Ciptakan Suasana Baru di Rumah dengan Wewangian

0
372
Fungsi Aromaterapi

Suasana rumah bisa terasa membosankan setelah sekian lama. Mendekorasi ulang dengan mengganti atau memindahkan perabotan, mengubah warna cat atau kertas dinding mungkin bisa jadi solusi untuk menghadirkan suasana baru. Masalahnya bagaimana jika Anda tak punya waktu atau belum ada budget untuk melakukan itu semua?

Ubah suasana rumah Anda dengan fungsi aromaterapi

Jangan khawatir, Anda tetap bisa menciptakan suasana baru di rumah dengan menambahkan wewangian di dalam rumah. Karena Beverley Hawkins, pemilik West Coast Institute of Aromatherapy di Vancouver, Kanada mengatakan,  “Menghirup wewangian tertentu dapat menyebabkan perubahan di dalam tubuh.” Perubahan di dalam tubuh yang dimaksud yaitu mengaktifkan sistem imun, mempengaruhi tekanan darah, hingga menstimulasi pencernaan. Selain itu wewangian juga efektif mempengaruhi mood seseorang.

fungsi aromaterapiJangan remehkan indera penciuman Anda ya, karena indera penciuman Anda 10.000 kali lebih sensitif dari indera yang lain. Lebih istimewanya lagi, proses pengenalan aroma berlangsung cepat karena terhubung langsung ke otak. Tidak seperti sentuhan atau rasa yang harus “menjelajah” tubuh melalui neuron dan jaringan saraf sebelum diproses otak.

Penelitian menunjukkan bahwa sistem limbik di otak yang bertanggung jawab untuk menerima aroma sangat berhubungan dengan perasaan dan memori. Jadi jangan heran jika aroma tertentu akan mengingatkan Anda pada orang, tempat, atau kejadian tertentu. Bahkan kejadian yang terjadi di masa lalu. Karena sensitifitasnya yang tinggi,  bayi yang baru lahir pun bisa menyukai aroma-aroma yang tak wajar, seperti bawang putih atau asap rokok. Terutama jika saat mengandung sang ibu terbiasa mengkonsumsi makanan tersebut atau kerap terkena paparan asap rokok.

Untuk itu Anda bisa memanfaatkan kekuatan wewangian yang “ajaib” ini untuk menghadirkan suasana baru di rumah. Pengharum ruangan hadir dalam beragam keharuman dari olahan minyak esensial yang diolah dari bahan-bahan yang tersedia di alam dan bisa memberikan efek seperti yang Anda inginkan.

Jenis aromaterapi yang tersedia:

Kenali berbagai jenis dan fungsi aromaterapi di sini !

fungsi aromaterapi Gunakan keharuman yang berbeda di ruangan-ruangan rumah sesuai dengan efek yang diinginkan. Untuk efek menenangkan di ruang tamu misalnya, tambahkan keharuman bunga yang lembut. Sebaliknya, hindari aroma bunga untuk ruang makan karena bisa merusak aroma makanan. Sebagai gantinya pilih aroma buah-buahan untuk kesegaran sekaligus efek membangkitkan selera makan.

Suasana rileks di kamar tidur bisa diciptakan dengan menghadirkan aroma lavender atau vanila untuk membangkitkan gairah dan keseksian saat ingin membangun suasana romantis dengan pasangan. Untuk area kamar mandi, Anda bisa menggunakan pengharum ruangan aromaterapi dalam bentuk lilin yang wanginya mirip dengan parfum Anda.

Beberapa minyak esensial yang biasa digunakan untuk mempengaruhi mood:

  • Lemon yang berkhasiat memberi efek menenangkan
  • Lavender membantu mengontrol stres emosional
  • Melati yang selain menenangkan juga memberikan efek optimisme dan percaya diri
  • Rosemary untuk membangkitkan semangat setelah kelelahan fisik
  • Kayumanis untuk meningkatkan konsentrasi
  • Peppermint yang membangkitkan energi.

Apa pun keharuman yang Anda pilih, sesuaikan dengan kebutuha, efek, dan fungsi aromaterapi yang Anda inginkan. Rumah yang wangi dengan atmosfer yang menyenangkan akan mengembalikan energi para penghuninya yang hilang setelah seharian beraktivitas.

Yuk lihat koleksi pengharum ruangan dan aromaterapi dari Ruparupa.com.