5 Kelebihan Alat Masak Silikon, Aman dan Anti Gores

0
825
alat masak

Jenis bahan alat masak yang umum digunakan adalah plastik, kayu, dan stainless steelNamun, pernahkah kamu tertarik untuk mencoba menggunakan peralatan masak berbahan silikon?

Mungkin banyak orang yang masih ragu karena cukup asing dengan alat masak satu ini. Perlengkapan masak bahan silikon terbuat dari karet sintetis dan plastik. 

Ruparupa Banner

Ternyata, alat masak silikon memiliki banyak kelebihan dan tersedia dalam berbagai warna cantik. Tentu, kita bisa memakai alat amsak ini untuk membuat dapur terlihat semakin estetik. 

alat masak silikon Ataru Spatula Scraper Silikon - BiruAtaru Spatula Scraper Silikon - Biru

Lantas, Apa Saja Kelebihan Alat Masak Silikon?

Berikut beberapa keunggulan perlengkapan masak silikon dibanding bahan lainnya.

1. Tahan suhu tinggi

Alat masak berbahan silikon memiliki ketahanan yang kuat terhadap suhu tinggi, lho.  Bahkan, alat masak inin mampu menahan panas hingga 300°C.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau meninggalkannya di atas panci sementara saat memasak. 

Baca Juga:   10 Ide Kado di Bawah Rp100 Ribu untuk Teman dan Kerabat

2. Mudah dibersihkan

Pernahkah kamu kesulitan membersihkan noda saus berwarna merah pada alat masak, khususnya yang berbahan kayu? Atau mungkin membersihkan sisa adonan gorengan pada spatula besi? 

Jika menggunakan bahan silikon, kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut lagi. Alat masak silikon tidak memiliki pori sehingga lebih mudah dibersihkan. 

Warna atau bau dari makanan tidak akan melekat pada permukaan alat masak. Dengan begitu, kamu bisa mencucinya dengan lebih mudah dan bersih, lho. 

alat masak silikon Ataru Spatula Slotted Turner Silikon - Biru

Ataru Spatula Slotted Turner Silikon – Biru

Beli di sini

3. Lentur dan tidak merusak alat masak lainnya

Peralatan masak berbahan silikon juga punya permukaan yang lentur seperti karet. Kamu akan lebih mudah menggunakannya, khususnya pada wajan atau panci anti lengket.

Inilah yang membuat peralatan masak dari stainless steel atau keramik tidak tergores ataupun rusak. Kamu juga bisa menggunakan peralatan masak berbahan silikon untuk mengaduk adonan kue dengan mudah.

4. Tidakkorosif dan tahan lama

Salah satu kekhawatiran orang terkait peralatan masak adalah karatan atau zat korosif. Nah, jika menggunakan bahan silikon, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal ini. 

Baca Juga:   8 Makanan yang Benar-Benar Menyebabkan Kanker

Alat masak silikon tidak bereaksi dengan makanan dan minuman, termasuk menghasilkan asap berbahaya. Karena non-korosif, tentunya alat masak bahan ini bisa bertahan lebih lama daripada bahan lainnya.

5. Food grade dan aman digunakan

Aspek terpenting dalam menentukan alat masak terbaik adalah harus food grade dan aman digunakan. Nah, peralatan masak silikon bisa menjadi pilihan terbaik, lho.

Selain non-korosif, alat masak silikon juga tidak akan panas kalau kamu pegang. Jadi, kamu tidak akan mengalami tangan melepuh jika memegangnya. 

alat masak silikon Ataru 22.8 Cm Penjepit Makanan Silikon
Ataru 22.8 Cm Penjepit Makanan Silikon

Beli di sini

Sekarang kamu sudah tahu ‘kan apa saja kelebihan peralatan masak berbahan silikon? Jadi, sudah siap untuk beralih menggunakan peralatan masak silikon?

Nah, kamu bisa menemukan berbagai alat masak silikon berkualitas hanya di ruparupa.com

Temukan perlengkapan dapur minimalis hemat hingga 50% klik di sini

Di ruparupa.com, kamu juga bisa membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama dari Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, Ataru, dan lain-lain.