Waspada Kanker Prostat! Kenali Penyebabnya Sejak Dini

0
217
kanker prostat
sumber: pixabay.com

Sudahkah Anda mengenal kanker prostat? Apa penyebabnya dan bagaimana cara meminimalisir risiko terkena penyakit tersebut? Yuk, simak artikel kali ini untuk melindungi diri dan orang tersayang. 

Ayo Waspadai Kanker Prostat

Berikut  penjelasan terkait kanker prostat yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Kanker Prostat?

kanker porstat
sumber: cancer.org

Kanker prostat merupakan kanker yang terjadi pada prostat, kelenjar kecil yang memiliki bentuk seperti kenari pada pria. Fungsi dari prostat ini adalah untuk menghasilkan cairan mani, yang memberi nutrisi dan mengangkat sperma.

Tidak semua kanker prostat bisa tumbuh cepat. Ada kanker prostat yang memang tumbuh dengan lambat dan tidak menyebabkan kerusakan serius. Namun, ada pula yang bersifat agresif dan dapat menyebar dengan cepat. 

Apa Gejala Kanker Prostat?

Pada tahap awal, sebenarnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa pun sehingga kerap kali tidak disadari oleh si penderita.

Namun, lama kelamaan gejala penyakit ini bisa terlihat, seperti:

  • Sulit buang air kecil
  • Penurunan kekuatan saat membuang urin
  • Terdapat darah dalam urin
  • Terdapat darah dalam air mani
  • Sakit pada tulang
  • Penurunan berat badan
  • Disfungsi ereksi

Jika Anda memiliki beberapa gejala di atas, segeralah menghubungi dokter dan lakukan pemeriksaan lebih dini. Penanganan yang lebih cepat juga pastinya akan meminimalisir risiko perburukan, bukan?

Penyebab Seseorang Menderita Kanker Prostat

kanker prostat
sumber: pixabay.com

Sebenarnya, penyebab kanker prostat masih tidak jelas. Namun, penyakit ini bermula ketika sel-sel pada prostat mengalami perubahan dalam DNA mereka. DNA sel ini berisi instruksi yang memberitahu tentang apa yang harus dilakukan sel. Perubahan tersebut membuat sel menjadi tumbuh dan membelah diri lebih cepat dari pada sel normal. 

Sel-sel abnormal yang terakumulasi, akhirnya membentuk tumor yang dapat menyerang jaringan di dekatnya. Namun, ada beberapa sel abnormal yang dapat pecah kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Faktor Risiko Seseorang Mengidap Kanker Prostat

  • Usia yang lebih tua

    Orang-orang yang usianya diatas 50 tahun memiliki risiko lebih tinggi mengidap penyakit ini.

  • Orang kulit hitam memiliki risiko lebih tinggi

    Masih belum diketahui alasan terkait hal ini, tetapi dinyatakan bahwa orang kulit hitam lebih berisiko mengidap penyakit ini. Kanker prostat yang diidap oleh orang kulit hitam juga sering lebih agresif.

  • Sejarah Keluarga

    Orang yang memiliki ikatan darah (gen) dengan mereka yang pernah mengidap penyakit ini memiliki risiko lebih tinggi, seperti orang tua, saudara kandung, ataupun anak. Bila Anda memiliki hubungan darah dengan orang yang pernah mengidap kanker payudara, Anda juga memiliki risiko lebih tinggi mengidap penyakit ini. 

  • Obesitas

    Pada orang yang memiliki berat badan berlebih, kanker biasanya cenderung lebih agresif, dan lebih memungkinkan kembali terjadi setelah pengobatan awal. 

Yuk, Cegah Kanker Prostat dengan Cara Mudah

Kurangi risiko kanker prostat dengan berbagai cara berikut:

  • Lakukan Diet Sehat

Hal ini bukan berarti Anda harus membatasi porsi makan sampai puasa tidak makan sama sekali. Diet sehat dapat dilakukan dengan makan banyak buah, sayur, dan biji-bijian. Makanan tersebut mengandung banyak nutrisi dan vitamin, yang diperlukan tubuh untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. 

juicer
Hurom Slow Juicer H-200 – Dengan teknologi canggihnya, Anda tidak perlu repot memotong buah dan sayur sebelum memasukannya, juicer ini juga dapat dicuci dengan mudah sehingga mengkonsumsi buah dan sayur jauh lebih mudah dan menyenangkan sekarang.

Beli di sini

Anda juga bisa membuat jus segar dari buah-buahan yang kaya vitamin, seperti jeruk, apel, strawberry, dan sebagainya. Oh ya, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran sebagai salad yang lezat. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak makan buah dan sayur setiap hari, bukan? 

  • Rajin Berolahraga

Rutin olahraga tidak hanya bisa menjaga kesehatan, tetapi juga bisa meningkatkan suasana hati dan menjaga berat badan. Untuk itu, buatlah jadwal rutin olahraga agar tubuh Anda bisa bergerak dan menjadi lebih sehat. Namun, bila Anda masih pemula, tidak perlu langsung melakukan olahraga berat. Lakukan olahraga ringan dan tambah durasinya secara perlahan agar tubuh bisa menyesuaikannya.

Kinetic Treadmill Motorized 12p
Kinetic Treadmill Motorized 12p – Lakukan olahraga di rumah kebih menyenangkan dengan treadmill yang bisa mengukur denyut nadi, waktu, kecepatan, jarak, dan jumlah kalori yang sudah terbakar.

Beli di sini

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda, ya. Yuk, lindungi diri untuk diri sendiri dan orang-orang tersayang. Jangan lupa menjaga asupan dan rajin berolahraga. Ruparupa juga menjual berbagai alat pengolah buah dan sayur yang bisa Anda pilih untuk mempermudah konsumsi buah dan sayuran setiap harinya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan berbagai kebutuhan olahraga berkualitas yang Anda inginkan di Ruparupa. Yuk, kunjungi kami sekarang dan jangan sampai kehabisan!