Kini hewan peliharaan tidak lagi dilihat sebagai ‘peliharaan’ saja, tetapi seringkali dianggap sebagai bagian dari anggota keluarga. Karena itulah banyak sekali orang yang begitu memanjakan hewan peliharaannya, apalagi dalam masyarakat kota besar dengan ekonomi berkecukupan. Sebut saja salah satunya artis Hollywood seperti Paris Hilton. Anjing peliharaannya memiliki segala macam pakaian, aksesori, mobil, hingga mansion pribadi. Bahkan jika ditotal, harganya bisa lebih mahal dibanding properti kita sebagai manusia, lho. Tapi tenang aja! Kamu nggak perlu memanjakan hewan kesayanganmu sampai seperti Paris Hilton, kok. Cukup dengan memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarnya, hewan kesayangan sudah akan sangat nyaman tinggal bersamamu.

Hewan Kesayangan Bebas Dehidrasi & Kelaparan

Berbeda dengan manusia yang memerlukan sandang, pangan, papan sebagai kebutuhan pokok, hewan peliharaan memiliki kebutuhan yang jauh lebih simpel. Dengan bulunya, anjing dan kucing tidak lagi memerlukan pakaian. Sebagai hewan peliharaan, tempat tinggal pun sudah tersedia bersama kita. Nah, sisanya yang harus selalu kita siapkan adalah kebutuhan pangannya. Jadi kebutuhan dan perlengkapan pangan seperti apa yang perlu kita berikan?

1. Makanan khusus hewan

Whiskas Makanan Kucing Tuna

Mungkin saking sayangnya dengan hewan peliharaanmu, kamu rela berbagi semua makanan dengannya. Padahal, asupan nutrisi yang dibutuhkannya bukanlah berasal dari makanan kita. Ingatlah bahwa kamu seharusnya tidak memberikan makanan manusia pada anjing atau kucing peliharaanmu. Makanan-makanan kesukaan kita seperti coklat, bawang, makanan bergaram, dan berbagai makanan lainnya justru bisa menjadi racun berbahaya bagi tubuh mereka. Untuk itu, kamu perlu menyediakan dog food atau cat food yang memang dibuat khusus untuk anjing dan kucing peliharaanmu. Pastikan juga kamu memberinya makanan dalam takaran yang pas, tidak kekurangan, tidak berlebihan.

2. Tempat makan hewan

Selain makanan, tempat makannya juga tentu perlu disediakan. Saat ini telah terdapat banyak sekali tempat makan khusus hewan yang dibuat untuk memudahkan manusia sekaligus untuk menjaga pola makan hewan peliharaan. Berikut adalah beberapa jenis tempat makan hewan yang dapat menjadi inspirasi pilihanmu:

  • Tempat makan hewan minimalis
Ferplast Tempat Makan Hewan Glam

Tempat makan model ini adalah yang paling banyak digunakan sebagai tempat makan hewan peliharaan sehari-hari. Desainnya yang minimalis befungsi untuk mencegah makanan terselip dan memudahkanmu membersihkannya. 

  • Tempat makan hewan magnus slow
Ferplast Tempat Makan Magnus Slow

Sekat-sekat di dalam tempat makan ini memang didesain agar anjing atau kucing makan lebih perlahan. Tujuannya supaya makanan dapat lebih tercerna dengan baik, membuatnya lebih mudah kenyang, dan mengurangi risiko obesitas. 

  • Tempat makan hewan dengan timer
Paws N Tail Tempat Makan Hewan dengan Timer

Wadah ini dilengkapi dengan timer yang dapat kita program. Dengan begitu, kita tidak akan lupa kapan harus memberi makan mereka.

  • Dispenser makanan 
Azimut Dispenser Makanan Hewan

Berbentuk seperti dispenser dengan wadah makanan dibawahnya.  Isi di dalam tangki plastik dapat mengalir ke piringan dengan sendirinya. Praktis digunakan jika meninggalkan hewan peliharaanmu di rumah.

3. Tempat minum hewan

Jauhkan hewan kesayanganmu dari dehidrasi! Pastikan kamu selalu menyediakan air yang cukup untuknya. Tipsnya adalah kamu bisa menyediakan beberapa tempat minum di sudut-sudut ruangan untuk memudahkan mereka mencari minum kapanpun merasa haus. Ada beberapa model tempat minum yang cocok digunakan juga, lho!

  • Botol minum hewan 
Ferplast Botol Minum Hewan Drinky Dog

Dengan botol minum ini, kamu tidak perlu khawatir kucing atau anjing kesayanganmu akan kehausan saat ditinggal di rumah. Kamu hanya perlu mengisi botol ini dan menggantungkannya di bagian rumah tertentu. 

  • Tempat minum hewan fountain
Boyu Tempat Minum Hewan Fountain

Wadah minum ini dapat digunakan sebagai supply air minum harian untuk anjing atau kucing. Dilengkapi dengan filter yang dapat menyaring air serta pompa untuk mengalirkan air. 

  • Dispenser Minuman Hewan
Acepet Dispenser Minuman Hewan

Dengan model menyerupai dispenser, air minum akan mengalir ke dalam piring dengan sendirinya tanpa khawatir air di dalam piring akan tumpah. 

4. Camilan hewan

Pedigree Cemilan Anjing Jerky Strap

Doggie, sit! Doggie, up! Doggie, shake hand!” Merasa sering mengucapkan kata-kata itu? Pasti kamu suka mengajarkan beberapa trik pada anjing kesayanganmu. Agar anjing bisa lebih termotivasi dan cepat belajar, kamu bisa memancingnya dengan menyiapkan camilan khusus anjing. Beri dia sepotong camilan tiap kali dia mampu melakukan sebuah trik sebagai bentuk apresiasi atas usahanya. Ragam camilan khusus anjing dan kucing ini telah beredar luas di pasaran, pilihlah camilan yang sehat dan bergizi untuk mereka. Tapi ingat, camilan hanya befungsi sebagai makanan selingan dan tidak bisa menggantikan makanan pokok, ya.

Merawat hewan peliharaan tidak lain tidak bukan adalah kewajiban kita sebagai ‘guardian angel‘ mereka. Selalu pastikan kamu menyediakan perlengkapan hewan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan hewan kesayangan. Dan yang terpenting adalah, rawatlah mereka dengan hangat dan penuh kasih sayang. Dengan begitu, hewan peliharaan pun bisa menjadi sahabat terbaik untuk hari-hari kita. Hidup semakin menyenangkan ditemani hewan kesayangan yang sehat terawat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here