Fakta Menarik Mengenai Kucing Putih Mata Biru

0
4519
blue eyed white cat

Kalian pasti pernah melihat kucing putih dengan mata berwarna biru, cantik bukan? Namun, seringkali orang bertanya apakah kucing dengan mata biru menandakan dia tuli, terlebih lagi jika kucing tersebut berwarna putih. Ini adalah kesalahpahaman yang sering terjadi. 

Apakah semua kucing putih dengan mata biru tuli? Dan ras kucing apa yang bermata biru? Mari simak fakta tentang kucing dengan warna mata biru

Apakah Kucing Putih dengan Mata Biru Cenderung Tidak Bisa Mendengar?

blue eyed white cat
sumber: pxhere.com

Sekitar 60 persen kucing berwarna putih dengan mata biru mendapatkan pewarnaannya dari mutasi pada gen yang disebut KIT. Pada kucing ini, mata biru disebabkan oleh masalah seluler: Iris ini memiliki lebih sedikit melanosit, yaitu sel yang membuat pigmen. Sel-sel yang sama ini menciptakan pigmen kulit dan berperan dalam fungsi telinga bagian dalam. Oleh karena itu, kucing dengan melanosit lebih sedikit mungkin tidak memiliki cukup sel agar pendengarannya berfungsi dengan baik.

Peneliti menemukan bahwa hanya 17 hingga 22 persen kucing putih dengan mata non-biru yang terlahir tuli. Persentasenya meningkat menjadi 40 persen jika kucing memiliki satu mata biru, sementara lebih dari 65 hingga 85 persen kucing serba putih dengan kedua mata biru tuli. Beberapa kucing ini tuli hanya di satu telinga.

Menariknya, jika kucing putih dengan satu mata biru tuli hanya di satu telinga, telinga itu selalu berada di sisi kepala yang sama dengan mata biru.

Mata Bayi Kucing Berwarna Biru

Anak kucing terlahir dengan mata biru. Mereka bisa tetap seperti itu, tetapi lebih umum, warna mata mereka akan mulai berubah saat mereka dewasa dan produksi pigmen melanin terjadi. Rona mulai berubah menjadi warna mata asli anak kucing pada usia sekitar 6 atau 7 minggu.

Cara Mengetahui Kucing Tidak Bisa Mendengar

Kalian bisa lakukan tepukan atau gemerincing sederhana yang tenang pada kucing. Jika tidak ada reaksi, kucing mungkin tidak mendengarnya. Untuk kucing dengan satu mata berwarna biru, coba dekati kucing dari belakang dan jentikkan jari pelan di dekat telinga di sisi yang sama dengan mata birunya.

Cobalah untuk tidak membuatnya terlalu keras sehingga telinga yang lain tidak menangkap suaranya. Perhatikan dengan hati-hati telinga kucing kalian untuk melihat responnya. Jika tidak ada respon, mungkin telinga kucing kalian tuli.

Ras Kucing dengan Mata Biru

Kucing dewasa dengan mata biru tidak tersebar luas. Jika memang terjadi, itu adalah hasil dari genetika. Produksi pigmen di selaput pelangi tidak terjadi, dan saat cahaya memantulkan permukaan bulat mata mereka, warnanya akan tampak biru.

Kucing Persia

kucing persia dengan mata biru
sumber: snappygoat.com

Dengan bulu yang lembut dan halus, wajah merah yang khas, dan kepribadian yang manis, kucing Persia adalah salah satu ras kucing yang paling populer.

Kucing putih Persia sering kali memiliki mata biru. Kucing ini Persia memiliki sifat tidak banyak menuntut, tenang, dan penyayang. Namun, kalian harus bersiap untuk perawatan yang mahal karena bulunya.

Ragdoll

kucing ragdoll dengan mata biru
sumber: commons.wikimedia.org

Mudah untuk terpukau oleh kucing ragdoll dengan mata biru besar mereka. Mereka adalah kucing yang bersifat ramah dan cerdas.

Bukan hal yang aneh jika ragdoll melakukan trik untuk camilan. Banyak teman sepanjang hari dan banyak pengayaan di rumah penting untuk mencegah kucing yang energik dan sosial ini menjadi bosan.

Siamese

kucing siamese dengan mata biru
sumber: hippopx.com

Kucing Siam yang populer telah memikat pecinta kucing di seluruh dunia selama beberapa dekade. Dengan mata biru berbentuk almond yang mencolok, warna lancip, fisik yang anggun, dan sifat yang ramah,siapa yang tidak tertarik?

Mereka suka menjadi pusat perhatian, dan mereka tidak malu memberitahu kalian ketika mereka menginginkan lebih banyak pelukan.

Kucing Anggora

kucing angora dengan mata biru
sumber: commons.wikimedia.org

Biru adalah warna mata yang paling umum untuk kucing anggora. Selain biru, matanya juga bisa berwarna hijau, emas, kuning, dan bahkan bicolor.

Kucing ini kerap memiliki bulu putih berkilau dan tubuh yang panjang. Ini cukup penuh kasih sayang dan ramah dan paling baik di rumah di mana ia akan ditemani hampir sepanjang hari.

Kucing Tonkinese

tonkinese cat
sumber: commons.wikimedia.org

The Tonkinese adalah persilangan antara Siam dan Burma. Warnanya runcing lembut yang indah, dan matanya bisa berwarna biru, aqua, atau kuning kehijauan.

Kucing ini cenderung sangat penyayang dan juga sangat lucu. Mereka tidak cerewet seperti orang Siam, tapi mereka akan menyuarakan perasaan mereka.

Itulah ras-ras kucing dengan mata berwarna biru. Kalian bisa mendapatkan barang-barng keperluan kucing kalian seperti makanan kucing, mainan, dan kandang kucing hanya di Ruparupa. Yuk buruan beli mumpung banyak promo!