Memelihara ikan hias menjadi hobi sebagian besar orang. Selain warna dan coraknya yang cantik, banyak juga yang mencari penghasilan mereka dari beternak berbagai jenis ikan hias kemudian menjualnya.

Harga beberapa ikan hias pun bisa terbilang fantastis karena bisa mencapai miliaran! Semakin jarang dan bagus corak dari ikan, maka semakin mahal harganya. Penasaran dengan ikan seharga miliaran rupiah? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Ikan Koi

ikan koi
sumber: unravelmalta.com

Orang-orang di seluruh dunia tertarik dengan karakteristik koi yang “damai” dan “ramah”. Efek terapeutik dari mengamati dan berinteraksi dengan ikan sangat orang senangi, menyaksikan mereka berenang adalah hal yang melodius dan menenangkan. Karena koi adalah ikan air tawar, kalian dapat membuat taman ikan koi yang menenangkan hampir di mana saja.

Aquarium
Beli Perlengkapan Aquarium Lengkap di Ruparupa.com

Koi adalah sejenis ikan mas, ikan umum yang dapat kalian temukan di seluruh dunia, tetapi yang membuat Koi begitu istimewa adalah warna dan garis keturunannya. Dilansir dari unilad.co.uk, ikan koi termahal yang pernah terjual bernilai $ 1,8 juta atau lebih dari 26 miliar rupiah! Ikan koi tersebut bernama S Legend dan memiliki panjang 101 cm dan memenangkan kompetisi All Japan Koi Show selama 2 tahun berturut-turut.

Ikan Hias Arwana Platinum

platinum arwana
sumber: commons.wikimedia.org

Platinum Arwana adalah ikan air tawar dan terdapat di sungai dan danau di Asia, Amerika Selatan, dan Australia.

Beberapa arwana akan menjadi ikan peliharaan yang sangat mahal. Beberapa varietas mencapai lebih dari 1,4 miliar rupiah per ikan.

Bahkan ada yang pernah membeli ikan ini dengan harga 4,2 miliar rupiah! Menjadikan Arwana Platinum Asia adalah salah satu ikan akuarium paling berharga dan mahal di planet ini.

Polka Dot Stingray

polka dot stingray
sumber: piqsels.com

Ikan pari polkadot memiliki tubuh hitam sampai coklat tua, halus, berbentuk oval dengan bintik bulat sampai oval yang menutupi bagian atas tubuhnya. Sisi bawah berwarna abu-abu muda hingga putih tanpa bintik. Ekor yang kuat memiliki tulang belakang yang berbisa di ujungnya yang dapat menimbulkan rasa sakit.

Untuk spesies dewasa, ikan pari ini dapat berdiameter lebih dari 46 cm. Betina biasanya lebih besar dari jantan.

Ia memiliki mutasi genetik yang unik di bagian depan kepalanya yang menyebabkannya terlihat berbentuk u, bukan bulat, yang normal untuk sinar.

Menurut aquariumsphere.com, polkadot stingray adalah ikan pari air tawar termahal yang pernah dijual. Harganya $100.000 atau setara dengan 1,4 miliar rupiah. Tubuhnya yang gelap dan hitam pekat serta warna polkadot putihnya adalah alasan utama mengapa harganya sangat mahal.

Ikan Hias Peppermint Angelfish

ikan hias peppermint angelfish
sumber: YouTube

Peppermint Angelfish adalah penemuan yang lebih baru, seperti yang ditemukan oleh Charles (Chip) Boyle. Paling sering ditemukan di kedalaman 300 hingga 400 kaki.

Peppermint Angelfish tinggal di gua berbatu dan karang, sehingga aksesibilitasnya sangat terbatas. Permata kecil ikan ini kira-kira panjangnya 2,54 cm dan hanya akan tumbuh satu inci lagi atau lebih dengan panjang maksimal kurang dari 7,2 cm. Harganya bisa mencapai Rp 400 juta.

Ikan Hias Masked Angelfish

ikan hias masked angelfish
sumber: commons.wikimedia.org

Masked Angelfish atau Genicanthus personatus merupakan salah satu ikan karang yang cantik dan mahal serta jarang terlihat. Tubuh putih yang megah dengan offset hitam dan biru yang mencolok terlihat luar biasa. Angelfish bertopeng adalah endemik Hawai’i dan mereka paling melimpah di Kepulauan Hawaii Barat Laut.

Mereka hidup di kedalaman 150m-175m yang sangat dalam yang membuat mereka sangat sulit ditangkap. Mereka tidak dapat dibawa pergi dengan baik dan membutuhkan peralatan khusus untuk menyesuaikannya dengan kedalaman yang lebih rendah dan kehidupan akuarium. Proses ini tidak murah dan sangat sedikit spesies yang bertahan, menjadikannya sangat langka. Harga ikan ini bisa mencapai Rp 400 juta.

