8 Tips Diet untuk Pemula yang Menyehatkan

0
3204
olahraga ringan di rumah

Ada banyak tips diet yang bisa kita lakukan. Namun, untuk hasil yang lebih konsisten, kita perlu menjalani diet dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat.

Soalnya, gaya hidup sehat memiliki berbagai efek positif bagi tubuh, termasuk bisa meningkatkan daya tahan.

Ruparupa Banner

Tentunya, jika sistem kekebalan tubuh kita tinggi, maka kita akan terlindung dari penyebaran bakteri, jamur, virus, dan racun lainnya. Jadinya, kita tidak akan mudah sakit.

Maka dari itu, kita perlu mengutamakan diet yang menyehatkan daripada hanya menurunkan berat badan saja.

Lantas, Bagaimana Cara Diet yang Menyehatkan?

Buat kamu yang ingin memulai diet sehat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti berikut ini.

1. Sarapan yang mengandung protein

Sarapan sebelum beraktivitas bisa membuat tubuh jadi lebih berenergi. Namun, selama kamu menjalani diet, pilih menu sarapan yang mengandung protein. Soalnya, protein bisa mengatur hormon nafsu makan sehingga kita tetap merasa kenyang.

Beberapa jenis makanan yang bisa kamu jadikan menu sarapan adalah telur, gandum, kacang, dan biji-bijian.

tips diet
Telur jadi makanan tinggi protein yang baik untuk diet sehat

2. Kurangi gula

Selain membuat sakit gigi, konsumsi gula yang berlebih bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Untuk itulah, kitu perlu mengurangi konsumsi gula berlebih.

Biasanya, miniman seperti soda, jus buah, teh, kopi, dan susu aneka rasa, mengandung banyak gula. Kamu tetap bisa menambahkan gula ke dalam makanan dan minuman, asalkan memilih yang rendah kalori.

Baca Juga:   Apa Itu Ruang Sauna? Ini Dia Penjelasan dan Cara Kerjanya
tips diet
Jika ingin mengonsumsi teh, pastikan kurangi kandungan gulanya

3. Kurangi garam

Selain gula, mengurangi garam juga menjadi tips diet yang ampuh untuk dicoba. Soalnya, asupan garam yang tinggi membuat kandungan natrium jadi berlebih di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan mengalami retensi air dan kelebihan cairan.

Jadi, saat masak, kamu perlu mengurangi garam, kaldu, dankecap asin yang mengandung natrium tinggi. World Health Organization atau WHO menyarankan batas konsumsi garam harian adalah 5 gram atau satu sendok teh.

tips diet
Mengurangi garam jadi tips diet yang menyehatkan untuk investasi masa depan

4. Konsumsi makanan berserat

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, maka bisa mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut. Soalnya, kandungan serat juga bisa membuat kenyang.

Beberapa jenis makanan diet berserat tinggi, antara lain pasta gandum utuh, roti gandum utuh, sayuran, buah, dan kacang polong.

tips diet
Buah dan sayuran menjadi makanan yang mengandung serat tinggi

5. Kurangi makanan berlemak dan berminyak

Memang, kita membutuhkan lemak di tubuh sebagai bahan energi. Namun, tubuh yang memiliki kadar lemak terlalu banyak bisa meningkatkan risiko terkena obesitas, penyakit jantung, dan stroke.

Jadi, kita perlu membatasi makanan yang mengandung lemak dan minyak tinggi dengan beralih ke minyak kedelai dan membatasi konsumsi daging olahan.

Selaini tu, saat masak, kamu juga bisa mengukus atau merebus saja. Jika ingin menggoreng, gunakan air fryer supaya tidak ada kandungan minyaknya.

tips diet
Masak menggunakan air fryer menjadi tips diet yang bisa dicoba karena mampu mengurangi kadar minyak berlebih

6. Tidur cukup

Tahukah kamu kalau penderita insomnia memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena obesitas? Yap! Soalnya, kualitas tidur yang kurang bisa memperlambat metabolisme sehingga lemak akan tersimpan di dalam tubuh.

Baca Juga:   12 Ide Menu Sehat yang Mudah Dibuat

Selain itu, kurang tidur juga bisa meningkatkan produksi hormon insulin dan kortisol yang mendorong penyimpanan lemak.

tips diet
Sumber: Unsplash/Lux Graves

7. Rutin olahraga 

Tentu, tips diet yang ampuh tidak berasal dari jenis makanan yang dikonsumsi saja. Namun, kamu juga perlu menyeimbangkannya dengan gaya hidup yang sehat dari berolahraga.

Untuk menurunkan berat badan, kamu bisa memilih jenis olahraga yang mampu membakar kalori di tubuh, seperti berlari, bersepeda, dan berenang. Jika tidak ingin repot, kamu juga bisa melakukan olahraga tersebut dari rumah dengan menggunakan treadmill.

tips diet
Olahraga dari rumah menggunakan treadmill untuk diet yang sehat

8. Kelola stres 

Saat kita stres, tubuh akan memicu pelepasan hormon kortisol. Bila demikian, nafsu makan pun akan ikut meningkat.

Kamu bisa mengelola stres dengan berbagai cara, seperti melakukan aktivitas atau hobi yang disukai, mulai dari membaca buku, menonton film, dan pergi ke konser musik bersama teman-teman.

tips diet
Mengelola stres adalah tips diet yang bisa kamu lakukan untuk menahan nafsu makan berlebih

Nah, itu dia beberapa tips diet yang bisa kamu lakukan dari rumah.

miliki alat olahraga praktis hemat 50%
klik di sini

Kamu dapat membeli alat olahraga praktis di rumah melalui ruparupa.com. Di situs belanja online ini, kamu juga bisa mendapatkan perabot multifungsi dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, mulai dari ACE, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi.

Untuk mendukung gaya hidup sehat, kami juga memiliki beberapa rekomendasi perlengkapan yang bisa kamu miliki di rumah, seperti di bawah ini.

 

tips diet
Kinetic Sepeda Statis – Abu-abu/hitam

Beli di sini

tips diet
Philips 4.1 Ltr Air Fryer Hd925290 – Hitam

Beli di sini

tips diet
Kels 1.2 Ltr Weldon Rice Cooker Multifungsi – Putih

Beli di sini

tips diet
Berwyn Dumbbell Neoprene 5 Kg – Hitam

Beli di sini