10 Tanaman Palawija yang Mudah Ditanam di Rumah

0
3491
tanaman palawija
Sumber: unsplash.com

Apakah kamu sedang mencari alternatif makanan sebagai pengganti nasi? Bila ya, kamu bisa mencoba menggonsumsi tanaman palawija. 

Mungkin, kita sedikit asing mendengar tanaman palawija, yang memiliki arti “tanaman kedua” ini. Namun, tanaman palawija sebenarnya adalah pangan pengganti padi, yang dapat tumbuh dilahan kering. Untuk menanamnya pun cukup mudah. 

Ruparupa Banner

Tidak hanya itu, ada beberapa tanaman palawija juga dapat kamu jadikan sebagai tanaman hias. Sedangkan, hasil panennya bisa kamu nikmati sebagai santapan.

Jenis-jenis Tanaman Pengganti Nasi

Tertarik ingin mencoba menanam tanaman palawija? Yuk, simak beberapa jenis tanaman pengganti nasi berikut ini. Jadinya, kamu pun lebih mudah saat menanam dan merawatnya nanti. 

1. Singkong

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan jenis tanaman palawija satu ini, bukan? Apalagi, singkong seringkali menjadi pilihan sebagai pengganti nasi. 

Kamu dapat mengolahnya menjadi berbagai macam makanan, baik dengan cara merebusnya, menggoreng, atau bahkan menjadikannya sebagai kue. Selain itu, kamu pun bisa mengelola singkong menjadi tepung tapioka. 

Untuk menanamnya juga terbilang mudah. Cukup tancapkan batang tanaman singkong ke tanah dan berikan pupuk agar singkong bisa tumbuh dengan baik.

Biasanya, umbi singkong akan tumbuh pada bagian pangkal batang atau di dalam tanah. Nah, saat waktu panen tiba, kamu hanya perlu mencabutnya.

Bukan hanya umbi, tapi daun singkong juga dapat kamu olah menjadi makanan yang lezat, lho. 

singkong
Sumber: pexels.com

2. Kentang

Jika kamu tinggal di wilayah yang cukup sejuk, cobalah menanam kentang di rumah sebagai tanaman pengganti nasi. 

Kentang juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi seperti nasi sehingga kamu bisa merasa kenyang saat memakannya.

Kamu dapat mengolah kentang dengan beragam jenis masakan, baik untuk digoreng, direbus, ataupun dibuat sebagai pelengkap dalam masakan.

Untuk menanamnya juga tidak sulit. Kamu dapat menanam bibitnya ke dalam lubang tanah sedalam minimal 10 cm. Lalu, pastikan kamu menyiramnya dengan rutin. Tambahkan nutrisi yang baik agar kentang dapat tumbuh subur.

kentang palawija
Sumber: pexels.com

3. Ubi jalar

Nah, tanaman palawija satu ini dapat tumbuh dengan cepat. Biasanya, ubi jalar dapat dipanen sekitar 90 hari setelah kamu menanamnya, lho.

Baca Juga:   7 Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Cantik

Selain itu, cara menanamnya juga sama seperti kentang. Namun bedanya, menanam ubi membutuhkan lahan yang lebih luas dan tanah yang tidak terganggu oleh tanaman lain agar akar atau umbinya dapat tumbuh besar.

Kamu bisa mengelola ubi jalar denga merebus dan menggorengnya menjadi camilan sore yang nikmat.

palawija ubi jalar
Sumber: pexels.com

4. Jagung

Tahukah kamu kalau ternyata jagung sudah menjadi sumber karbohidrat utama di beberapa daerah Indonesia, seperti Nusa Tenggara dan Maluku, lho. 

Kamu dapat mengolah jagung menjadi makanan lezat, mulai dari nasi jagung, bakwan, jasuke, maupun membuat jagung bakar.  

Tanaman jagung ternyata mudah ditanam karena dapat tumbuh pada berbagai kondisi tanah. Namun, waktu terbaik untuk menanam jagung adalah pada saat memasuki awal musim kemarau. 

Pastikan kamu rutin menyiramnya dan berikan nutrisi berupa pupuk agar jagung dapat tumbuh subur.

palawija jagung
Sumber: pexels.com

5. Talas

Apakah kamu tahu taro yang identik dengan warna ungu pada makanan dan minuman? Ternyata, taro terbuat dari talas, lho. 

Talas juga termasuk sebagai tanaman palawija yang dapat kamu tanam di rumah sebagai pengganti nasi. Ada banyak juga olahan talas yang lezat, khususnya camilan, seperti kue dan es krim.

