5 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi

0
2297

Punya kamar mandi yang bersih dan nyaman merupakan idaman setiap penghuni rumah. Sayangnya, kadang noda kerak di sela keramik kamar mandi tidak bisa terhindarkan. Namun, jangan sampai noda tersebut menumpuk, ya!

Pasalnya, keramik yang sudah berwarna kusam akan mengganggu estetika keindahan kamar mandi, serta lama kelamaan menjadi biang penyakit.

Ruparupa Banner

Cara ampuh membersihkan keramik kamar mandi

Tidak perlu khawatir, kali ini kita akan membahas tuntas cara dan bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat tampilan keramik kembali kinclong. Penasaran bukan?

Yuk, simak cara membersih keramik kamar mandi di bawah ini.

1. Bersihkan dengan lemon

Keramik yang terlihat kusam bisa diakibatkan oleh faktor usia juga, loh. Nah, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan rutin membersihkannya.

Anda bisa menyemprotkan cairan jus lemon di atas keramik, lalu membersihkannya dengan lap kering. Pasalnya, lemon memiliki kandungan asam alami, yang dapat menyeka kerak di ubin kamar mandi.

Membersihkan hunian

2. Gunakan larutan cuka

Alternatif selanjutnya adalah menggunakan campuran 1/2 cangkir cuka putih dengan satu liter air hangat. Kemudian, tuang ke atas permukaan ubin dan lap dengan kain mikrofiber hingga bersih, seperti yang bisa Anda beli di sini.

Baca Juga:   5 Persiapan Nonton Film di Rumah Agar Lebih Seru

Cuka putih memiliki kandungan desinfektan alami, yang dapat bekerja dengan baik sebagai pembersih ubin. Namun, perlu diperhatikan bahwa teknik ini tidak berlaku pada ubin batu alam, seperti marmer, granit, dan travertine.

3. Gunakan larutan baking soda

Tak hanya lemon dan cuka putih, baking soda juga efektif membasmi kuman dan noda di keramik kamar mandi, loh. Kandungan natrium bikarbonat dalam bahan ini, dapat membuat warna yang kusam menjadi kembali cerah.

Tekniknya juga cukup mudah, Anda cukup menaburkan baking soda di bagian keramik yang berkerak. Kemudian, Anda gosok area tersebut dengan kain atau spons lembap. Setelah itu, bilas dengan air panas sampai bersih.

Agar hasilnya semakin maksimal, Anda bisa membilas sisa baking soda dengan larutan cuka putih.

4. Gunakan kaporit

Umumnya, kaporit memang digunakan untuk menjernihkan air. Namun, Anda bisa menggunakan bahan satu ini untuk membersihkan noda kusam pada keramik kamar mandi.

Caranya, cukup menaburkan kaporit ke seluruh ubin dan diamkan selama satu jam. Setelah itu, Anda bisa menggosoknya dengan sikat toilet dan bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Ulangi sebanyak 3-4 kali sampai noda yang menempel pekat, perlahan memudar dan lantai Anda kembalil bersih.

Baca Juga:   7 Kesalahan Umum saat Menjemur Pakaian di Rumah

5. Gunakan pembersih khusus keramik kamar mandi

Pembersih khusus keramik merupakan pilihan terbaik yang simpel dan terjamin efektif menghilangkan kerak noda membandel.

Apalagi, kualitas kandungan zat kimia pembersih telah disesuaikan agar tidak merusak permukaan keramik kamar mandi.

Salah satu rekomendasi pembersih lantai kamar mandi yang bisa Anda gunakan adalah Astonish Fresh Breeze Bathroom Cleaner, yang bisa Anda beli di sini. 

cara membersihkan keramik kamar mandi dengan astonish

Pembersih ini telah diformulasikan dengan kualitas desinfektan khusus untuk mengangkat kerak noda terberat sekali pun. Cairan dikemas dalam kemasan botol spray yang praktis dan mudah diaplikasikan.

Anda juga tidak perlu khawatir karena pembersih ini tidak mengandung bahan hewani yang berbahaya.

Nah, agar membersihkan lantai semakin mudah, Anda bisa menggunakan sikat pembersih khusus permukaan lantai keramik kamar mandi, seperti yang satu ini.

cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sikat

Dapatkan di sini

Desain unik yang menyerupai bentuk segitiga ini, dapat menjangkau hingga sudut paling sulit di sela-sela keramik. Selain itu, bulu pada sikat berkualitas tinggi ini tidak akan mudah rontok dan rusak walau untuk penggunaan jangka panjang.

Bagaimana? Rupanya cukup mduah bukan untuk membersihkan noda kerak membandel keramik kamar mandi? Namun, agar hasil tampilan keramik tampak bersih maksimal, Anda bisa rutin membersihkannya minimal sekali seminggu.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba tips di atas, Ruppers!