Apakah Kulit Wortel Perlu Dikupas Sebelum Dibuat Jus?

0
13244
Sumber: Pixabay.com

Masih menjadi perdebatan apakah harus mengupas kulit wortel sebelum di jus atau tidak. Namun, sebetulnya mengupas kulit wortel tidak wajib, kok. Kamu bisa mengupas kulit wortel atau tidak, tergantung selera.

Meskipun begitu, tentu ada beberapa perbedaan saat kamu membuat jus wortel beserta kulitnya dan tanpa kulitnya. Biasanya, perbedaan tersebut akan terlihat ketika kamu mencicipinya, dari rasa dan tekstur jus yang dihasilkan.

Ruparupa Banner

Kandungan Nutrisi Dalam Wortel

Sumber: Unsplash.com

Tidak seperti sayur atau buah lain yang kebanyakan vitamin dan nutrisinya terdapat di kulit, vitamin pada wortel justru  tersebar secara merata.

Apalagi, di dalam kulit wortel, ternyata kaya akan kandungan nutrisi yang tinggi, seperti vitamin C, vitamin B3 atau niancin, dan fitonutrien. 

Sedangkan kandungan pada wortel sendiri, biasanya kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, termasuk vitamin A, biotin, vitamin K1, dan juga vitamin B6.

Jadi, meskipun kamu mengupas kulit wortel, vitamin dan nutrisi yang hilang tidak terlalu signifikan. Tentu, beda ceritanya kalau kamu mengupas kulit kentang.

Selain itu, bila kamu tidak ingin mengupas kulitnya, pastikan kamu mencuci bersih wortel dengan merendamnya di dalam air dingin selama 30 detik.

Hal ini bertujuan untuk membersihkan sisa kotoran, pestisida, dan bakteri yang menempel pada kulit wortel.

Perbedaan Rasa

Sumber: Pixabay.com

Wortel yang dijus bersama kulitnya memiliki rasa yang lebih pahit daripada wortel yang kulitnya dikupas. Hal ini disebabkan karena wortel merupakan tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah.

Baca Juga:   Resep Ayam Sambal Bawang Gurih dan Bikin Ketagihan

Kamu juga bisa menemukan sedikit bercak warna kecoklatan pada jus wortel tersebut, yang umumnya berwarna orange cerah.

Sedangkan jus wortel yang kulitnya dikupas, justru memiliki rasa manis. Apalagi, jika kamu mengkombinasikannya dengan apel. Campuran jus wortel dan apel ini bisa jadi pilihan yang bagus untuk memulai hari, lho.

Perbedaan Tekstur

Sumber: Unsplash.com

Tekstur jus wortel yang kulitnya dikupas akan sangat berbeda dengan yang kulitnya tidak dikupas terlebih dulu.

Jus wortel yang kulitnya dikupas akan menghasilkan tekstur yang lebih halus dan konsisten. Sementara itu, wortel yang dijus bersama dengan kulitnya, memiliki tekstur yang lebih kasar dan terasa dimulut.

Cara Membuat Jus Wortel Sederhana dengan Blender

Sumber: Pixabay.com

Untuk memubuat jus wortel, pertama-tama kamu harus mencuci wortel sampai bersih. Meski nantinya kamu akan mengupas kulit wortel, sebaiknya tetap membersihkan wortel terlebih dahulu.

Kamu bisa merendam wortel di dalam air selama kurang lebih 10 menit, lalu menggosoknya perlahan-lahan.

Cara ini akan membuat tekstur wortel lebih lembut. Jadi, kamu pun lebih mudah membuang kotoran yang ada di permukaan wortel.

Selain itu, kamu juga bisa  mencuci wortel dengan cara merendam wortel dengan cuka dan air dengan perbandingan yang sama selama 5-10 menit. Setelah itu, gunakan sikat khusus sayuran, lalu cuci wortel perlahan di bawah air mengalir.

Langkah kedua, kamu bisa mulai mengupas kulit wortel, tetapi tidak masalah jika kamu tidak mengupasnya, ya.

Setelah itu, potong wortel kecil-kecil agar lebih mudah hancur saat kamu memasukkanya ke dalam juicer atau blender.

Namun, lebih direkomendasikan untuk memotong kedua ujung wortel karena biasanya bagian tersebut keras dan tidak bisa hancur sempurna.

Baca Juga:   7 Jus Buah dan Sayur Sehat Untuk Lawan COVID-19

Tahap terakhir adalah mulai blender wortel hingga hancur dengan konsentrasi tekstur yang kamu suka. Jika kamu menyukai jus yang benar-benar encer, maka kamu perlu menambahkan sedikit air dan blender dengan waktu lebih lama.

Cara Membuat Jus Wortel Praktis Menggunakan Slow Juicer

Slow juicer dari Hurom bisa memudahkan kamu membuat jus yang lebih sehat.

Kalau kamu suka jus wortel yang encer, kamu bisa menggunakan slow juicer yang langsung memisahkan air dan ampas buah. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot menyaringnya lagi.

Bahkan, kamu bisa langsung memasukkan wortel ke dalam slow juicer, tanpa harus mengupas kulitnya, lho.

Kamu bisa menggunakan slow juicer dari Hurom dari Ruparupa.com. Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perabot dan kebutuhan rumah tangga lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Yuk, simak beberapa rekomendasi slow juicer Hurom berikut ini.

 

Slow Juicer dari Hurom ini mampu membuat jus nikmat tanpa mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.

Beli di sini

Slow juicer dari Hurom ini praktis dan memiliki kapasitas hingga 400ml.

Beli di sini

Selain bisa menghasilkan jus kaya nutrisi, slow juicer ini juga bisa digunakan untuk mencincang bawang putih, daging, hingga makanan bayi. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Nah, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi saat mau bikin jus wortel. Kamu boleh mengupas kulitnya atau tidak. Namun, jika kamu lebih menyukai rasa manis, sebaiknya kupas kulit wortel terlebih dahulu.

Tenang, mengupas kulit wortel tidak sesusah itu, kok. Kamu hanya perlu sediakan talenan, lalu pegang ujung wortel yang lebih tebal dan ujung satunya menyentuh talenan.

Setelah itu, miringkan wortel sekitar 45 derajat untuk memulai kupas kulit wortel perlahan dari atas ke bawah sambil memutar wortel. Setelah pisau mencapai talenan, putar sedikit wortel dan mulai kupas dari atas lagi. Hati-hati jangan sampai jari kamu terluka, ya.

Selamat memulai hidup sehat dengan jus wortel!