Menanamnya juga mudah. Cukup siapkan bibit talas yang sudah tumbuh kuncup, lalu tanamkan dengan posisi kuncupnya berada di atas permukaan tanah. 

talas
Sumber: gardeningknowhow.com

 

6. Kacang hijau

Suka makan bubur kacang hijau? Kamu juga dapat menanamnya dengan mudah di rumah sebagai pengganti nasi, lho.

Cukup siapkan biji kacang hijau dan disemai menggunakan kapas. Jangan lupa untuk menyiramnya sampai kacang mulai tumbuh menjadi kecambah. 

Setelah itu, kamu bisa memasukkan kacang hijau yang sudah berkecambah di dalam lubang tanah yang telah memiliki kondisi baik. Tidak perlu menanamnya terlalu dalam, kamu hanya perlu menutupnya dengan tanah tipis.

Hindari menanam kacang hijau langsung di tanah karena dapat menghambat pertumbuhannya. Hal yang paling penting adalah kamu perlu rutin menyiramnya.

palawija kacang hijau
Sumber: pexels.com

7. Mentimun

Makan lalapan tidak akan lengkap rasanya kalau tanpa mentimun, bukan? Mentimun menjadi salah satu tanaman favorit sebagai makanan karena rasanya yang lezat dan menyegarkan.

Baca Juga:   8 Cara Menanam Kangkung di Rumah dengan Mudah

Selain itu, mentimun juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Biasanya, mentimun dapat kamu konsumsi tanpa perlu mengolahnya terlebih dahulu.

palawija mentimun
Sumber: pexels.com

Kamu dapat menanam benih mentimun langsung ke tanah atau di dalam polybag. Pastikan juga memberikan tiang penyangga untuk menopang mentimun saat tumbuh.

Nah, berikut ini rekomendasi benih timun yang dapat kamu tanam di rumah.

Lets Plant Benih Timun
Lets Plant Benih Timun beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

8. Wortel

Tanaman sayur satu ini memang menjadi favorit banyak orang karena dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti sup, mixed vegetable, hingga kue.Apalagi, wortel juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kamu dapat menanamnya dengan mudah di rumah untuk menjadi pengganti nasi.  Cukup tanam bibit wortel ke tanah, tapi jangan terlalu dalam karena ukurannya kecil.

Lalu, pastikan kamu merawatnya dengan baik agar dapat memperoleh hasil panen yang memuaskan.

palawija wortel
Sumber: pexels.com

9. Oyong

Tanaman palawija selanjutnya yang mirip seperti mentimun adalah oyong. Tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang  baik bagi tubuh, bahkan bisa mengatasi panas dalam, lho.

Cara menanamnya juga sama seperti mentimun, yaitu menanamkan benihnya ke tanah dan siapkan tongkat penyangga.

Pastikan untuk menyiram tanaman oyong secara rutin 2 kali sehari agar dapat tumbuh subur dan panen lebat.

oyong
Sumber: specialtyproduce.com

10. Kacang panjang

Selanjutnya, kamu dapat menanam kacang panjang di kebun rumah. Tanaman ini dapat diolah menjadi beragam makanan dan camilan lezat dengan cara ditumis atau bahkan dijadikan rempeyek. 

Jika kamu ingin menanamnya, pastikan lahan kamu kosong dan tidak ada tanaman lain  agar pertumbuhan kacang panjang tidak mengganggu.

Selain itu, pastikan tanaman kacang panjang mendapatkan sinar matahari yang cukup ya, Ruppers.

kacang panjang
Sumber: pexels.com

Nah, itu dia 10 tanaman palawija pengganti nasi yang dapat kamu tanam dengan mudah di rumah. Setiap tanaman juga membutuhkan perlakuan atau cara menanam yang berbeda.

Jadi, pastikan kamu mencari tahu terlebih dahulu agar lebih paham dan tidak salah langkah ya, Ruppers.

Kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan berkebun di rumah hanya dari Ruparupa.com dengan klik di sini.

Simak juga beberapa rekomendasi produk untuk berkebut seperti berikut ini.

Penyiram Tanaman Plastik 1.5 Ltr
Penyiram Tanaman Plastik 1.5 Ltr beli di Ruparupa.com.
Alat penyiram tanaman ini akan membantu kamu menjaga kelembapan media tanam dan membuatnya lebih subur.

Beli di sini

Sekop Taman Hand Trowel Nylon
Sekop Taman Hand Trowel Nylon beli di Ruparupa.com.
Sekop taman ini dapat mempermudah kamu dalam menanam palawija dan sangat nyaman jika kamu genggam.

Beli di sini