10 Jenis Kaca yang Paling Umum Digunakan untuk Hunian

0
56619
jenis kaca

Penggunaan kaca pada hunian rumah memang sudah tidak asing lagi akhir-akhir ini. Selain dapat menghadirkan kesan estetik, kaca yang digunakan agar rumah mendapatkan sumber cahaya alami. Nah, buat Anda yang tertarik menghadirkan kaca dalam bangunan rumah, simak dulu 10 jenis kaca berikut ini agar tidak salah pilih, Ruppers!

1. Kaca Bening

jenis kaca bening
Sumber : pixabay.com

 

Ruparupa Banner

Anda pasti sudah tahu jenis yang pertama ini. Kaca bening atau yang biasa disebut float glass ini tidak memiliki warna dan permukaannya juga bersih serta rata.

Kaca bening banyak digunakan untuk bagian interior dan eksterior rumah. Namun, jika Anda ingin menggunakan kaca ini pada hunian, jangan lupa untuk menambahkan gorden atau tirai agar tidak panas.

Kaca bening bisa membawa sinar matahari masuk langsung ke dalam ruangan.

2. Jenis Kaca Stopsol

kaca stopsol
Sumber : commons.wikimedia.org

 

Berbeda dengan kaca bening, kaca stopsol atau solar heat reflective glass justru memiliki kemampuan memantulkan cahaya matahari. Tentunya, kaca ini dapat mengurangi beban energi untuk pendinginan ruangan sehingga dapat memberikan kesan sejuk saat Anda berada di dalam ruangan tersebut.

3. Kaca Es yang Terlihat Buram

jenis kaca es
Sumber : pixabay.com

Selain kaca stopsol, Anda juga bisa memanfaatkan jenis kaca es untuk melindungi rumah dari sinar matahari sehingga cahaya yang masuk tidak terlalu silau.

Kaca es atau disebut juga frosted glass memiliki tekstur pada salah satu sisinya dan terlihat buram seperti es. Biasanya, tekstur pada jenis kaca buram juga dapat Anda manfaatkan sebagai elemen dekorasi, Ruppers.

Kaca ini cocok untuk digunakan pada area shower pada kamar mandi juga partisi rumah.

Baca Juga:   10 Inspirasi Desain Pagar Minimalis untuk Percantik Rumah

4. Kaca Berwarna untuk Mempercantik Hunian

jenis kaca berwarna
Sumber : wallpaperflare.com

Kaca berwarna atau yang biasa disebut tinted glass  merupakan kaca bening yang ditambahkan warna dari campuran senyawa logam.

Penambahan warna ini dapat membuat sifat tembus pandang kaca menjadi lebih rendah. Warnanya pun beraneka ragam sehingga bisa sekaligus menambah kesan dekorasi pada ruangan.

5. Jenis Kaca Patri

jenis kaca patri
Sumber : pixabay.com

Kaca patri atau stained glass ini merupakan pecahan kaca warna-warni yang dirakit menjadi satu. Potongan-potongan kaca tersebut disusun menggunakan timah atau kuningan dan membentuk karya mosaik.

Gimana? Tertarik untuk menghadirkan kaca ini sebagai elemen dekorasi di rumah Anda?

6. Kaca Cermin yang Menghadirkan Kesan Mewah

cermin
Sumber : needpix.com

Kaca jenis cermin ini disebut juga one way mirrored glass. Artinya, kaca ini diciptakan untuk terlihat transparan pada satu sisi saja.

Lapisannya juga bersifat memantulkan cahaya dan panas. Dijamin, jika Anda menggunakan kaca jenis ini pada eksterior rumah, penampilan mewah pun akan tercipta, Ruppers!

7. Jenis Kaca Tempered

tempered glass
Sumber : flickr.com

Butuh kaca yang memiliki kekuatan lebih tinggi? Kaca tempered adalah solusi yang tepat.

Dibandingkan kaca biasa, kekuatan kaca ini mampu mencapai 3-5 kali kekuatan kaca biasa dengan ketebalasan yang sama. Kaca juga tahan terhadap angin, tekanan air, benturan, dan perubahan temperatur yang tinggi.

Baca Juga:   5 Desain Pintu Rumah yang Sesuai dengan Tema Hunian Anda

8. Kaca Laminasi, Kaca Paling Kuat

kaca laminasi
Sumber : pickpik.com

Nah, diantara semua jenis, kaca laminasi ini merupakan jenis yang memiliki ketahanan paling tinggi.

Jika terjadi sesuatu dan menyebabkannya pecah, kaca ini tidak akan berhamburan sehingga lebih aman. Kaca hanya akan retak dan sangat sulit untuk ditembus.

Karena itu, kaca jenis ini banyak digunakan untuk komponen bangunan yang membutuhkan keamanan ekstra.

9. Kaca Double Glassing

doubles glass
Sumber : wallpaperflare.com

Sesuai namanya, kaca ini berasal dari dua atau lebih lapisan kaca yang dipisahkan menggunakan aluminium atau style spacer di sekitar tepinya.

Kaca double glassing dapat mengurangi daya panas yang masuk. Tidak heran bila kaca ini banyak digunakan untuk ruangan yang memiliki perbedaan cukup tinggi dengan bagian luarnya, seperti menghindari suhu panas dan kebisingan.

10. Kaca Sunergy

kaca sunergy
Sumber : pixabay.com

Kaca jenis ini diproses lewat proses vacuum sputtering. Kaca terbuat dari kaca bening yang dilapisi dengan sebagian material untuk membuatnya jernih dan transparan serta sanggup menyerap panas matahari.

Jadi, Anda bisa lebih menghemat energi jika menggunakan kaca ini karena dapat mengurangi beban pendingin ruangan.

Itulah beberapa jenis-jenis kaca dan karakteristiknya. Kaca apa yang tertartik untuk Anda hadirkan di rumah? Jangan lupa untuk memperhatikan fungsinya masing-masing agar tidak salah pilih, ya.

Selain menambahkan kaca pada hunian, lengkapi juga rumah Anda dengan furnitur dan kebutuhan rumah tangga lainnya dengan berbelanja di Ruparupa.com. Anda juga bisa mendapatkan berbagai promo menarik, lho!