Ini Dia 7 Manfaat Olahraga Secara Rutin Bagi Tubuh

0
551
manfaat olahraga

Tepat pada 9 September, kita akan memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas). Perayaan Hari Olahraga Nasional diadakan sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dan semangat olahraga di masyarakat.

Awal kemunculan Haornas tidak terlepas dari terselenggaranya Pekan Olahraga Nasional I pada 9-12 September 1948 di Solo. Saat itu, Indonesia tidak bisa mengikuti lomba olahraga dunia di Inggris karena belum mendapatkan pengakuan atas kedaulatannya.

Ruparupa Banner

Inilah yang membuat Indonesia mengadakan kompetisi olahraganya sendiri yang diberi nama sebagai Pekan Olahraga Nasional.

Nah, tanggal 9 September 1948 yang menjadi ajang pembukaan acara tersebut pun ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional setiap tahunnya. Sampai saat ini, Pekan Olahraga Nasional di Indonesia sudah diadakan sebanyak 19 kali.

Mengingat semangat olahraga pada saat itu, tentu kita juga perlu sadar akan pentingnya olahraga. Apalagi, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Meski memiliki jadwal yang padat, kita perlu menyisihkan 10-15 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga ringan. Apalagi, ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan di rumah tanpa harus ke gym.

manfaat olahraga bagi tubuh
Olahraga dapat memberikan kesehatan fisik dan mental bagi tubuh.

Lantas, Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Tubuh?

Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan bila olahraga secara rutin. Yuk, mulai siapkan perlengkapan olahraga kamu sekarang.

1. Olahraga Menyehatkan Jantung

Manfaat olahraga yang paling utama adalah bisa menyehatkan jantung. Rutin berolahraga dipercayaa dapat memperkuat otot jantung, memperlancar aliran darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menjaga Kekuatan Tulang dan Otot

Seiring bertambahnya usia, fungsi dan massa otot mulai berkurang. Nah, dengan olahraga secara teratur, kita bisa mempertahankan kekuatan otot. Selain itu, olahraga juga bisa membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

Baca Juga:   Ini Dia Cara Mudah Membuat Latte Art di Rumah Buat Pemula

3. Menjaga Berat Badan

Kurangnya aktivitas memegang peranan besar dalam peningkatan berat badan dan obesitas. Melansir dari Healthline, kita mengeluarkan energi paling banyak untuk mencerna makanan, menjaga fungsi tubuh, dan beraktivitas.

Oleh sebab itu, kamu harus rutin berolahraga untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah berat badan meningkat.

menjaga berat badan
Olahraga dapat mencegah terjadinya obesitas dan menaga berat badan tetap ideal.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Olahraga juga bisa menjaga daya ingat dan daya berpikir otak, lho. Soalnya, detak jantung yang naik ketika berolahraga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga merangsang pertumbuhan sel-sel otak.

5. Mencegah Penyakit Kronis

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan sensivitas insulin, kesehatan jantung, dan menurunkan tekanan darah, serta kadar kolesterol jahat. Tentu, hal ini dapat mencegah timbulnya penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ingin tidur lebih nyenyak dan berkualitas? Nah, olahraga juga bisa membantu kamu mendapatkan hal tersebut. Soalnya, energi yang hilang selama kamu berolahraga akan dipulihkan ketika kita sedang tidur.

Selain itu, suhu tubuh yang meningkat saat berolahraga akan turun ketika beristirahat. Jadi, tidur pun akan lebih berkualitas.

7. Meningkatkan Mood dan Membuat Bahagia

Ketika berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon serotonin dan endorfin. Nah, kedua hormon ini berperan untuk memperbaiki suasana hati dan memberikan perasaan bahagia.

Jadi, ketika kamu sedang mengalami stres, olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

olahraga meningkatkan mood
Olahraga dapat meningkatkan mood dan mengatasi stres.

Lalu, Apa Saja Alat Olahraga yang Bisa Dipakai di Rumah?

Tidak melulu harus ke gym, kita juga bisa berolahraga di rumah, lho. Apalagi, ada banyak perlengkapan olahraga yang bisa kita gunakan, seperti berikut ini.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Produk Panci Untuk Kompor Induksi Yang Perlu Anda Miliki

1. Tali Skipping

Tali skipping adalah alat yang digunakan untuk olahraga lompat tali. Gerakannya pun cukup mudah karena kita hanya perlu mengayunkan tali dan lomat. Jadi, bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, harga tali skipping cukup terjangkau, seperti rekomendasi kami berikut ini.

olahraga tali skipping
Iron Gym Tali Skipping Speed
Tali skipping untuk melatih keseimbangan, koordinasi, dan kelincahan kaki.

Beli di sini

tali skipping manfaat olahraga
Iron Gym Tali Skipping Nylon Speed
Tali skipping ini cocok kamu gunakan untuk MMA, boxing, dan crossfit.

Beli di sini

2. Yoga Mat

Ada banyak jenis olahraga yang tidak membutuhkan peralatan khusus dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Salah satunya adalah gerakan yoga. Namun, untuk mencegah terjadinya cedera, kita perlu menggunakan yoga mat sebagai alas untuk workout.

Matras yoga untuk olahraga
Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc – Biru
Matras yoga anti slip dan mampu menyerap benturan.

Beli di sini

manfaat olahraga matras yoga
Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc – Biru Muda
Matras yoga cocok kamu gunakan untuk berbagai jenis yoga dan workout.

Beli di sini

3. Barbel

Tidak hanya di gym, kita juga bisa olahraga menggunakan barbel di rumah. Namun, buat pemula, sebaiknya gunakan barbel seberat 2-5 kg.

Kemudian, lakukan beberapa gerakan workout dengan menggunakan barbel, seperti tricep extension, front raise, lunge, dan masih banyak lagi.

barbel olahraga
Berwyn Dumbbell Neoprene 5 Kg – Hitam
Barbel 5 kg untuk bantu tubuh tetap bugar dan sehat.

Beli di sini

manfaat olahraga barbel
Berwyn Dumbbell Neoprene 2 Kg – Ungu
Barbel 2 kg untuk melatih otot tangan dan bahu secara maksimal.

Beli di sini

4. Treadmill dan Sepeda Statis

Kalau kamu punya sisa ruang yang cukup besar di rumah, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan treadmill dan sepeda statis. Dengan kedua alat olahraga ini, kamu bisa merasakan manfaat bersepeda dan berlari tanpa harus keluar rumah.

olahraga dengan treadmill
Kinetic Treadmill Motorized 12p
Treadmill ini dilengkapi roda dan dapat kamu lipat sehingga lebih praktis.

Beli di sini

olahraga sepeda statis
Berwyn Sepeda Statis Ns-654
Sepeda statis dengan monitor untuk melatih tubuh bagian bawah.

Beli di sini

Nah, sekarang kamu tahu ‘kan betapa pentingnya olahraga untuk kesehatan? Kalau kamu bingung mulai dari mana, kamu bisa melihat banyak video tutorial buat pemula dan mencari perlengkapan olahraga yang berkualitas hanya di ruparupa.com.

miliki peralatan olahraga terlengkap hemat hingga 60% di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan alat kesehatan dan perlengkapan home living lainnya. Apalagi, seluruh produk yang ada di ruparupa.com berasal dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Krisbow, Informa, Selma, dan sebagainya.

Yuk, mulai rutin olahraga dari sekarang! Selamat Hari Olahraga Nasional!