7 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh

0
2083
manfaat kacang panjang
Sumber: pixabay.com

Kacang panjang adalah salah satu sayuran dengan memiliki banyak kandungan nutrisi baik bagi tubuh. Manfaat kacang panjang pun juga cukup beragam, termasuk untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Tidak heran banyak yang menjadikan sayuran satu ini sebagai menu makanan sehari-hari, seperti lalapan, tumis kacang panjang, dan lain-lain.

Ruparupa Banner

Selain itu, kalau sedang dalam program diet, sayuran ini bisa menjadi menu makanan yang tidak menyiksa kamu, lho. Kacang panjang juga termasuk sebagai tanaman palawija yang mudah kamu tanam di rumah. 

Apa Saja Manfaat Kacang Panjang?

Daripada makin penasaran, simak beberapa manfaat kacang panjang berikut ini.

1. Mengontrol kadar gula darah 

Tahukah kamu ternyata salah satu manfaat kacang panjang adalah dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan membuatnya tetap stabil, lho.

Hal ini terjadi karena terdapat aktivitas dari antihyperglycemic yang terkandung dalam ekstrak kacang panjang sehingga glukosa pada darah menurun. Jadi, bagi kamu yang mengalami masalah gula darah tinggi, kamu bisa mengonsumsi sayuran satu ini.

2. Mencerahkan dan melembabkan kulit

Siapa sih yang tidak mau memiliki kulit cerah dan lembab? Pasti menjadi impian semua wanita, bahkan pria sekali pun. Ternyata, sayuran ini dapat membantu kamu mewujudkan hal tersebut lho, Ruppers!

Di dalam sayuran ini terkandung vitamin C yang tinggi.  Beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi vitamin C juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, melembabkan kulit tubuh, serta menjaga kekencangan kulit wajah. 

Baca Juga:   Sstt..! Ini 3 Rahasia Sehat Para Artis Tanah Air

3. Mengontrol berat badan

Apakah kamu pernah merasa kurang percaya diri karena memiliki tubuh yang tidak ideal? Hal tersebut pasti membuat kamu merasa ingin menjaga berat badan dengan melakukan diet, bukan?

Jika ya, kamu dapat menambahkan sayuran ini ke menu makanan diet karena salah satu manfaat kacang panjang adalah dapat mengontrol berat badan.

Sayuran ini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah sehingga tidak masalah jika kamu mengonsumsinya secara rutin.  Kandungan serat dan protein yang ada pada kacang panjang juga bisa meningkatkan imun tubuh dan mengontrol nafsu makan, lho. 

4. Menjaga kesehatan mata

Ternyata, sayuran yang bagus untuk kesehatan mata tidak hanya wortel, lho. Manfaat kacang panjang lainnya adalah dapat membantu menyehatkan mata. 

Di dalam sayuran ini, terkandung zat tiamin yang dapat mengatasi gangguan penglihatan, seperti glaukoma hingga katarak. Tiamin berperan untuk merangsang sinyal saraf dan otot, sehingga mampu mengantarkan informasi dari mata hingga otak.

Jadi, agar penglihatan kamu semakin tajam, yuk, lebih rutin makan kacang panjang.

manfaat kacang panjang bagi tubuh
Sumber: pixabay.com

5. Mengontrol tekanan darah

Manfaat kacang panjang lainnya adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, mulai dari stroke, jantung, hingga paling fatal adalah kematian. 

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Seperti yang kita tahu, agar kesehatan tulang tetap terjaga, tubuh membutuhkan asupan kalsium yang cukup.

Baca Juga:   8 Tips Diet untuk Pemula yang Menyehatkan

Nah, kacang panjang dapat membantu kamu mencukupinya karena sayuran ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kacang panjang dapat membantu penyerapan kalsium pada tulang dan mengurangi ekskresi pada urin.

Selain itu, kacang panjang juga mengandung magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk mengubah vitamin D menjadi zat aktif. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan pada tulang. 

7. Mengatasi anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang terjadi jika penderitanya mengalami kekurangan sel darah merah pada tubuh sehingga membuatnya merasa pusing, lemas, bahkan sampai pingsan. 

Jika kamu merupakan salah satu penderitanya, cobalah untuk mengonsumsi sayuran ini, yang mengandung zat besi tinggi untuk membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. 

Itu dia beberapa manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh kamu. Luar biasa sekali ‘kan khasiatnya? Yuk, jadikan sayuran ini menu makanan sehari-hari.

Kalau kehabisan ide untuk memasak, kamu bisa mencari inspirasi resep masakan di Blog Ruparupa dengan klik di sini

Nah, kalau kamu ingin mengolah kacang panjang menjadi masakan lezat, pastikan untuk menggunakan peralatan masak berkualitas ya, Ruppers.

Berikut beberapa rekomendasi peralatan masak yang dapat kamu gunakan untuk membuat menu olahan kacang panjang.

Cooking Color Set 3 Pcs Amber Pisau Dapur & Talenan
Cooking Color Set Pisau & Talenan

Beli di sini

Selma Set 2 Pcs Elena Wajan
Selma Set 2 Pcs Elena Wajan

Beli di sini

Cooking Color 28 Cm Keanu Wajan
Cooking Color 28 Cm Keanu Wajan

Beli di sini

Delicia Piring Sup Mild Stone 23 Cm
Delicia Piring Sup Mild Stone 23 Cm

Beli di sini

Kamu bisa mendapatkan semua perlengkapan rumah tangga hanya di Ruparupa.com. Situs belanja online satu ini juga menjual berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain.