9 Manfaat Kandungan Nutrisi Ubi Jalar Bagi Kesehatan

0
370
Sumber: freepik.com

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan pengolahannya yang mudah membuat makanan ini menjadi kesukaan banyak orang. Tak hanya itu, rupanya ubi jalar ini kaya akan vitamin, antioksidan, serat, dan juga mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi keseharianmu. Lantas, apa aja manfaat kandingan nutrisi ubi jalar bagi kesehatan kita? Yuk, simak terus di bawah ini.

9 Manfaat Kandungan Nutrisi Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Mampu membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi ubi jalar sangat cocok untuk kamu yang sedang dalam proses penurunan berat badan dan memiliki kadar lemak berlebih yang dapat memacu kemungkinan obesitas. Kandungan gula alami yang terkandung di dalamnya membuat kamu menjadi tidak bosan dengan pola hidup diet sehat namun tetap tidak hambar. Selain itu, ubi jalar memiliki kandungan Vitamin A, serat, dan potasium yang lebih dari 40 persen untuk kebutuhan harian tubuhmu. Menurut hasil studi dari live science, mengonsumsi satu buah ubi jalar dengan 130 gram memiliki kandungan 100 kalori atau setara dengan nol lemak.

Kandungan yang baik bagi pencernaan

Manfaat ubi jalar tak hanya sebatas membantu menurunkan berat badan. Namun juga dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan kamu. Makanan yang kaya akan serat ini mampu memberikan efek positif bagi penderita gangguan pencernaan seperti sembelit. Karena kandungannya yang mencukupi gizi harian, sehingga dapat membantu meningkatkan rutinitas buang air besar dan mengurangi kadar resiko terinfeksi kanker usus. Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk melakukan diet sehat, maka kamu dapat mencoba menambahkan ubi jalar ke dalam menu diet harianmu. Perut kenyang, pencernaan lancar, berat badan pun stabil.

Membantu melawan kanker

Tidak hanya itu, rupanya ubi jalar juga memiliki komponen kandungan penting yang dapat membantu mengatasi beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, usus, hingga prostat. Karena adanya kandungan betakoraten, antioksidan serta vitamin C di dalamnya yang baik untuk pengobatan kanker.

Selain itu, ekstrak kulit dari ubi jalar juga dapat membantu menangkal radikal bebas berlebihan yang dapat mengakibatkan kerusakan sel di dalam tubuh. Sifat antikanker ini dipercaya mampu memberikan manfaat pelawanan jumlah radikal bebas yang baik bagi kesehatan. Akan tetapi, penelitian mengenai pemanfaatan ubi jalar masih dalam pengembangan untuk kepastiannya dalam mengobati potensi kanker pada manusia.

Merawat kesehatan rambut dan kulit

Ubi jalar memiliki kandungan vitamin A yang dapat melindungi kulit dan rambut dari kerusakan akibat paparan sinar UV yang berlebihan. Sedangkan kandungan vitamin E dan C pada ubi jalar mampu membantu mendorong pertumbuhan kolagen agar tetap sehat.

Merawat kesehatan mata

Ubi jalar memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan penglihatan karena memiliki kandungan yang kaya akan-beta karoten. Kandungan ini akan bertransformasi menjadi vitamin A dan membentuk reseptor pendeteksi cahaya di dalam mata. Selain itu, ubi jalar juga memiliki kandungan antosianin yang dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Vitamin A yang terkandung di dalamnya memiliki peranan penting dalam menghindari rekosiko penyebab kebutaan.

Menjaga kadar gula penderita diabetes

Ubi jalar memiliki kandungan gula alami yang lebih rendah dibandingkan asupan kentang. Hal ini dikarenakan kentang memiliki kandungan indeks glikemik yang terlalu tinggi sehingga dapat menyebabkan melonjaknya gula darah. Sedangkan ubi jalar memiliki kandungan indeks glikemik yang lebih rendah dan dapat membantu mencegah sel-sel lemak tubuh yang sekaligus dapat menurunkan berat badan kamu.

Penderita diabetes memiliki aturan yang ketat dalam menjaga pola makannya. Namun, kamu dapat menjaga kadar gula darah kamu dengan berbagai variasi olahan ubi jalar yang enak disantap setiap harinya. Mulai dari bola ubi, ubi rebus, ubi goreng, hingga pengolahannya menjadi berbagai jenis camilan, pudding, kue, hingga membuat  minuman kekinian dengan rasa ‘taro’.

Meskipun memiliki kandungan gula yang lebih rendah, tidak berarti kamu dapat menyantap ubi jalar sesuka hati tanpa aturan dan pantangan khusus. Pastikan kamu tetap menyeimbangi kandungan makanan yang masuk ke tubuh kamu ya.

Dapatkan alat pengukus makanan serbaguna hanya di Ruparupa.com

Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Kandungan vitamin C pada ubi jalar mampu memenuhi hingga setengah kebutuhan harian manusia. Jenis antioksidan ini dapat menjadi penguat imun yang hebat di dalam tubuh manusia. Sedangkan vitamin A mampu membentuk sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan peningkatan kadar darah rendah. Apabila manusia kekurangan zat vitamin A di dalam tubuh, maka kemampuan sistem kekebalan tubuh akan terancam dan meningkatkan resiko peradangan usus yang dapat membahayakan kesehatan.

Menjaga tekanan darah

Mengonsumsi ubi jalar memiliki manfaat untuk membantu menjaga tekanan darah manusia. Pasalnya, ubi jalar mampu meningkatkan asupan kalium dari kebutuhan asupan kalium harian yang dapat membantu mengarasi penyebab atau masalah kesehatan. Hanya saja, penambahan garam pada pengolahan ubi jalan tidak disarankan karena dapat menyebabkan peningkatkan tekanan darah.

Meningkatkan fungsi kinerja otak manusia

Ubi jalar ungu memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Ubi jalar memiliki kandungan antosianin yang dapat membantu melindungi otak serta mengurangi maupun mencegah peradangan akibat radikal bebas. Meskipun belum terdapat penelitian pasti mengenai efektivitas ubi jalar pada fungsi kinerja otak manusia, namun secara tidak langsung, diet sehat dengan buah dan sayuran memiliki persentase penurunan penyakit mental dan demensia.

Tak mengherankan lagi kalau ubi jalar manjadi makanan kesukaan banyak orang. Kandungan segudang manfaat serta rasanya yang nikmat menjadikannya pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin memulai pola hidup sehat. Tunggu apalagi? Saatnya kamu memulai pola hidup sehat dan rasakan manfaat kandungan nutrisi ubi jalar pada kesehatan kamu.