Jus Sehat: Minuman Antioksidan yang Lezat

0
15338
jus sehat

Cuaca yang tidak menentu dapat membuat sistem imunitas menurun. Agar tidak mudah terserang berbagai penyakit, sebaiknya berikan asupan gizi dan vitamin yang seimbang setiap hari. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi jus sehat. Jus sehat merupakan minuman yang terbuat dari campuran aneka sari buah dan sayur. Karena kandungan beragam sayur dan buah, jus sehat mengandung antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Kira-kira apa saja contoh buah dan sayur yang kaya antioksidan dapat dijadikan jus sehat?

Manggis

Buah manggis memiliki kandungan zat yang bermanfaat tinggi bagi kesehatan. Xanthones pada buah manggis merupakan senyawa kimia yang terbukti memiliki pengaruh antioksidan lebih kuat dari vitamin E dan termasuk antioksidan tinggi yang ada di alam ini. Kandungan antioksidan dalam buah manggis dapat membantu membuang radikal bebas yang terdapat pada tubuh dan menghilangkan racun tertentu akibat dari polusi. Penelitian menunjukkan bahwa satu ons jus manggis memiliki kemampuan 20 sampai 30 kali lebih besar dalam menyerap radikal bebas dibandingkan dengan satu ons buah buahan lain dan sayuran.

Ruparupa Banner
Baca Juga:   5 Rekomendasi Cetakan Waffle Pilihan

Sirsak

Kandungan vitamin, kalium, magnesium, protein, zinc, serat, karbohidrat dan gizi lainnya yang dimiliki oleh sirsak membuat buah ini sangat disukai dan banyak dicari. Kandungan fruktosa dalam buah sirsak pun mampu menghancurkan gula dalam darah dan mengubahnya menjadi sebuah energi yang dapat meningkatkan stamina tubuh.

Jeruk

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dan vitamin C sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat kondisi badan Anda kurang fit, segeralah minum jus jeruk untuk mengembalikan kondisi tubuh. Minuman antioksidan ini juga bisa menstabilkan gula darah, karena gula dalam jeruk bisa menjaga agar kadar gula tetap normal.

Apel

Di dalam apel terdapat banyak serat yang bermanfaat dalam mengikat lemak dan kolesterol, kaya akan vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Apel juga mengandung cuka, cairan asam yang membantu dalam meningkatkan efisiensi sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:   Terapi Oksigen Hiperbarik: Jenis Terapi Oksigen Terbaik?

Wortel

Dikenal sebagai sumber vitamin A, wortel sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata dan kesehatan kulit. Selain itu dalam 100 gram jus wortel mengandung 3 miligram vitamin C yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Kale

Belakangan ini sayur kale kerap disebut sebagai sayur super karena memiliki hampir semua jenis vitamin dan kaya akan berbagai mineral penting. Kandungan nutrisi dalam kale mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Buah dan sayur dapat Anda kombinasikan supaya Anda mendapatkan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Sajikan jus buah dan sayur di pagi hari sebagai sarapan atau malam sebagai pengganti makan malam. Untuk mengolah buah dan sayur menjadi segelas jus sehat yang segar setiap hari tentunya Anda memerlukan blender terbaik yang kuat dan tahan lama. Temukan beragam juicer dan perlengkapannya di sini dan Anda dapat segera menyajikan jus sehat untuk keluarga tercinta.