Promo Tetap Seru dirumah

Menambahkan anak kucing baru ke keluarga kalian adalah saat yang menyenangkan! Merawat anak kucing sedari kecil hingga dewasa bisa menjadi cara yang sangat bermanfaat untuk menjalin ikatan dengan hewan peliharaan. 

Perawatan anak kucing melibatkan perhatian langsung dari manusia. Fokus perawatan anak kucing adalah menyesuaikan anak kucing dengan keluarga baru mereka dan menyediakan kesejahteraan fisik anak kucing untuk mendukung perkembangan yang sehat.

Tips merawat kucing di bawah ini dapat membantu kalian menjaga hewan peliharaan kalian bahagia dan sehat.

Merawat Nutrisi Kucing Kecil

Pastikan kalian memberi makan anak kucing apa yang mereka butuhkan selama pertumbuhan dengan memberi nutrisi yang tepat.

kitten
sumber: common.wikimedia.org

Induk kucing harus memberi makan anak kucing selama 4 minggu pertama kehidupannya, atau kalian harus menggunakan susu formula pengganti susu komersial khusus setiap 2-4 jam jika anak kucing telah berpisah dari induknya.

Dari usia 3-5 minggu, beri makan anak kucing termasuk menawarkan susu formula pengganti dalam wadah yang dangkal untuk mendorong penyapihan dari botol.

Kalian juga dapat menambahkan makanan yang lembab dan mudah untuk kucing kunyah yang terdiri dari campuran susu formula pengganti hangat dan makanan anak kucing kalengan atau kering berkualitas tinggi 4-6 kali sehari.

Pada usia 5-8 minggu, anak kucing kalian sudah bisa mengunyah makanannya sendiri, dan Kalian harus memberikan makanan kaya protein dan energi, dengan pemberian makan 3-4 kali sehari. Kalian juga bisa memberikan makanan kaleng karena akan meniru pola makan alami baik dalam konsistensi maupun formulasinya. Namun, pola makan yang baik juga bisa terdiri dari kombinasi makanan kucing kaleng dan kering.

Setelah usia 6 bulan, anak kucing harus kalian beri makan 2-3 kali sehari.

Memberi makan anak kucing makanan yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dan waktu yang tepat sepanjang hari sangat penting untuk kucing yang bahagia, sehat, dan tumbuh.

Tempat Tidur Kucing Kecil

Penting untuk menyediakan tempat tidur kering yang nyaman juga untuknya. Gunakan tempat tidur yang aman, mudah kalian bersihkan dan keringkan, dan letakkan tempat tidur di tempat yang nyaman dan pribadi.

Litter Box

Barang-barang penting ini kini hadir dalam berbagai gaya dan ukuran, jadi pilihlah yang cocok untuk anak kucing kalian. Jika kalian memiliki lebih dari satu anak kucing atau kucing, sebaiknya kalian memiliki setidaknya dua kotak yang terletak di area berbeda di rumah.

Kalian harus memastikan litter box dapat kalian bersihkan setiap hari untuk memastikan anak kucing tetap sehat.

Mangkuk

Kalian akan membutuhkan dua set mangkuk makanan dan air. Dengan cara ini kalian dapat meletakkan satu set untuk kalian cuci saat set lainnya sedang digunakan.

Jika kalian sering bepergian atau pergi dari rumah selama waktu makan, pemberi makan kucing otomatis juga dapat membantu memastikan kucing kalian mempertahankan pola makan yang konsisten dan sehat.

Sikat dan Sisir untuk Merawat Kucing Kecil

Sikat kucing sangat penting, terutama jika kalian memiliki anak kucing berbulu panjang. Bahkan kucing berbulu pendek perlu kalian sering sikat untuk menghilangkan bulu yang mati dan rontok.

Scratching Post

Semua kucing perlu menjaga cakar mereka dalam kondisi ideal. Oleh karena itu, kalian harus memiliki setidaknya satu tiang cakaran yang kokoh yang terletak di area yang paling sering kucing kunjungi.

Mainan untuk Kucing Kecil

kitten playing
sumber: flickr.com

Meskipun sebagian besar kucing senang bermain di kotak karton kosong, memiliki berbagai mainan akan membuat hewan peliharaan kalian terstimulasi.

Hindari mainan dengan bagian kecil yang bisa tertelan oleh hewan peliharaan kalian secara tidak sengaja. Kalian mungkin juga ingin merotasi mainan hewan peliharaan agar dia tidak bosan dengan mainan yang sama sepanjang waktu.

Memberikan Hadiah Jika Kucing Kecil Bertingkah Baik

kitten
sumber: pxhere.com

Pelatihan berbasis penghargaan bisa mencegah perilaku yang ‘tidak diinginkan’ oleh kucing. Misalnya, waktu bermain adalah kesempatan yang baik bagi kalian untuk mengajari anak kucing sopan santun. Terkadang game bisa menjadi sedikit intens dan kasar, pastikan waktu bermain berakhir jika menggaruk keras atau jika ada gigitan.

Dengan cara ini, kucing kalian akan belajar dengan cepat bahwa mereka tidak menerima perhatian untuk perilaku yang ‘tidak diinginkan’ seperti menggaruk keras atau menggigit, dan mereka akan cenderung berhenti melakukan perilaku tersebut dengan cepat.

Cara Merawat Kesehatan Kucing Kecil

cat veterinarian
sumber: flickr.com

Bicaralah dengan dokter hewan kalian tentang pemeriksaan kesehatan tahunan, vaksinasi, microchipping, desexing, serta pencegahan kutu dan cacing.

Desexing, sebelum kematangan seksual secara efektif mencegah anak kucing yang tidak direncanakan dan tidak diinginkan. Desexing juga memberikan manfaat bagi kesehatan dan perilaku. Biasanya, desexing dapat mengurangi masalah perilaku seperti kencing untuk menandai kepemilikan mereka.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara-cara merawat kucing kalian yang masih kecil? Pastikan kalian sudah mempersiapkan barang-barang keperluan kucing. Kalian bisa membeli barang kebutuhan untuk kucing yang lengkap seperti makanan kucing dan kandang kucing hanya di Ruparupa. Ruparupa juga sedang promo besar-besaran, tunggu apalagi? Yuk segera beli!