5 Tips Beli Rumah Pertama Buat Kaum Milenial Agar Tidak Salah Pilih

0
1238

Punya rumah pertama menjadi impian banyak orang. Untuk itulah, saat beli rumah baru kita tidak boleh salah pilih. Apalagi, rumah menjadi tempat yang akan kita tinggali dalam waktu lama, terutama untuk pasangan baru menikah.

Memang, ada berbagai tahapan yang perlu kita lalui saat beli rumah pertama, dari pilih lokasi, menentukan harga, hingga model rumah yang jadi incaran. Meski membutuhkan waktu lama, tentu kita akan merasa lebih puas kalau memilih tempat tinggal yang tepat.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Beli Rumah Pertama?

Nah, kali ini, kami punya beberapa tips untuk membeli tempat tinggal yang nyaman, khususnya buat kaum milenial.

1. Tentukan Bujet

Hal pertama yang paling penting adalah menentukan bujet  sesuai dengan kemampuan finansial. Yap!  Baik menggunakan sistem KPR (cicilan) atau cash, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mendapatkan rumah besar dan luas jika bujet terbatas.

Soalnya, hal tersebut malah membuat pengeluaran jadi makin membengkak. Tenang saja, harga rumah pun beragam, mulai dari Rp300 jutaan hingga Rp2 miliar, tergantung dari lokasi, luas, dan modelnya.

2. Tentukan Luas Bangunan

Setelah menentukan bujet, berikutnya kita bisa memilih tipe dan luasa bangunan. Untuk bangunan yang terkecil, biasanya berkisar antara 5×10 meter persegi hingga 6×12 meter persegi. Ada juga tipe rumah 36 yang memiliki luas bangunan sekitar 36 persegi.

Baca Juga:   Inspirasi Produk Hiasan Dinding Untuk Rumah

Agar lebih mudah, kamu bisa menentukan ukuran berdasarkan jumlah anggota keluarga. Misalnya, bila kamu baru menikah dan belum memiliki anak, rumah tipe 21 atau tip36 masih nyaman untuk  menjadi rumah pertama. 

tips memilih rumah baru
Tentukan luas rumah yang tepat sesuai bujet dengan jumlah anggota keluarga

3. Pilih Lokasi yang Tepat

Setelah mengetahui bujet dan ukuran, berikutnya adalah pilih lokasi yang sesuai kebutuhan, entah jaraknya dekat ke kantor ataupun ke tempat transportasi umum.

Bila kamu tidak ingin datang terlambat ke kantor karena jaraknya puluhan kilometer, mungkin memilih lokasi yang dekat kantor menjadi hal yang tepat. 

Namun, perhatikan juga lokasi perumahan tersebut. Pastikan lokasinya tidak rawan banjir jika sedang musim hujan dan punya keamanan yang baik.

4. Pertimbangkan Kemudahan Akses

Setelah itu, pertimbangkan juga kemudahan lokasinya dengan akses ke berbagai transportasi umum, seperti halte Transjakarta, stasiun kereta api, hingga stasiun MRT.Bila kamu memiliki kendaraan pribadi, akses dekat tol bisa memberikan kenyamanan. 

Selain itu, pilih daerah perumahan yang cukup dekat dengan fasilitas pasar atau swalayan agar memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

5. Tentukan Jenis Perumahan

Ada dua jenis perumahan yang bisa kamu pilih, yaitu tipe cluster modern dan perumahan klasik atau lama.  Tentunya, setiap jenis perumahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Baca Juga:   8 Desain Ruang Kerja di Rumah Untuk Maksimalkan Work From Home

Untuk jenis cluster, biasanya kita bisa langsung menempati rumah tersebut dan tidak perlu pusing untuk merenovasinya. Bangunan rumah cluster biasanya seragam dan sudah memiliki fasilitas lengkap, seperti area jogging, kolam renang, taman bermain, dan sebagainya.  Kita hanya perlu memilih model rumah dan aksesnya.

Sedangkan perumahan klasik atau lama biasanya lebih dekat dengan berbagai fasilitas, bahkan lokasinya lebih stratgis. Namun, kita perlu mempertimbangkan biaya lebih untuk merenovasi karena bangunannya lebih tua.

furnitur putih
Rumah pertama harus sesuai dengan kebutuhan kita.

Itu dia kelima hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk memilih rumah baru untuk pertama kalinya. 

Jika kamu sudah mendapatkan tempat tinggal yang tepat, kamu bisa mengisinya dengan berbagai perabot terbaik dari ruparupa.com, seperti rekomendasi kami di bawah ini.

 

tips memilih rumah baru
Informa Grecia Lemari Kabinet 2 Pintu – Putih cokelat Oak

Beli di sini

 

tips memilih rumah baru
Apa Air Cooler 1200cmh 10ltr – Putih

Beli di sini

tips memilih rumah baru
Elena Set Tempat Tidur Queen – Putih Pavia Oak

Beli di sini

 

tips memilih rumah baru
Kels Pembersih Lantai Robotik 3 1n 1 J058 – Putih

Beli di sini

tips memilih rumah baru
Cooking Color 20 Cm Kingston Wajan – Kuning

Beli di sini

tips memilih rumah baru
Wales Meja Makan 180x90x75 Cm – Cokelat

Beli di sini

 

Temukan perabot multifungsi
diskon hingga 50%  KLIK DI SINI

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan kebersihan, peralatan listrik, hingga aksesoris otomotif dari merek-merek terbaik milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, Kriswbow, dan masih banyak lagi.