10 Perlengkapan Musim Hujan yang Wajib Dibawa Saat Bepergian

0
1578
perlengkapan naik gunung
Ataru Jas Hujan Panjang

Tak terasa sekarang kita sudah di penghujung tahun dan memasuki musim hujan. Tentu, kita harus sedia payung sebelum hujan, terutama bila kita sedang keluar rumah. Jadi, apakah sudah menyiapkan perlengkapan musim hujan yang akan dibawa?

Mengutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan tahun 2022 di Indonesia akan berlangsung dari bulan September 2022 hingga Januari 2023. Menurut prediksi, puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Desember 2022.

Ruparupa Banner

Tentu, kita tidak ingin menghambat segala jenis pekerjaan dan aktivitas hanya karena cuaca, bukan?

Lantas, Apa Saja Perlengkapan yang Harus Dibawa Selama Musim Hujan?

Nah, berikut ini daftar perlengkapan yang harus kamu bawa saat musim hujan tiba.

1. Helm Full Face

Jika kamu suka bepergian dengan mengendarai sepeda motor, gunakan helm jenis full face agar bagian wajah tidak terkena cipratan air hujan. Pilih helm yang memiliki bantalan busa empuk di dalamnya supaya lebih nyaman dan tidak terasa pengap.

Berikut rekomendasi helm full face berbahan plastik yang tahan air.

perlengkapan musim hujan
Caberg Helm Full Face Viper

Cek di sini

perlengkapan musim hujan
Hbc Helm Full Face Viper Glossy – Hitam

Cek di sini

2. Jas Hujan

Tentu, jas hujan harus ada di dalam tas kamu, terutama jika bepergian naik motor atau ojek online. Jadi, ketika hujan lebat, kamu bisa langsung memakai jas hujan dan tetap jalan tanpa harus berteduh dulu agar sampai tujuan tepat waktu.

Pilih jas yang bahannya tahan air, ringan, dan mampu menyerap keringat. Agar efektif, gunakan jas hujan yang panjangnya tepat sampai mata kaki atau langsung sepasang dengan celana, seperti berikut ini.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Pengering Pakaian Elektronik Buat Musim Hujan
perlengkapan musim hujan
Ataru Set Jas Hujan Atasan & Bawahan – Hitam

Cek di sini

3. Payung

Payung menjadi perlengkapan musim hujan yang wajib dibawa ke mana saja. Dibandingkan jas hujan, payung lebih efektif memberikan kita perlindungan sekaligus sirkulasi udara yang lebih baik.

Kamu bisa memilih payung lipat supaya bisa disimpan di dalam tas kecil sekali pun, seperti rekomenda berikut.

perlengkapan musim hujan
Susino 102 Cm Payung Lipat Reversible

Cek di sini

perlengkapan musim hujan
Ace Payung Lipat 98 Cm – Hitam

Cek di sini

4. Cover Sepatu

Melewati jalanan yang becek saat musim hujan sudah jadi makanan sehari-hari. Tentunya, hal tersebut cukup menyebalkan karena sandal atau sepatu kita jadi kotor. Bahkan, alas kaki bisa jadi rusak karena air akan masuk ke serat bagian dalam.

Supaya sepatu tidak rusak, kita dapat menggunakan cover atau plastik pelindung sepatu. Pilih yang bahannya sudah tahan air dan memiliki anti slip di bagian bawah supaya tidak mudah terpeleset, seperti berikut ini.

perlengkapan musim hujan
Motoboy Cover Sepatu Tahan Air – Hitam

Cek di sini

perlengkapan musim hujan
Ataru Cover Sepatu Tahan Air Long – Hitam

Cek di sini

5. Jaket

Jika bisa memakai jaket untuk bepergian, kenapa tidak? Baik di musim kemarau atau penghujan, jaket bisa melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari dan juga cipratan air hujan.

Kamu bisa memilih jaket berbahan polyester supaya tahan air. Tak lupa, pilih yang sudah dilengkapi dengan penutup kepala atau hoodie, seperti di bawah ini.

perlengkapan musim hujan
Ataru Ukuran Xl Jaket Tahan Air – Biru

Cek di sini

6. Powerbank

Powerbank bisa menjadi perangkat elektronik yang dapat menyelamatkan kamu dari situasi darurat, seperti baterai ponsel yang mulai menipis ketika terjebak hujan di jalan.

Pilih yang memiliki kapasitas cukup besar atau sektiar 10.000 mah dengan fitur quick charge. Jadi, kamu bisa mempercepat jangka waktu pengisian baterai ponsel, seperti rekomendasi di bawah ini.

perlengkapan musim hujan
Ataru Power Bank Slim Qc 10.000 Mah – Putih

Cek di sini

7. Tisu

Saat berjalan di jalanan yang becek, pasti akan ada cipratan air hujan berwarna cokelat yang menempel di alas kaki atau bahkan tumit kita. Nah, kamu bisa membersihkannya menggunakan tisu supaya mengurangi penyebaran bakteri.

Baca Juga:   6 Cara Menghilangkan Jamur di Dinding dan Seluruh Sudut Rumah

Soalnya, air hujan biasanya kotor karena sudah tercampur dengan partikel debu di udara sebelum akhirnya jatuh ke tanah.

perlengkapan musim hujan
Kris Tisu Wajah

Cek di sini

perlengkapan musim hujan
Breathe Set 4 Pcs Tisu Multifold

Cek di sini

8. Lap Chamois atau Kanebo

Jika kamu meninggalkan motor di area parkiran terbuka, bagian jok pasti akan basah karena air hujan. Kalau tidak dilap, maka dapat membuat baju dan celana jadi kotor dan basah.

Nah, kamu bisa menyediakan kain lap chamois atau kanebo untuk membersihkan bagian jok. Dengan bahan PVA atau polyvinyl alcohol, lap ini bisa menyerap air dengan cepat dan mudah kering.

perlengkapan musim hujan
Proclean Lap Chamois 43×32 Cm

Cek di sini

9. Pakaian Ganti

Saat bepergian di musim hujan, sebaiknya membawa pakaian ganti.  Soalnya, memakai pakaian yang lembab bisa meningkatkan risiko timbulnya jerawat di tubuh. Tidak hanya itu, pakaian lembab juga menyebabkan pertumbuhan bakteri yang membuat kulit jadi gatal-gatal dan kemerahan.

perlengkapan musim hujan
Bawa baju ganti agar bisa mengganti pakaian yang basah atau lembab jika terkena air hujan

10. Obat-obatan

Daya tahan tubuh kita sering kali mudah menurun ketika musim hujan, apalagi jika sering bepergian ke luar rumah. Untuk berjaga-jaga, kamu dapat  membawa  obat-obatan, dari obat maag hingga obat sakit kepala.

Letakkan seluruh obat di dalam kotak penyimpanan khusus yang berukuran kecil supaya ringan dan mudah disimpan di dalam tas.

perlengkapan musim hujan
Siapkan obat-obatan di dalam kotak penyimpanan agar terjamin kebersihannya

Itu dia sepuluh perlengkapan yang perlu kamu bawa saat bepergian di musim hujan. Tidak perlu khawatir, seluruh barangnya bisa kamu temukan di situs online ruparupa.com.

miliki perlengkapan musim hujan mulai dari Rp10 ribuan klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga, dari peralatan dapur, lemari, hingga alat perkakas terbaik dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, Krisbow, dan masih banyak lagi.