5 Alat Untuk Membersihkan Rumah Terbaik

0
37775

Siapa yang tak ingin memiliki rumah yang bersih dan rapi? Rumah yang bersih dan rapi adalah idaman setiap orang. Namun, tahukah kamu, untuk mendapatkan rumah yang bersih, kamu hanya perlu lima alat untuk membersihkan rumah yang wajib dimiliki?

Kamu mungkin sudah memahami cara membersihkan rumah. Tetapi mungkin kamu masih sulit membedakan antara alat kebersihan rumah yang satu dengan alat yang lainnya.

Ruparupa Banner

Kenali lima alat untuk membersihkan rumah:

1. Lap atau Microfiber

Lap adalah alat yang sangat wajib dimiliki untuk membersihkan rumah, namun ada baiknya setiap lap dibedakan kegunaannya.

Misalnya, lap untuk membersihkan perabot dari debu, untuk membersihkan jendela, lap piring, atau lap pel lantai.

Lap harus juga dijaga kebersihannya setelah menggunakan untuk membersihkan perabot rumah tangga.

Lantas, apa itu kain lap microfiber? Kain microfiber merupakan alat untuk membersihkan rumah yang memiliki fungsi yang sama dengan lap biasa.

Namun kain microfiber jauh lebih lembut sekaligus tebal. Keunggulannya kain ini bisa menyerap dan cepat kering daripada lap pembersih biasa. Kain microfiber ini unggul dalam menarik dan menjebak partikel debu sehingga mereka tidak pindah ke tempat lain.

Berikut rekomendasi lap microfiber yang bisa kamu gunakan di rumah.

alat kebersihan rumah
Arthome Set 3 Pcs Kain Lap Mixed Fruits

Beli di sini

 

Ace Set 10 Pcs Lap Microfiber

Beli di sini

2. Spons

Ada beragam macam dan jenis spons yang tersedia di pasaran. Ada spons selulosa yang memiliki daya serap yang baik dan tahan lama.

Tidak hanya digunakan sebagai spons cuci piring, spons selulosa juga dapat digunakan di kamar mandi.

Baca Juga:   6 Tips Membersihkan Kamar Tidur saat ART Mudik

Berikutnya ada spons abrasif yang terbuat dari bahan yang kasar. Spons jenis ini baik untuk membersihkan panci, wajan atau alat pemanggang yang memiliki sisa-sisa kotoran bekas memasak.

Kemudian ada spons biasa yang teksturnya cukup lembut dan sangat menyerap air, biasa digunakan sebagai alat untuk membersihkan kaca jendela, kaca mobil atau perabot-perabot rumah tangga lainnya.

Sedangkan spons nylon, digunakan pada permukaan yang tidak dapat menahan gosokan kasar dan tidak memerlukan pembersihan besar seperti peralatan yang dilapisi teflon. Namun sama seperti lap, kamu harus memiliki beberapa jenis spons pembersih.

Bedakan mana spons yang untuk mencuci piring, mencuci jendela rumah dan perabot-perabot lainnya. Berikut rekomendasi spons yang bisa kamu gunakan di rumah.

alat kebersihan rumah
Scrub Daddy Set 4 Pcs  Pembersih Sponge Daddy

Beli di sini

Scrub Daddy Mommy Series Spons Pembersih

Beli di sini

 

3. Sikat

Biasanya, sikat kasar digunakan sebagai alat untuk membersihkan lantai, kloset atau dinding kamar mandi. Coba perhatikan pada lantai atau dinding kamar mandi.

Jika ada kotoran atau lumut yang menempel, gunakanlah sikat untuk menghilangkannya. Sikat biasanya digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang susah diangkat.

Sikat cocok digunakan untuk yang berbahan tidak mudah lecet atau tidak masalah jika kena gores sekalipun. Misalnya seperti keramik lantai atau dinding pada kamar mandi.

Ataru Sikat Toilet – Abu-abu

Beli di sini

alat kebersihan rumah
Proclean Sikat Scrub 5636

Beli di sini

4. Sapu, pel dan pengki

Trio pembersih ini nampaknya adalah sudah tidak asing lagi untuk bersih-bersih rumah. Fungsinya ketiga alat ini adalah membersihkan lantai rumah.

Untuk jenis sapu, ada yang terbuat dari plastik, nylon ijuk kelapa dan bulu binatang. Untuk menyapu lantai bagian dalam rumah atau kamar, sebaiknya menggunakan sapu yang berbahan ijuk.

Baca Juga:   7 Tips Menata Gudang di Rumah Agar Rapi dan Bersih

Sedangkan sapu yang berbahan nylon digunakan untuk menyapu halaman atau teras luar rumah. Sebaiknya biasakan untuk menyapu dahulu dan menaruh kotoran-kotoran dalam pengki dan barulah mulai mengepel.

Untuk lebih mudah, gunakan pel yang memiliki tongkat atau gagang. Sertakan juga pewangi atau pembersih lantai ke dalam ember yang berisi air untuk mengepel.

Proclean Sapu Dan Pengki – Krem

Beli di sini

Proclean Alat Pel Spray – Putih/abu-abu

Beli di sini

5. Cairan Pembersih

Ada begitu banyak cairan pembersih kimia yang biasa digunakan untuk membersihkan rumah. Ada pembersih lantai, pembersih kaca jendela, pembersih meja makan dan lain-lain. Biasanya pembersih kimia ini berbentuk cairan atau spray.

Cara menggunakannya hanya cukup menyemprotkannya ke perabotan atau meja makan, kemudian bisa diseka dengan menggunakan lap bersih khusus perabot.

Untuk pembersih lantai, ada yang untuk pewangi dan pembersih lantai seperti karbol. Ini yang akan membuat lantai rumah kamu menjadi bersih dan wangi.

Astonish 750 Ml Premium Shower Shine Ocean Mist

Beli di sini

 

Astonish 750 Ml Cairan Pembersih Jamur Dan Lumut

Beli di sini

6. BONUS: Cairan Pembersih Pipa

Terakhir, kamu juga membutuhkan cairan pembersih pipa agar kamar mandi tetap tercium wangi. Apalagi, saluran drainase dan wc kerap mengeluarkan aroma tidak sedap.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan cairuan khusus penghancur lemak dan kotoran pada pipa atau septi tank, seperti berikut ini.

Green Gobbler 916 Ml Drain Clog Dissolver Pembersih Saluran Air

Beli di sini

Green Gobbler 12 Strips Bio Flow Drain

Beli di sini

Kini, kamu telah mengetahui lima alat untuk membersihkan rumah, maka kamu tak perlu bingung lagi jika ingin membersihkan rumah.

Dapatkan beragam alat bersih-bersih rumah hanya di RUParupa.com.

Rasakan betapa nyamannya tinggal di rumah yang bersih dan terawat.

Selamat tinggal debu dan kotoran-kotoran!