Karena usia pemakaian yang terbilang terus-menerus dan dalam jangka waktu yang cukup lama, tak jarang Anda menemukan kerak di kamar mandi. Hal ini sering dianggap remeh oleh sebagian orang. Jika Anda juga berpikir dengan mendiamkan kamar mandi yang berkerak tidak akan menimbulkan masalah, itu adalah tindakan yang keliru. Mengapa begitu?

Jika kamar mandi Anda biarkan terus-menerus berkerak tanpa dibersihkan, maka kerak akan semakin tebal dan kondisi kamar mandi Anda, baik di keramik, keran maupun shower akan cepat rusak dan tentu saja tidak sedap dipandang. Untuk itu, mulailah membersihkan kerak di kamar mandi Anda secara berkala.

Simak dan ikuti cara membersihkan kerak kamar mandi berikut ini:

Bersihkan dengan sikat dan cairan kimia

Menyikat dengan cairan pembersih kerak secara rutin merupakan cara memberihkan kerak yang paling umum. Anda cukup menyediakan ikat yang berukuran besar untuk membersihkan kerak di keramik atau bisa juga dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk membersihkan kerak di keran maupun shower. Perhatikan ketika menyikat agar tidak menyikat hingga ke seluruh badan shower atau keran, karena hal ini justru dapat membuat kulit shower atau keran terkelupas dan warnanya memudar.

Masker cuka atau rendaman cuka

Cara membersihkan kerak juga bisa dengan menggunakan masker cuka. Pertama-tama, masukkan cuka ke dalam plastik yang agak besar. Ikatkan plastik tersebut ke kepala shower. Pastikan ikatannya rapat, lalu biarkan selama 1-2 jam agar cuka meresap dan mengikis kotoran pada nozzle atau lubang air pada shower, kemudian bisa Anda bersihkan dengan lap bersih. Secara tidak langsung, kerak dan kapur dalam shower akan terkikis dengan sendirinya. Jika kerak di kepala shower cukup bandel, Anda bisa merendamnya di dalam cuka yang dipanaskan. Sikat kerak hingga terkelupas, kemudian bilas hingga bersih sebelum dipasang kembali ke pipa shower.

Gunakan perasan lemon dan baking soda

Selain cuka, cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan kerak di kamar mandi adalah larutan soda dan perasan lemon. Perasan lemon dapat menghilangkan noda dan membuat perabot yang pudar jadi tampak seperti baru. Cara membersihkan kerak dengan perasan lemon adalah dengan menuangkannya pada shower atau keran kamar mandi Anda yang kusam. Gosok dengan spons, lalu lap dengan lap kering. Selain itu, perasan lemon juga bisa untuk membersihkan kerak di keramik kamar mandi Anda. Untuk kerak yang membandel, setelah dilumuri perasan lemon, taburi baking soda bubuk di atas kerak dan diamkan beberapa saat. Gosok kerak hingga bersih, kemudian bilas dengan air.

Sebenarnya kunci utama dalam membersihkan kerak di kamar mandi adalah dengan tidak membiarkan kerak menempel terlalu lama.

Cara membersihkan kerak tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan? Cara membersihkan kerak apapun akan lebih mudah jika kerak baru terbentuk, karena jika sudah terlalu lama dibiarkan, kerak akan menebal sehingga sulit dibersihkan.

Jika sudah kerak sudah sangat tebal dan sangat sulit dibersihkan, maka keramik, keran dan shower akan terlihat kotor sehingga menimbulkan kesan jorok. Nah, kalau sudah begitu berarti Anda membutuhkan keran dan shower baru.

Tak perlu beranjak jauh untuk membeli keran dan shower baru, karena Ruparupa.com menyediakan beragam pilihan keran dan shower yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan kamar mandi Anda. Cukup lihat pilihan keran air, selanjutnya keran & shower baru siap digunakan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here