6 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi, Mudah dan Efektif

0
5646
cara membersihkan kerak kamar mandi

Kerak kamar mandi tidak bisa kita antisipasi kemunculannya, apalagi jika kita sering menggunakan ruangan tersebut. Namun, ada berbagai cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk membersihkan kerak di kamar mandi.

Yap! Kebiasaan membersihkan kerak tidak boleh kita anggap remeh. Soalnya, jika kita diamkan terlalu lama, kerak bisa terus tumbuh dan menebal.

Ruparupa Banner

Bahkan, bisa  membuat keran, shower, serta lantai kamar mandi jadi rusak. Belum lagi, tampilan kamar mandi pun akan terlihat jorok dan jauh dari kata bersih.

Lantas, Bagaimana Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi?

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kerak hitam di kamar mandi.

1. Gunakan Sikat dan Cairan Pembersih

Cara mudah menghilangkan kerak kamar mandi yang dapat kamu terapkan yaitu menggunakan sikat dan cairan pembersih, seperti menggunakan sabun cuci piring.

Pilih sikat yang gagangnya terbuat dari plastik serta bulu kaku supaya bisa menggosok kerak dengan maksimal. Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi jika ingin praktis.

Sedangkan cairan pembersihnya sendiri, kamu bisa memilih yang sudah mengandung pemutih. Kemudian, gosok sikat tersebut di area kamar mandi yang berkerak.

Berikut rekomendasi cairan pembersih kamar mandi yang bisa kamu gunakan.

Baca Juga:   7 Tips Menghilangkan Bau Baju yang Apek dan Tidak Sedap, Langsung Wangi Seketika!
cara membersihkan kerak kamar mandi
Astonish 750 Ml Pembersih Kamar Mandi

Beli di sini

2. Pakai Rendaman Cuka

Cuka merupakan pembersih kerak kamar mandi alami yang bisa kamu manfaatkan. Jika kerak tumbuh di atas kepala shower, kamu bisa menuang cuka ke dalam plastik yang agak besar dan ikatkan plastik tersebut ke kepala shower.

Pastikan ikatannya rapat, lalu biarkan selama 1-2 jam agar cuka bisa meresap dan mengikis kotoran pada nozzle atau lubang air shower. Jika sudah, kamu bisa membersihkannya dengan lap bersih.

Jika cara tersebut belum berhasil, kamu bisa mengakalinya dengan merendam di cairan cuka yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.

cara membersihkan kerak kamar mandi
Gunakan kain yang bersih untuk mengelap permukaannya jika sudah kering

3. Taburkan Baking Soda

Punya kloset yang berkerak, tetapi tidak ingin repot menghilangkannya? Tak perlu cemas, cara membersihkan kloset dengan baking soda sudah menjadi langkah terkenal yang ampuh untuk dicoba.

Kamu hanya perlu menaburkan baking soda tepat di permukaan yang berkerak. Lalu, diamkan dulu sekitar 15-30 menit.

Setelah meresap, gosok permukaannya dengan sikat hingga kerak bisa terangkat sempurna. Jika sudah selesai, bilas baking soda dengan air hangat ke seluruh permukaannya.

4. Gunakan Jeruk Nipis

Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk membersihkan permukaan yang sering terkena air seperti area toilet.

Caranya dengan menuangkan perasan jeruk nipis pada shower, keran, atau keramik lantai kamar mandi yang berkerak.Kemudian, gosok dengan spons dan lap menggunakan kain microfiber sampai kering.

Sedangkan untuk membersihkan kerak kamar mandi yang membandel, kamu bisa menyiram perasan jeruk nipis dulu dan taburi bubuk baking soda. Diamkan selama beberapa saat atau sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga:   5 Tips Membersihkan Wajan dari Minyak Membandel
cara membersihkan kerak kamar mandi
Sumber: Unsplash/Shaun Meintjes

5. Manfaatkan Pasta Gigi

Tenang saja, kamu bisa membersihkan kerak toilet menggunakan pasta gigi. Caranya mudah, cukup oleskan pasta gigi di area yang berkerak, lalu gosok menggunakan sikat hingga bersih.

Jika sudah, kamu bisa menyemprotkan disinfektan supaya tidak ada bakteri yang tersisa.

cara membersihkan kerak kamar mandi
Sumber: Unsplash/Content Pixie

6. Coba dengan Asam Sitrat

Asam sitrat menjadi pembersih kerak kamar mandi alami yang mudah ditemukan. Kamu bisa membuat adonan pembersih dengan menuang asam sitrat di mangkuk kecil, lalu tambahkan sedikit air hingga menjadi pasta.

Jika sudah, oleskan di bagian kamar mandi yang berkerak dan diamkan selama beberapa jam hingga akhirnya kamu bilas menggunakan air hangat.

cara membersihkan kerak kamar mandi
Sumber: Unsplash/Boxed Water Is Better

Itu dia cara membersihkan kerak kamar mandi yang bisa kamu ikuti di rumah. Tidak sesulit yang kamu bayangkan, bukan?

Intinya, proses menghilangkan kerak akan lebih mudah jika baru terbentuk. Jadi, kita harus rutin membersihkannya supaya tidak menumpuk.

Tak perlu khawatir, seluruh perlengkapan kebersihan yang kamu butuhkan bisa dibeli melalui situs ruparupa.com.

lengkapi perlengkapan kebersihan di rumah hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perabot rumah tangga, mulai dari tempat tidur, kabinet dapur, hingga meja makan dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.