Kapan Waktu yang Tepat Untuk Olahraga?

0
2730
Sumber: Ruparupa.com

Olahraga adalah kegiatan yang penting dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, aktivitas kita sehari-hari kadang membuat kita bingung memilih waktu yang tepat untuk olahraga, apakah pagi, sore, atau malam hari.

Sebenarnya, memang tidak ada patokan waktu khusus untuk olahraga. Kapan pun waktu olahraga dilakukan, asalkan kita menjalankannya secara rutin, sudah bisa memberikan banyak mantaat buat kesehatan tubuh.

Ruparupa Banner

Lalu, Bagaimana Cara Menentukan Waktu Olahraga?

Memang, kesibukan aktivitas sehari-hari mengharuskan kita menyediakan waktu khusus untuk tetap bergerak aktif. Nah, agar lebih mudah dalam menentukan waktu olahraga, hal utama yang perlu kita ketahui adalah jadwal aktivitas kita sehari-hari.

Pastikan Punya Jadwal Aktivitas Sehari-hari

Sumber: Unsplash.com

Setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Untuk itulah, waktu olahraga yang tepat pun tidak bisa disamakan buat semua orang.

Nah, hal pertama yang paling mudah kita ketahui adalah jadwal kerja kita sehari-hari. Dari situ, kita bisa menyisihkan waktu untuk olahraga.

Misalnya, waktu kerja kita di pagi hari cukup padat karena punya banyak jadwal meeting. Bila hal ini terjadi, maka kita bisa mengganti waktu olahraga kita di sore hari, setelah pulang kerja.

Lain halnya bila di pagi hari kita punya waktu senggang yang cukup banyak, maka kita bisa berolahraga di pagi hari. Jadi, kita bisa membuat waktu olahraga secara fleksibel dan rutin.

Baca Juga:   Ini Dia 7 Manfaat Olahraga Secara Rutin Bagi Tubuh

Inilah Pilihan Waktu Olahraga dan Manfaatnya

Keuntungan Olahraga di Pagi Hari  

Buat kamu yang suka bangun pagi, maka menuntaskan rutinitas olahraga di pagi hari bisa jadi pilihan yang tepat. Apalagi, olahraga di pagi hari dapat meningkatkan hormon endorfin, hormon yang memberi rasa senang dan energi positif dalam diri seseorang.

Dilansir dari laman Healthline, keuntungan lain berolahraga waktu pagi hari adalah kita bisa menjadi lebih fokus dan produktif selama seharian.

Sumber: Unsplash.com

Selain itu, olahraga di pagi hari juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh, antara lain:

  • Tubuh jadi lebih berenergi saat beraktivitas.
  • Metabolisme tubuh meningkat, yang membuat kalori bisa terbakar lebih banyak.
  • Pola hidup pun jadi lebih sehat karena kita akan terbiasa mengonsumsi makanan sehat di siang dan malam hari.
  • Membuat mood jadi tenang karena bisa menghirup udara pagi yang masih segar.
  • Meningkatkan kualitas tidur.

Keuntungan Olahraga di Sore dan Malam Hari

Nah, bagi kamu yang kesulitan bangun pagi dan punya jadwal yang padat di pagi hari, maka kamu bisa memilih waktu berolahraga di sore dan malam hari.

Jadi, setelah selesai bekerja dan melakukan rutinitas harian, kamu bisa beristirahat sebentar, sebelum mulai olahraga.

Banyak yang menganggap olahraga di malam hari bisa mengganggu kualitas tidur. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Melansir dari Healthline, ternyata kamu tetap bisa berolahraga malam tanpa menganggu kualitas tidur, kok.

Baca Juga:   4 Hal Penting Untuk Olahraga Saat Puasa

Asalkan, kamu memilih olahraga dengan intensitas rendah ke sedang. Olahraga ini justru bisa membuat kita mudah tidur di malam hari dan memungkinkan mendapat kualitas tidur yang lebih baik.

Selain itu, pastikan kamu menyelesaikan olahraga 60-90 menit sebelum beranjak ke tempat tidur. Dengan begitu, tubuh memiliki waktu untuk beristirahat dan menjadi lebih santai.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur, olahraga waktu malam hari juga bisa meredakan stress dan kepenatan setelah seharian bekerja, lho.

Sumber: Unsplash.com

Jadi, pada dasarnya tidak ada aturan yang pasti tentang waktu olahraga terbaik. Hal yang paling penting adalah kamu harus mengenal diri sendiri, mendengarkan tubuh kalau butuh istirahat, dan tentunya konsisten.

Untuk kamu yang memiliki keterbatasan waktu, tenang, berolahraga tidak harus selalu dilakukan di tempat gym. Kamu juga bisa melakukannya di rumah, contohnya dengan berlari di atas treadmill.

Kamu bisa menemukan berbagai peralatan olahraga terlengkap hanya di Ruparupa.com, seperti rekomendasi kami di bawah ini.

waktu yang tepat untuk olahraga
Berwyn Air Walker 360 – Hitam

Beli di sini

waktu yang tepat untuk olahraga
Kinetic Motorized Treadmill 1.5hp 15p – Hitam/abu-abu

Beli di sini

waktu yang tepat untuk olahraga
Berwyn Dumbbell Neoprene 5 Kg – Hitam

Beli di sini

Selain peralatan olahraga, Ruparupa.com juga menyediakan berbagai perlengkapan dan perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Yuk, mulai hidup sehati bersama Ruparupa.com.