Treadmill adalah alat yang mampu membantu kita untuk berjalan, berlari, bahkan berjalan menanjak tanpa berpindah tempat. Alat ini terinspirasi dari cara kerja alat penggilingan pada saat belum ditemukannya mesin. Dimana pada saat itu semua pekerjaan untuk menggiling dan menghasilkan tepung masih menggunakan tenaga manusia atau hewan. Olahraga treadmill saat itu belum ditemukan.

Dalam dunia olahraga, treadmill digunakan untuk berlari atau berjalan di satu tempat, dengan conveyor belt yang digerakkan dengan mesin atau secara manual. Treadmill modern digunakan dengan menggunakan listrik dengan berbagai variasi. Untuk treadmill dengan fitur lengkap dengan pengatur kecepatan, mengukur jarak tempuh, kalori yang terbakar, detak jantung, dan lain sebagainya. Sudut kemiringan juga bisa diatur lebih menanjak sehingga kalori yang dibakar akan lebih banyak. Sedangkan untuk treadmill model lama, belt nya digerakkan secara manual dengan fitur yang lebih sedikit.

5 Manfaat Olahraga Treadmill Setiap Hari:

1. Menjaga berat badan

Manfaat yang dirasakan saat melakukan oloahraga treadmill hampir sama dengan ketika kita berjalan kaki atau berlari, diantaranya meningkatnya massa otot . Otot merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam menjalankan sistem metabolisme tubuh, sehingga dengan massa otot yang baik maka makanan akan lebih cepat dicerna, dan lebih mudah mendapatkan serta mempertahankan bentuk tubuh yang seimbang.

2. Mencegah osteoporosis

Dengan berjalan kaki, tulang akan dirangsang untuk menahan beban tubuh secara alami. Dan proses ini tentunya mampu memperkuat tulang dan menjaga kesehatan sendi, otot, tulang serta lutut.

3. Menyehatkan otot jantung

Berjalan kaki mampu menyehatkan otot jantung serta memperlancar peredaran darah. Dengat peredaran darah yang lancar ke seluruh tubuh maka konsentrasi Anda akan meningkat serta tanpa Anda sadari, berjalan kaki atau berlari juga mampu mengurangi stress.

4. Membantu memantau aktivitas olahraga

Alat treadmill masa kini umumnya telah dilengkapi dengan alat untuk memonitor detak jantung. Bahkan menghitung berapa banyak kalori yang terbakar, kecepatan lari serta jarak tempuh. Dengan demikian Anda akan lebih mudah untuk mengatur waktu dan jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Olahraga yang sesuai dengan kebutuhan itu dilihat dari usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, hingga aktivitas yang dilakukan.

5. Dapat dilakukan di dalam ruangan

Bagi Anda yang sibuk beraktivitas, kadang waktu untuk berolahraga jadi semakin menipis. Dengan olahraga treadmill Anda bisa melakukan olahraga seperti jalan kaki, jalan cepat hingga berlari sesuai dengan kebutuhan Anda dari dalam ruangan. Anda bisa melakukan olahraga kapan saja dan dalam cuaca apapun. Sehingga waktu olahraga Anda tidak akan terganggu dengan hujan dan panas.

Apakah Anda sudah cukup berolahraga? Jika belum yuk lihat koleksi peralatan olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan, agar waktu olahraga Anda lebih fleksibel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here