7 Model Plafon Minimalis Populer untuk Hunian Modern

0
8540
model plafon minimalis modern
Sumber: unsplash.com

Saat membangun rumah, seringkali kita hanya memikirkan fondasi yang kokoh. Namun, ada faktor lain yang jarang kita perhatikan, yaitu plafon rumah minimalis. 

Plafon adalah sebuah rangka untuk menutup bagian atap rumah yang memiliki berbagai jenis material, seperti PVC, gypsum, triplek, dan masih banyak lagi. Tidak hanya sebagai penutup, plafon juga seringkali menjadi bagian dari dekorasi rumah. 

Ruparupa Banner

Kalau pada zaman dulu plafon mungkin berbentuk permukaan datar saja, seiring berjalannya waktu, bentuk plafon pun semakin berkembang. Salah satu yang paling populer adalah model plafon minimalis. 

Lalu, Seperti Apa Model Plafon Minimalis Terpopuler?

Buat kamu yang sedang kebingungan memilih model plafon minimalis, simak beberapa inspirasi berikut ini.

1. Plafon minimalis dengan sekat balok kayu

Siapa bilang kalau model plafon minimalis hanya berupa permukaan putih polos dan datar? Model plafon satu ini juga termasuk minimalis dan modern.

Desain plafon ini menggabungkan langit-langit putih dengan kerangka sekat dari balok-balok kayu. Perpaduan warna putih dengan kayu alami membuat tampilan plafon rumah jadi lebih estetik dan tidak membosankan.

Plafon minimalis dengan sekat balok kayu
Model palfon modern dengan betuk minimalis.

Kamu  bisa menambahkan lampu LED berwarna kuning atau warm white pada beberapa sisi plafon agar terlihat lebih menarik dan modern.  Berikut rekomendasi lampu LED yang bisa kamu gunakan. 

Krisbow Bohlam Led Eye Care 10w - Warm White
Krisbow Bohlam Led Eye Care 10w – Warm White

Beli di sini

Krisbow Lampu Downlight Led 6 Inci 9w - Warm White
Krisbow Lampu Downlight Led 9w – Warm White

Beli di sini

2. Plafon simetris bentuk persegi

Tampilan plafon rumah satu ini memang terlihat seperti kue waffle. Namun, bila diperhatikan, model plafon simetris bisa menciptakan kesan yang lebih modern dengan sentuhan unsur farmhouse

Baca Juga:   8 Desain Ruang Kerja di Rumah Untuk Maksimalkan Work From Home

Gunakan plafon simetris dengan cetakan persegi di seluruh ruangan supaya bisa memberikan kesan yang sederhana dan seimbang pada seisi rumah. Kamu juga bisa menambahkan lampu kecil di beberapa titik plafon rumah seperti inspirasi berikut ini.

Plafon simetris bentuk persegi

3. Plafon futuristik yang minimalis

Jika bosan dengan model plafon yang terlalu polos, kamu bisa menggantinya dengan model langit-langit bermotif, seperti di bawah ini.

Model plafon bergaya futuristik dengan motif geometris ini tidak meninggalkan kesan minimalis. Tambahkan pencahayaan hangat pada celah plafon untuk menciptakan tampilan yang lebih modern.

plafon futuristik yang minimalis
Sumber: Pinterest @mourad1453

Kamu bisa menggunakan lampu LED strip mengelilingi seluruh celah plafon, seperti berikut ini.

Krisbow 5 Mtr Lampu Led Strip 25w 3000k
Krisbow 5 Mtr Lampu Led Strip 25w 3000k

Beli di sini

Krisbow 5 Mtr Lampu Led Strip 25w 6500k
Krisbow 5 Mtr Lampu Led Strip 25w 6500k

Beli di sini

4. Plafon minimalis putih persegi panjang

Apakah kamu pernah mendengar istilah simple but classy? Nah, istilah tersebut bisa dikatakan cocok dengan model plafon minimalis satu ini. 

Plafon dengan bentuk persegi panjang berwarna putih memiliki tampilan yang minimalis, tanpa menggunakan biaya yang mahal. Cukup tambahkan lampu LED pada celah plafon agar tampak bervolume yang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas.

Plafon minimalis putih persegi panjang
Model plafon minimalis dengan volume.

 

5. Plafon modern yang bertingkat

Salah satu cara membuat ruamh terlihat luas adalah dengan menggunakan model plafon minimalis bertingkat. Model plafon ini dibuat seperti tingkatan atau ada lapisan-lapisan tertentu untuk memberikan kesan ruangan bervolume.

Desaon plafon ini cocok untuk langit-langit rumah yang tinggi. Cukup tambahkan lampu LED di setiap sela plafon untuk memberikan kesan yang lebih menawan.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Sofa Bed untuk Ruang Tamu Kecil
Plafon modern yang bertingkat
Sumber: dougleschan.com

 

6. Plafon kayu yang hangat

Jika kamu adalah pencinta suasana pedesaan yang klasik, tetapi tetap memberikan kesan estetik, model plafon cantik berbahan kayu akan menjadi pilihan tepat.

Penggunaan unsur kayu di dalam sebuah hunian akan menghasilkan kesan hangat dan nyaman bagi keluarga. Selain itu, bahan kayu dipercaya mampu menyerap panas dan menghalau udara dingin untuk masuk ke rumah.  

Plafon kayu yang hangat
Sumber: Instagram @thedesignory

 

7. Plafon bulat yang manis

Plafon rumah tidak harus selalu memiliki desain yang berbentuk persegi panjang. Kamu juga bisa menggunakan bentuk lain, seperti plafon bulat berikut ini. 

Penggunaan plafon bulat bisa membuat suasana rumah akan jauh lebih rileks dan menenangkan. Karena bentuknya yang anti-mainstream, kamu pasti akan lebih betah memandangnya setiap hari. Model plafon ini cocok digunakan di dalam kamar tidur.

Plafon bulat yang feminim
Sumber: crithome.com

Nah, dari beberapa model plafon minimalis tadi, mana yang membuat kamu jatuh cinta? Apa pun model plafon yang kamu pilih, pastikan sesuai dengan gaya desain interior di rumah supaya tetap harmonis.

Selain itu, tambahkan juga pencahayaan yang tepat, seperti memakai lampu sorot, lampu LED, lampu gantung, serta model lampu lainnya.

Kamu bisa menemukan berbagai jenis lampu hias berkualitas hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, Ataru, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan lain-lain. 

Berikut ini kami juga punya beberapa rekomendasi model lampu hias kekinian untuk kamu. 

Eglo Bridekirk Lampu Gantung Hias - Hitam
Eglo Bridekirk Lampu Gantung Hias – Hitam

Beli di sini

Eglare Madrot Lampu Gantung Hias Globe 4l - Gold
Eglare Madrot Lampu Gantung Hias Globe 4l

Beli di sini

Eglo Lampu Sorot Travale2 3x3.3 Watt Gu10
Eglo Lampu Sorot Travale2 3×3.3 Watt Gu10

Beli di sini

Lampu yang bisa menyorot posisi tertentu
Eglo Lampu Sorot Travale2 1×3.3 Watt Gu10

Beli di sini