Jangan Abaikan Nyeri Telapak Kaki

0
722

telapak kaki sakitKaki manusia merupakan anatomi yang kompleks dengan 33 sendi dan jaringan yang menaungi lebih dari 100 tendon, otot, dan ligamen. Tulang tumit merupakan yang terbesar dari 26 tulang yang ada di kaki. Seperti tulang-tulang yang lain, keberadaannya mempengaruhi kemampuan kaki untuk melakukan tugas utamanya yaitu berdiri. Namun kemampuan kaki untuk melakukan tugasnya ini bisa saja terganggu bila telapak kaki sakit.

Sering kali keluhan telapak kaki sakit diabaikan oleh para penderitanya. Padahal jika diabaikan dan bertambah parah, telapak kaki sakit bisa sangat mengganggu karena membuat si empunya kaki menderita.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, tapi secara umum telapak kaki sakit disebabkan oleh kesalahan cara berjalan yang menempatkan terlalu banyak tekanan pada tulang tumit dan jaringan-jaringan halus yang menempel di situ.

Tekanan pada tulang tumit bisa juga disebabkan oleh kecelakaan, memar yang muncul saat berjalan, berlari atau melompat pada permukaan keras, menggunakan alas kaki yang tidak menopang tulang tumit seperti sandal jepit, atau kelebihan berat badan.

Jika sakitnya dan gejala lain seperti kemerahan, bengkak, serta panas muncul dan membatasi aktivitas normal, sudah saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter. Mereka akan lebih tahu langkah apa yang perlu diambil untuk mengobati sakit pada telapak kaki tersebut.

A photo posted by Ruparupa (@ruparupacom) on

Melakukan pencegahan agar hal di atas tidak perlu terjadi tentu akan lebih baik.  Menggunakan sepatu yang benar dengan sol nyaman, pas, dan melindungi tumit merupakan salah satunya.  Produk sepatu kesehatan dari Dr. Kong yang telah hadir sejak 1999 sangat direkomendasikan. Sejak berdiri, Dr. Kong menjadi yang pertama menyediakan jasa “Check & Fit”, pemeriksaan kaki dan pengukuran sol sepatu serta menyediakan jasa profesional pemeriksaan kaki secara gratis untuk semua umur. Tujuannya adalah konsumen mendapatkan sepatu kesehatan yang paling tepat sesuai aktivitas mereka.

Setelah mendapatkan sepatu kesehatan yang tepat, jangan lupa pula untuk selalu melakukan pemanasan dan peregangan sebelum dan setelah berolahraga. Jangan memaksakan diri dengan tempo jika Anda menggeluti olahraga atletik, jangan pula abaikan kebutuhan tubuh untuk beristirahat dan mendapatkan nutrisi yang baik. Mantapkan hati untuk mengurangi berat badan jika Anda termasuk yang kelebihan.

Intinya, jangan pernah meremehkan telapak kaki sakit walaupun hanya pada beberapa kasus penanganan khusus hingga operasi dibutuhkan. Pastikan Anda menggunakan sepatu kesehatan yang tepat sehingga gangguan sakit pada kaki tidak akan menghambat aktivitas padat Anda. Temukan beragam varian dan pilihan sepatu kesehatan yang sesuai untuk kebutuhan Anda .