23 Jenis Tanaman Aglaonema dan Cara Merawatnya

0
11259

Aglaonema – tanaman hias yang sering diburu ini terkenal dengan nama sri rejeki atau chinese evergreen. Memiliki beragam macam jenis dan keindahannya, tak heran jika tanaman ini menjadi tanaman wajib bagi pecinta tanaman hias. Simak yuk, 23 jenis tanaman aglaonema berikut ini.

Aglaonema Red Peacock / Widuri

id.pinterest.com/pin/9359111706831259

Jenis widuri termasuk sri rejeki yang memiliki harga sangat mahal namun paling banyak dicari. Ciri khas dari jenis ini yaitu memiliki warna merah cerah yang terdapat pada tengah daunnya. Untuk masalah harga, widuri yang terdominasi warna merah dapat terjual dengan harga hingga ratusan juta rupiah.

Aglaonema Cinta

unsplash.com

Jenis sri rejeki cinta memiliki bentuk daun yang sangat cantik, tak heran banyak sekali yang memburu sri rejeki jenis ini. Daunnya melengkung pada bagian kedua pangkalnya menyerupai hati, maka itu orang juluki sebagai jenis cinta. Sri rejeki cinta juga dapat Anda tempatkan pada dalam ruangan maupun luar ruangan.

Aglaonema Suksom

id.pinterest.com/pin/410742428512213347

Jenis suksom termasuk kedalam sri rejeki yang dibandrol dengan harga mahal, yaitu dapat sampai 3 juta loh. Ciri khas suksom adalah warna merah pada daun yang begitu menyala dan polos dengan minim klorofil.

Aglaonema Claudia

pixabay.com

Jenis claudia memiliki ciri daun berwarna hijau pucat. Walaupun memiliki warna daun yang pucat, pada bagian tulangnya justru berwarna pink yang sangat cantik. Jenis sri rejeki claudia berasal dari Thailand. Harga bibitnya pun relatif mahal dibanding jenis sri rejeki lainnya.

Aglaonema Anyamanee

zielony-parapet.pl

Keindahan jenis anyamanee terletak pada daunnya yang lebar serta terdiri dari tiga warna yang sangat cantik yaitu hijau, merah dan putih. Jenis ini termasuk tanaman hias termahal di tahun 2020, karena keeksklusifannya dan jumlahnya yang sangat terbatas. Harga jual tanaman indukannya dapat mencapai harga puluhan juta rupiah loh.

Aglaonema pride of Sumatra

zielony-parapet.pl

Sri rejeki dari Sumatera ini pernah memenangi kontes tanaman hias internasional di Belanda tahun 2002 loh. Tanaman ini mendapati julukan pride of Sumatera yang berarti kebanggaan Sumatera. Harga sri rejeki Sumatera dewasa ini masih berkisar antara Rp500 ribu sampai Rp1 juta.

Aglaonema Lipstik

id.pinterest.com/pin/249386898104670245

Siam aurora atau sesuai namanya, tanaman ini memiliki warna merah tegas pada tepian daunnya yang menyerupai bibir menggunakan lipstik berwarna merah. Harga sri rejeki ini pun relatif lebih murah dibandingkan jenis sri rejeki lainnya.

Aglaonema Legacy

id.pinterest.com/pin/149111437651202413

Jenis legacy sekilas mirip dengan jenis widuri. Bentuk daun legacy melebar di bagian pangkal, namun ujungnya tetap meruncing dan tulang daunnya berwarna merah kontras dengan motif dominan motif bercak berwarna hijau muda.

Aglaonema Adelia

flickr.com

Jenis adelia memiliki bentuk daun yang mirip dengan jenis legacy, namun adelia memiliki bentuk daun yanglebih panjang dan ramping di bagian ujungnya. Daun adelia dapat memanjang hingga 30 cm dengan corak daun dominan hijau tua serta bercak kekuningan dan merah muda yang terlihat acak.

Modesutum

Spesimen cantik ini, dengan daun hijau bergaris putih dan batang hijau pucat, juga termasuk salah satu tanaman pembersih udara teratas dalam daftar NASA yang terkenal.

Aglaonema Nitidum

Sumber: commons.wikimedia.org

Pilihan ideal untuk ruang dengan cahaya rendah seperti kantor dan rumah, varietas ini tetap subur bahkan di bawah sinar matahari minimalis.

Aglaonema Cutlass

Sumber: flickr.com

Dedaunan hijau dan putih krem seperti bilah dengan urat tengah hijau tua dari tanaman ini dapat menghadirkan tampilan yang semarak di dalam ruangan dan lanskap!

