7 Rekomendasi Mainan Anak untuk Mengasah Kreativitas

0
399

Mengembangkan kreativitas anak perlu dilakukan sejak dini. Dengan begitu, mereka bisa bertumbuh menjadi pribadi yang dapat memecahkan masalah, memiliki banyak gagasan dan ide-ide baru, serta punya kemampuan dalam menciptakan sesuatu.

Namun, kreativitas bukan sesuatu yang bisa kita ajarkan hanya dengan menggunakan perkataan. Kita perlu melatih kreativitas tersebut. Salah satu cara mengembangkan kreativitas anak adalah melalui mainan.

Ruparupa Banner

Tidak heran bila banyak mainan edukasi yang telah dilengkapi dengan aspek-aspek tertentu untuk mengasah kreativitas anak, seperti kepekaan bentuk, audio, tekstur, dan masih banyak lagi. 

Lalu, Mainan Apa Saja yang Bisa Meningkatkan Kreativitas Anak?

Kali ini, kami sudah menyediakan beberapa rekomendasi mainan edukasi yang bisa meningkatkan sisi kreatif si kecil, seperti berikut. 

1. Alat musik

Mainan alat musik bisa melatih kreativitas si kecil dalam mengenal suara, khususnya kepekaan terhadap nada. Jadinya, si kecil bisa lebih pintar dalam melatih intonasi suara yang tepat berdasarkan nada-nada tersebut.

Ada beberapa jenis mainan alat musik yang bisa kamu berikan ke si kecil, seperti piano, gitar, xylophone, dan masih banyak lagi. 

mainan kreativitas anak Fisher Price Piano Laugh N Learn
Fisher Price Piano Laugh N Learn

Beli di sini

2. Buku cerita bergambar

Buku cerita bergambar menjadi mainan wajib yang tidak boleh terlewatkan.  Melalui buku cerita, si kecil bisa belajar untuk bercerita sesuai imajinasi yang mereka miliki. Selain itu, buku cerita bergambar juga bisa merangsang kreativitasnya saat berimajinasi.

Baca Juga:   10 Daftar Urutan Film Batman Dari Pertama Sampai Terbaru

Jadinya, si kecil bisa lebih kreatif dalam membuat cerita yang menarik sesuai imajinasinya. Berikut rekomendasi buku cerita bergambar yang bisa kamu berikan ke anak.

Fisher Price Mainan Bayi Learn Story Book
Fisher Price Mainan Bayi Learn Story Book

Beli di sini

3. Mainan Kosmetik

Memberikan mainan kosmetik juga bisa membantu melatih kreativitas si kecil. Soalnya, mainan ini dapat memperkenalkan kepada mereka cara untuk dandan dan tampil lebih percaya diri. 

Tips memilih mainan makeup anak yang aman adalah dengan memperhatikan bahan-bahannya dan tanggal kadaluarsa. Berikut rekomendasi mainan kosmetik yang bisa kamu berikan buat si kecil.

mainan kreativitas anak Make It Real Mainan Kosmetik Girl On The Go
Make It Real Mainan Kosmetik Girl On The Go

Beli di sini

4. Mainan Lego

Mainan balok satu ini memang jadi favorit banyak orang sejak dulu. Tidak hanya seru, mainan Lego juga bisa mengasah kreativitas anak. Apalagi, jenis mainan Lego cukup beragam, dari Lego Classic, Lego Friends, Lego Duplo, hingga Lego Dots.  

Mainan Lego Classic bisa mengajarkan si kecil kreativitas untuk membangun sebuah bangunan atau bentuk tertentu. Sedangkan Lego Friends, dapat membantu si kecil berimajinasi dalam memainkan karakter lucu.

mainan kreativitas anak
Mainan LEGO® Friends Magical Funfair Stall yang bisa mengasah kreativitas si kecil.

Berikut ini rekomendasi mainan Lego yang bisa kamu berikan ke si kecil.

LEGO® Friends Magical Funfair Stall 41687
LEGO® Friends Magical Funfair Stall 41687

Beli di sini

LEGO® Creator Surfer Beach House 31118
LEGO® Creator Surfer Beach House 31118

Beli di sini

5. Origami untuk meningkatkan kreativitas anak

Origami merupakan salah satu jenis mainan yang menggunakan selembar kertas persegi untuk membuat berbagai bentuk yang cantik, seperti pesawat, burung, kapal, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga:   Inspirasi Mainan Bayi pada Pertumbuhan Bayi

Tidak heran bila melipat origami bisa mengasah kreativitas anak dalam  menciptakan sesuatu. Berikut rekomendasi kertas origami yang bisa kamu berikan buat si kecil. 

 

Something Sweet Kertas Origami Assortment
Something Sweet Kertas Origami Assortment

Beli di sini

Something Sweet Kertas Origami Assortment Transformers
Something Sweet Kertas Origami Assortment Transformers

Beli di sini

6. Alat menggambar dan mewarnai

Selain buku cerita bergambar, kita juga bisa memberikan alat menggambar dan mewarnai. Melalui kegiatan ini, si kecil bisa lebih bebas untuk mengekspresikan diri lewat imajinasi dan kreativitas yang mereka miliki

Nah, berikut ini rekomendasi alat menggambar dan mewarnai yang bisa kamu berikan untuk si kecil.

 

mainan kreativitas anak Osmo Creative Starter Kit
Osmo Creative Starter Kit

Beli di sini

Coloring Pages Crayola Pororo Foldalope
Coloring Pages Crayola Pororo Foldalope

Beli di sini

7. Play-doh untuk mengasah kreativitas anak

Mainan terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah Play-doh. Plastisin modern dengan tekstur lembut dan elastis ini bisa membantu meningkatkan kreativitas si kecil dalam membuat bentuk-bentuk lucu dan berwarna warni.

Biasanya, Play-doh juga dilengkapi dengan berbagai cetakan untuk membantu anak kamu berkreasi, seperti berikut ini.

Mainan Playdoh-pancakes
Mainan Playdoh-pancakes

Beli di sini

Play Doh Set Mainan Anak Noodle Party
Play Doh Set Mainan Anak Noodle Party

Beli di sini

Nah, itulah beberapa rekomendasi mainan edukasi yang bisa membantu meningkatkan kreativitas anak. Kamu juga bisa membeli mainan anak berkualitas dari Toys Kingdom hanya di ruparupa.com

dapatkan promo SEPTAKULER dari Toys Kingdom hemat hingga 60% klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Ataru, Pendopo, dan masih banyak lagi.