Bladeffin Basslet

bladefin basslet
sumber: YouTube

Bladefin Basslet (Jeboehlkia glifer) adalah salah satu jenis ikan hias air asin paling langka yang pernah ditangkap dan dijual kepada seorang kolektor. Harga ikan ini bisa mencapai Rp 146 juta loh!

Ikan ini hidup di kedalaman luar biasa lebih dari 150m, membuat mereka hampir tidak mungkin ditangkap. Mereka sering mati dalam perjalanan, membuat ikan-ikan yang selamat dalam perjalanan menjadi sangat berharga.

Dengan fitur menonjol mereka yaitu sirip seperti pisau dan pola warna yang mencolok, mereka mudah untuk kalian kenali dari ikan lain di toko akuarium.

Golden Basslet

golden basslet
sumber: commons.wikimedia.org

Basslet Ema atau Liopropoma Aberrans adalah ikan dengan kombinasi kuning jenuh, melebur menjadi warna tangerine yang kaya di bagian tengah. Golden Basslet adalah salah satu ikan yang paling pemalu.

Mereka hidup di kedalaman sekitar 50-80 m, menjadikannya salah satu jenis ikan hias yang sulit ditangkap. Ikan ini memiliki harga Rp 113,9 juta.

Neptune Grouper

neptune grouper
sumber: commons.wikimedia.org

Neptunus Grouper adalah ikan air dalam dan sangat sulit untuk menangkapnya. Ikan ini hidup di kedalaman luar biasa sekitar 100 m, yang membuat penangkapan spesies hidup hampir mustahil.

Ikan neptune grouper yang dewasa menampilkan warna merah muda dengan garis-garis kuning, sedangkan ikan remaja menampilkan warna oranye dan kuning yang cemerlang. Kalian harus menyiapkan uang sejumlah Rp 85,4 juta jika ingin membeli ikan ini.

Ikan Hias Australian Flathead Perch

Ikan hias australian flathead perch
sumber: YouTube

Australian Flathead Perch atau Rainfordia opercularis, adalah serranid kecil berwarna-warni dari terumbu karang di Australia timur. Karena jangkauan geografisnya yang terbatas dan kebiasaan yang sulit dipahami, ikan kecil ini sangat langka dan mahal dalam perdagangan ikan akuarium laut. Harga ikan ini mencapai Rp 71,2 juta.

Ikan Channa Barca

channa barca
sumber: youtube.com

Channa, umumnya dikenal sebagai Snakehead atau ikan Gabus, adalah ikan predator primitif dan anggota keluarga Channidae. Ikan ini berasal dari Sungai Brahmaputra, dekat dengan Goyalpara, Assam di India.

Jika ikan muda, maka kalian dapat memberikan larva chironomid (bloodworm), cacing tanah kecil, udang cincang dan sejenisnya. Sementara ikan yang sudah dewasa, kalian bisa memberikan potongan daging ikan, udang, kerang, udang sungai hidup, cacing tanah.

Langkanya ikan ini, menjadikan channa barca memiliki harga yang mahal. Harga ikan berkisar dari 20 hingga 50 juta rupiah.

Wrought Iron Butterfly Fish

wrought iron butterfly fish
sumber: YouTube

Wrought Iron Butterfly Fish atau Chaetodon daedalmahe, berasal dari samudra Pasifik Barat dekat Jepang bagian tengah dan selatan. Mereka bisa tumbuh hingga 6 inci. Ikan ini memiliki harga yang tinggi dengan harga Rp 34,8 juta.

Warna hitam ikan memiliki tampilan metalik yang dengan sirip punggung, ekor, dan dubur berujung kuning. Wrought Iron Butterfly Fish dewasa cenderung tetap bersama dalam kelompok yang terdiri dari 10 individu atau lebih tetapi terkadang membentuk agregasi yang sangat besar dan dapat bermigrasi ke area yang luas.

Clarion Angelfish

clarion angelfish
sumber: commons.wikimedia.org

Clarion Angel (Holacanthus clarionensis) secara alami terdapat di Pasifik Tengah Timur di ujung selatan Baja California, Meksiko dan Kepulauan Revillagigedo dengan ukuran dewasa maksimum 10 inci atau 23 cm. Mereka berada di atas dan di dalam terumbu karang hingga kedalaman 30 m (100 kaki). Mereka hidup secara individu yang menyendiri atau dalam kelompok.

Ikan ini memiliki bodi padat berwarna oranye kecoklatan hingga oranye cerah dengan kepala cokelat dan mulut kecil. Beberapa mungkin memiliki kepala kehijauan atau area hijau tua di bagian belakang tubuhnya. Tepat di belakang kepala mereka memiliki area oranye terang yang luas. Sirip ekornya juga berwarna oranye.

