5 Cara dan Waktu yang Tepat Grooming Anak Anjing

0
6144
tips grooming anak anjing
Sumber: unsplash.com

Siapa yang baru mulai merawat anak anjing lucu? Ya, sebagai pemilik pasti ingin membuat hewan peliharaan kita terlihat cantik. Oleh karena itu, kegiatan grooming anak anjing adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. 

Grooming adalah serangkaian kegiatan perawatan anjing yang dilakukan secara rutin. Ada beberapa manfaat dari grooming yang bisa kita peroleh, antara lain untuk menjaga kesehatan anjing, mempercantik tampilan, hingga menghindari risiko infeksi, lho.

Ruparupa Banner

Tidak melulu harus menggunakan jasa profesional untuk melakukan grooming anak anjing. Kitajuga bisa melakukannya secara mandiri di rumah.

Apalagi, ada banyak manfaat dari melakukan grooming sendiri, yaitu bisa menghemat pengeluaran, kebersihan lebih terjamin, serta mampu membangun hubungan yang lebih erat antara kamu dan anak anjing.

Lalu, Apa Saja Kegiatan Grooming Anak Anjing?

Jika kamu baru memiliki anak anjing dan masih bingung cara melakukan grooming. Tenang saja,  di dalam artikel ini kita akan menjelaskan kegiatan apa saja yang perlu dilakukan saat grooming anak anjing. Yuk, simak dulu di bawah ini.

1. Memandikan anjing

grooming anak anjing Memandikan anjing
Sumber: freepik.com

Walaupun mandi adalah kegiatan wajib untuk membuat anjing lebih harum, ternyata proses ini tidak boleh kamu lakukan setiap hari, lho. Memandikan anjing terlalu sering dapat menyebabkan bulu anjing kehilangan minyak alami, sehingga mudah kusut. 

Soalnya, minyak alami di dalam tubuh anjing memiliki khasiat untuk membuat bulu tetap halus dan mengkilap. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bisa memandikan anjing minimal 1 bulan sekali.

Kalau anjing mulai bau, kita bisa menggunakan bedak atau parfum khusus anjing. Cukup taburkan bedak  ke bulu anjing dan ratakan agar baunya bisa tertutupi. Namun, sebelum memakaikan bedak, pastikan tidak ada luka terbuka di kulit anjing agar tidak membuatnya perih.

Baca Juga:   8 Rekomendasi Mainan Kucing dan Anjing yang Aman

Berikut rekomendasi sampo anjing anti jamur yang bisa kamu gunakan saat memandikan anak anjing.

grooming anjing
M-pets 250ml Sampo Anjing Pure Jojoba Oil

Beli di sini

grooming anjing
M-pets 250ml Sampo Anjing Anti Fungal Pro Care

Beli di sini

2. Menyikat gigi anjing

grooming anak anjing Menyikat gigi anjing
Sumber: freepik.com

Selain membersihkan tubuhnya, kita juga perlu meluangkan waktu untuk menyikat gigi anak anjing. Fungsi dari menyikat gigi anjing adalah untuk mengangkat sisa makanan yang menumpuk agar tidak menjadi plak atau karang gigi. 

Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah bau mulut pada anjing. Sebaiknya, kegiatan ini harus kamu lakukan sekali setiap hari, tepatnya setelah jadwal makan terakhir si anak anjing.  

M-pets Set Sikat Gigi Anjing Whitening
M-pets Set Sikat Gigi Anjing Whitening

Beli di sini

grooming hewan
Pawise Sikat Gigi Jari Hewan

Beli di sini

3. Membersihkan telinga dan area mata

Setelah itu, pastikan kita membersihkan area telinga dan mata saat grooming anak anjing. Hal ini wajib kamu lakukan untuk menghindari terjadinya infeksi akibat jamur. 

Kotoran pada telinga biasanya disebabkan oleh air yang masuk. Lalu, telinga jadi lembab, sehingga meningkatkan risiko jamur. Sedangkan, air mata anjing yang keluar untuk membasahi dan membuat mata tetap jernih juga menjadikan area tersebut kotor, lho. 

4. Menggunting kuku

grooming anak anjing Menggunting kuku
Sumber: lovelabworld.com

Kuku yang panjang dan tajam bisa saja menyebabkan luka pada tubuh anjing. Oleh karena itu, kamu perlu menggunting kuku anak anjing secara rutin.

Baca Juga:   Profil Kucing Ragdoll yang Harus Anda Tahu

Kegiatan ini tentu membutuhkan latihan ekstra karena struktur kuku anjing berbeda dengan manusia. Jika salah langkah, bisa saja kamu tanpa sengaja melukai anak anjing dan membuat mereka menangis. 

Nah, kamu bisa menggunting kuku anjing dengan intensitas 3-7 minggu sekali tergantung tingkat kepanjangannya.  Gunakan gunting kuku khusus seperti di bawah ini.

alat grooming anak anjing
Pawise 12 Cm Gunting Kuku Anjing

Beli di sini

alat pemotong Kuku Anjing
Doggyman Pemotong Kuku Anjing

Beli di sini

5. Mencukur bulu anjing

grooming anak anjing mencukur bulu
Sumber: freepik.com

Setiap anjing berbulu perlu melakukan kegiatan ini untuk menjaga penampilannya. Tidak hanya itu, mencukur bulu anjing juga dapat membantu menjaga terjadinya kerontokan, lho. 

Bulu anjing yang terlalu panjang juga bisa meningkatkan kemungkinan kusut hingga menggumpal. Jadi, kamu perlu rutin mencukur bulu anjing. 

Intensitas mencukur bulu anjing sendiri akan tergantung pada seberapa cepat pertumbuhannya. Pada umumnya, proses pencukuran bulu dapat kamu lakukan dengan rentang 3-12 bulan sekali. 

Namun, jika anjing belum dalam kondisi yang siap untuk dicukur, kamu bisa menyisir bulunya saja secara rutin agar tetap lembut dan rapi. Ini dia rekomendasi sisir anjing yang bisa kamu beli.

grooming anak anjing
Pawise 19 Cm Sisir Anjing Softbrush – Biru

Beli di sini

alat grooming anak anjing
Pawise 17x911cm Sisir Anjing Ukuran M

Beli di sini

Nah, itulah beberapa kegiatan grooming anak anjing yang bisa kamu lakukan. Temukan berbagai perlengkapan anjing dan hewan peliharaan lainnya dari Pet Kingdom hanya di ruparupa.com.

Di situs belanja online ini, kamu juga bisa membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Toys Kingdom, Pendopo, dan lain-lain.