Aglaonema Emerald Bay

Sumber: flickr.com

Emerald Bay menampilkan perpaduan fantastis antara tepi hijau tua dengan bagian tengah abu-abu perak. Ini lebih toleran terhadap kondisi cahaya rendah daripada varietas beraneka ragam lainnya.

Aglaonema Harlequin

Sumber: flickr.com

Harlequin mengubah penampilannya sesuai dengan cahaya. Tetap hijau dengan bercak kuning dan urat merah muda di tempat teduh sementara cahaya membuat daun mengambil warna kuning seragam dengan warna merah muda.

Aglaonema Silver Queen

Sumber: commons.wikimedia.org

Daun beraneka warna perak-hijau berbentuk tombak yang terlihat memukau pada batang pendek. Bagian terbaik dari tanaman ini adalah mereka terus terlihat cantik terlepas dari perubahan cahaya.

Aglaonema Silver King

Sumber: flickr.com

‘Silver King’ memiliki daun hijau tua dengan perak berseri-seri dari urat utama daun. Itu bertahan di area remang-remang, kamar dengan cahaya tidak langsung, lorong, dan kantor.

Aglaonema Maria Christina

Sumber: commons.wikimedia.org

Ini terlihat sangat mirip dengan ‘Silver Queen,’ meskipun pertumbuhan dedaunan sedikit lebih kecil dan lebat. Juga, itu lebih tahan dingin juga!

Aglaonema Maria

Sumber: snl.no

Asli ke Filipina, juga populer sebagai Emerald Beauty. Varietas yang tumbuh lambat ini memiliki dedaunan bermotif hijau tua dan muda dan juga sangat mudah Anda rawat dan pelihara.

BJ Freeman

Sumber: commons.wikimedia.org

Tanaman ini memiliki daun besar dengan tanda abu-abu, hijau, dan putih. Ini adalah spesimen yang dapat Anda andalkan dalam hal perawatan dan persyaratan pencahayaan yang rendah.

Aglaonema Brilliant

Sumber: commons.wikimedia.org

Seperti namanya, daunnya berbintik-bintik cemerlang dengan pelepah berwarna putih krem dan bercak abu-abu krem pada permukaan hijau tua. Itu juga memurnikan udara dan orang anggap dapat membawa keberuntungan.

Cory

Sumber: commons.wikimedia.org

Varietas ini menghasilkan daun menawan bermotif garis-garis berbulu hijau keperakan pada batang berwarna putih atau krem. Ini juga memiliki toleransi yang baik terhadap dingin.

Aglaonema Emerald Star

Sumber: commons.wikimedia.org

Emerald Star tercirikan untuk tingkat pertumbuhan yang kuat dan menampilkan dedaunan beraneka warna yang lebat dengan campuran bintik-bintik hijau tua dan muda. Ini juga menangani dingin dengan sangat baik.

Aglaonema Super White

Sumber: commons.wikimedia.org

Super White yang luar biasa menakjubkan akan memukau pengagum segala sesuatu yang putih dan murni dengan dedaunannya yang hampir putih berbentuk oval yang menampilkan urat hijau halus.

Keputihannya yang murni akan menjadikannya tambahan yang fantastis untuk ruang apa pun. Super White adalah kultivar lain yang tidak akan mentolerir pencahayaan rendah, karena daunnya berwarna terang. Taruh pada dalam kondisi terang pada dekat jendela, tetapi hindari sinar matahari langsung jika memungkinkan.

Keindahan ini cukup sulit ditemukan, jadi jika Anda benar-benar berhasil mendapatkannya, jangan lewatkan kesempatan untuk menambahkannya ke koleksi tanaman hias Anda. Biasanya dapat tumbuh hingga 24 inci tingginya.

Cara Merawat Tanaman Hias Aglaonema

  • Berikan perlindungan dari sinar matahari langsung.
  • Menyiram dengan takaran yang benar yaitu 2-3 hari sekali.
  • Membersihkan gulma pada tanaman.
  • Pangkas daun yang sudah layu.
  • Lap daun agar terlihat lebih indah.
  • Gemburkan tanah agar tumbuh anak.

Selain jenis dan cara merawatnya, simak yuk barang – barang untuk melengkapi tanaman hias sri rejeki Anda.

Pot

Gunting Potong

Alat Semprot

Pupuk Media Kompos

Tanaman Hias

Lengkapi kebutuhan untuk aglaonema Anda hanya di Ruparupa.

Editor: Ariel Natasya & Ratu Amelia