucinng terlihat tidak nafsu makan sama sekali selama dua hari berturut-turut. Sebab, tanda-tanda ini menunjukan kalau ia akan segera melahirkan dalam waktu dekat.

Tanda lain dari kucing yang akan melahirkan, antara lain mulai menjilati kelaminnya dan mengeluarkan suara seperti kesakitan. Bagi kucing yang belum pernah melahirkan sama sekali, besar kemungkinan jika ia akan merasa cemas dan bergerak kesana kemari.

Baca Juga:   Profil Kucing Ragdoll yang Harus Anda Tahu

Bila tanda-tanda kucing melahirkan tersebut semakin terlihat, bisa jadi dalam 1-2 jam ke depan ia akan melahirkan anak kucing pertamanya. Lalu, disusul anak berikutnya. setelah 15 – 30 menit.

Setelah melahirkan, umumnya induk kucing akan langsung menjilati anak-anaknya dan memakan plasenta sebagai nutrisi tambahan.

Akan tetapi, jika dari tanda-tanda tersebut kucing tidak kunjung melahirkan, maka Anda harus segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapat pertolongan.

Pastikan anak kucing harus bersama induknya selama minimal 8-12 minggu agar cukup umur untuk mendapatkan susu dari ibunya. Apalagi, anak kucing tidak bisa hidup tanpa susu dari induknya.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan makanan yang bergizi pada induk kucing, terutam selama menyusui. Jadinya, sang ibu kucing pun bisa memulikan kembali tenaga yang hilang dan kesehatannya.

Itu dia beberapa tahapan dan persalinan dari seekor kucing. Pastikan Anda selalu menyediakan perlengkapan untuk hewan peliharaan kesayangan, seperti kandang, makanan, sabun mandi, dan lain sebagainya di rumah.

Anda bisa memperoleh perlengkapan untuk hewan tersebut hanya di Ruparupa.com. Situs e-commerce satu ini tidak hanya menawarkan produk rumah tangga dan perabot, tetapi juga menyediakan berbagai kebutuhan hewan peliharaan dari merek ternama milik Pet Kingdom.

Anda juga bisa mendapatkan produk rumah tangga terbaik dari brand Kawan Lama Group seperti ACE, Informa, Toys kingdom, Pet Kingdom dan masih banyak lagi, hanya di Ruparupa.com. Selamat belanja!