Namun berbeda bagi ikan yang masih remaja karena mereka memiliki palang biru metalik yang sempit di sisi mereka dan juga sepasang palang biru di kepala mereka.

Ikan ini adalah salah satu ikan yang termasuk sebagai ‘Rentan’ dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN. Hal ini sebagian disebabkan oleh perubahan lingkungan tempat mereka hidup dan juga penangkapan ikan berlebihan spesies ini untuk perdagangan akuatik. Tidak heran harga ikan ini mahal, mencapai Rp 35,6 juta.

Discus Fish

discus fish
sumber: piqsels.com

Memelihara ikan discus tidaklah mudah. Kalian harus memastikan mereka memiliki kondisi air yang benar, dan akuarium dengan banyak tanaman, yang cukup besar untuk kebutuhan mereka. Selalu sediakan makanan yang benar terlebih lagi jika ikan masih muda. Beri mereka makan dengan berbagai macam makanan, termasuk bloodworm beku, udang air asin, dll. 

Ikan ini rentan terhadap penyakit jika kondisi habitat mereka tidak sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, ikan ini termasuk jenis ikan hias yang mahal. Harga ikan ini berkisar antara 7 juta rupiah hingga 14 juta rupiah.

Ikan Hias Flowerhorn Cichlid

Flowerhorn adalah cichlid Amerika Tengah hibrida, juga orang-orang kenal sebagai Louhan di Asia. Mereka adalah ikan air tawar tropis yang berasal dari peternakan ikan di Asia Tenggara, dan di Asia mereka paling populer.

Nama tersebut berasal dari tanda “bunga” dan “tanduk” atau punuk di kepala. Ikan ini memiliki banyak varietas termasuk Kamfa, King Kamfa, Thai Silk, Monkey, Fader dan lain-lain, dengan banyak jenis, bentuk tubuh, dan kualitas yang berbeda. Ikan dengan pola dan tanda terbaik serta punuk kepala terbesar sangat berharga dan banyak yang jual dalam jumlah yang mahal.

Untuk ikan louhan yang masih kecil, harganya berkisar di 200 ribu rupiah. Sedangkan ikan louhan dengan kualitas bagus bisa mencapai 9 juta rupiah, bahkan lebih!

Ikan Hias Red Texas Cichlid 

ikan hias red texas cichlid
sumber: commons.wikimedia.org

Red Texas Cichlid adalah hasil persilangan antara cichlid Texas jantan (Herichthys cyanoguttatus) dan Red Parrot betina. Kualitas keseluruhan setiap ikan sangat bervariasi di antara masing-masing spesimen, yang berarti hanya beberapa spesimen yang tumbuh untuk menunjukkan warna merah dan hitam cemerlang yang sangat orang cari. 

Kelangkaan spesies dengan warna merah cemerlang dan ketersediaannya yang sangat sedikit memuat harganya seringkali cukup mahal dan dapat sangat bervariasi di antara berbagai toko akuarium. Harganya berkisar dari 1,2 juta rupiah hingga 5,6 juta rupiah.

Ikan Hias African Cichlid

Cichlid adalah salah satu kelompok ikan yang paling beragam dan banyak spesies dapat ditemukan di Afrika. Selain Afrika, Amerika Selatan juga merupakan rumah bagi banyak spesies cichlid; bahkan ada beberapa yang tinggal di Asia.

Mereka umumnya lebih mahal daripada kebanyakan ikan tropis lainnya. Harga akan semakin meningkat untuk spesies yang lebih berwarna atau lebih besar.

Untuk spesies yang lebih murah, kisaran harganya dari 70 ribu hingga 210 ribu rupiah. Sementara beberapa spesies bisa mencapai lebih dari 1,4 juta rupiah. Ikan dewasa yang sehat akan lebih mahal daripada ikan yang masih kecil.

Sebagian besar Cichlid Afrika hidup sekitar 8 tahun di akuarium.

Itulah deretan jenis ikan hias termahal di Indonesia. Agar ikan hias yang kalian rawat awet dan dapat hidup dengan lama, kalian perlu merawatnya dengan baik. Berikut beberapa rekomendasi produk agar bisa memenuhi kebutuhan ikan kalian.

Filter Aquarium

Untuk menjaga kebersihan aquarium dan kesehatan ikan hias peliharaan kalian, produk ini cocok untuk kalian. Membersihkan filter ini juga tidak sulit, kalian hanya perlu membuka tutup filter lalu menggantinya.

Makanan Ikan

Pakan ini berasal dari darah cacing yang telah melalui proses dehidrasi dan pembekuan sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi ikan peliharaan kalian.

Itulah beberapa rekomendasi produk yang bisa kalian beli untuk ikan peliharaan kalian. Kalian juga bisa dapatkan kebutuhan ikan dan perawatannya hanya di Ruparupa. Yuk segera beli dan dapatkan promo yang menarik!

1 KOMENTAR