4 Fungsi Table Runner dan Tips Memilihnya untuk di Rumah

0
647
fungsi table runner

Table runner sekilas memang mirip dengan taplak meja. Meski sama-sama berfungsi untuk menutupi meja, tetapi table runner sebenarnya memiliki bentuk yang lebih panjang dan ramping. 

Berbeda dengan taplak meja yang memiliki ukuran jauh lebih lebar dan dapat menutupi seluruh permukaan meja.

Ruparupa Banner

Lalu, Apa Sebenarnya Fungsi Table Runner?

Bagi yang penasaran, simak beberapa fungsi table runner yang jarang diketahui banyak orang berikut ini. 

1. Sebagai dekorasi dapur

Menyatukan dapur dengan ruang makan memang bisa menghemat tempat. Nah, agar meja dapur terlihat lebih menawan, kita bisa memakai table runner. Cukup sesuaikan warna dan motif table runner sesuai dengan cat dinding dapur supaya terlihat elegan.

2. Mempercantik meja

Fungsi table runner adalah sebagai alas untuk memajang hiasan buat mempercantik tampilan meja, baik meja makan maupun meja tamu.

Biasanya, table runner digunakan di area tengah meja. Tidak heran banyak orang mengganti taplak meja menjadi table runner untuk menciptakan kesan mewah.

Table Runner 33x180 Cm Eyelet - Sand

3. Menambah kehangatan keluarga

Ruang makan merupakan tempat bagi berkumpul bersama keluarga untuk menikmati hidangan sekaligus berbagi cerita. Nah, kita bisa menggunakan table runner untuk menciptakan suasana yang nyaman selayaknya sebuah restoran.

Percayalah, sentuhan hiasan di atas meja makan ini bisa menambah kehangatan keluarga saat berkumpul. 

4. Memudahkan dalam menata piring

Tahukah kamu kalau table runner juga bisa memudahkan kamu dalam hal menata piring, lho. Table runner bisa memisahkan ruang untuk menata peralatan makan secara simetris, tetapi tergantung dari tata letaknya.

Baca Juga:   3 Tips Pilih Model Lampu Gantung dengan Ukuran Tepat

Bagaimana Tips Memilih Table Runner yang Tepat?

Nah, biar tidak salah pilih table runner, simak beberapa hal penting berikut ini.

1. Tentukan ukuran

Sebelum membeli table runner, hal yang perlu kita tentukan adalah ukurannya. Pastikan table runner tidak terlalu pendek ataupun lebar karena akan mengurangi estetika dari meja tersebut. 

Biasanya, ukuran lebar dari table runner harus sebesar sepertiga dari meja makan. Dengan begitu, tampilannya tetap terlihat cantik dan menawan.

2. Pilih warna dan motif yang sesuai

Pilih taplak meja senada dengan desain ruangan. Untuk ruang makan minimalis modern, kamu bisa memilih table runner dengan warna putih atau abu-abu muda yang elegan. Sedangkan untuk ruang makan klasik, pilih taplak bewarna cokelat.

3. Pertimbangkan bahan yang tepat

Karena berada di atas meja, tentunya kita tidak dapat menghindari jika terjadi cipratan makanan yang tumpah ke atas table runner. Jadi, sebaiknya pilih table runner dengan bahan yang mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan bekas.

4. Tentukan teknik penataan

Penataan table runner tidak hanya bisa kamu lakukan secara horizontal atau vertikal saja, lho. Ternyata, kita juga bisa menggabungkan table runner dan taplak meja.

Supaya terlihat menarik, pastikan memilih table runner yang memiliki warna cukup kontras dengan taplak meja. Misalnya, kamu bisa menggunakan taplak meja putih dengan table runner abu-abu.

Rekomendasi Table Runner Berbagai Ukuran

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi table runner berbagai ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan ukuran meja di rumah. Simak, yuk!

1. Tabble Runner Motif Daun

Rekomendasi table runner pertama ini cocok digunakan untuk model meja makan panjang. Dengan motif daun berwarna emas, table runner ini bisa membuat meja makan coklat kayu muda terlihat lebih estetik

Baca Juga:   5 Tips Memilih Cermin Berdiri Full Body Buat Kamar

Kamu bisa membeli table runner berukuran 30 x 180 cm ini seharga Rp229 ribuan.

Table Runner Set 5 Pcs Foil Print 061
Table Runner Set 5 Pcs Foil Print 061

Beli di sini

2. Table Runner  Motif Pohon Palem

Rekomendasi table runner kali ini memiliki ukuran 35 x 200 cm. Jadi, cocok untuk meja berukuran lebih panjang. Cukup dengan harga Rp175 ribu, kamu sudah bisa meningkatkan aksen dekorasi di atas meja makan.

Arthome 35x200 Cm Taplak Meja Palm - Hijau
Arthome 35×200 Cm Taplak Meja Palm – Hijau

Beli di sini

3. Table Runner Motif Garis-garis.

Jika kamu memiliki meja makan berbentuk bulat, rekomendasi table runner satu ini cocok digunakan. Dengan ukuran 40 x 150 cm, table runner ini bisa membuat meja tampak estetik. Kamu bisa membeli table runner ini hanya dengan Rp225 ribu. 

Pendopo 40x150 Cm Table Runner Tenun Reverse
Pendopo 40×150 Cm Table Runner Tenun Reverse

Beli di sini

4. Table Runner Warna Krem

Untuk membuat meja makan tampak menawan, kamu bisa memilih table runner berwarna krem dengan ukuran lebih besar, yaitu 40 x 160 cm. Table runner ini bisa kamu beli seharga Rp179 ribuan.

Table Runner 40x160 Cm Urban Retreat - Krem
Table Runner 40×160 Cm Urban Retreat – Krem

Beli di sini

5. Table Runner Warna Hijau

Ruang makan yang menyegarkan tentunya akan membuat kamu merasa nyaman dan betah. Untuk menciptakan suasana tersebut, kamu bisa menghadirkan warna hijau, lho.

Nah, table runner berwarna hijau satu ini akan cocok untuk kamu padukan dengan meja makan motif kayu. Dengan ukuran 33 x 180 cm, table runner ini akan terlihat cantik di meja makan rumah.

Table Runner 33x180 Cm Neo Abstrak - Hijau
Table Runner 33×180 Cm Neo Abstrak – Hijau

Beli di sini

Nah, itulah beberapa rekomendasi table runner terbaik yang bisa kamu gunakan di hunian tercinta. Jadi, mana yang paling kamu suka?

Temukan perabot ruang makan minimalis hemat hingga 50% klik di sini

Kamu bisa membeli berbagai perlengkapan ruang makan tersebut hanya melalui ruparupa.com. Di situs ini, kamu juga bisa membeli perabot berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Selma, dan lain-lain.