Cara Terapi Oksigen yang Tepat di Rumah

0
276

Tubuh Anda tidak dapat bekerja tanpa oksigen yang Anda hirup dari udara sekitar. Tetapi jika Anda memiliki penyakit paru-paru atau kondisi medis lainnya, Anda mungkin tidak mempunyai cukup oksigen dari normalnya. Hal ini bisa membuat Anda sesak nafas dan menyebabkan masalah dengan jantung, otak, atau bagian lain dari tubuh Anda. Tetapi, terapi oksigen dapat membantu. Yuk, baca terus untuk tahu cara terapi oksigen yang tepat di rumah.

terapi oksigen
Sumber: pixabay.com

Apakah Anda Membutuhkan terapi Oksigen?

Terapi oksigen di rumah dapat membantu Anda yang memiliki kondisi seperti pada bawah ini:

  • Asma
  • Bronkitis kronis
  • Gagal jantung kongestif
  • PPOK (penyakit paru obstruktif kronik)
  • Fibrosis kistik
  • Empisema
  • Kanker paru-paru
  • Radang paru-paru
  • Fibrosis paru
  • Apnea tidur

Berapa Banyak yang Oksigen yang Akan Anda Butuhkan?

Dokter Anda akan memberikan resep yang menjelaskan berapa banyak oksigen yang Anda butuhkan per menit dan kapan Anda perlu membutuhkannya. Beberapa orang lain mungkin akan memerlukan terapi oksigen hanya saat mereka sedang berolahraga atau tidur. Tetapi, ada juga orang lain yang mungkin membutuhkannya sepanjang hari.

Mereka akan mengetahui berapa oksigen tambahan yang sebenarnya Anda butuhkan setelah memeriksa kadar oksigen pada tubuh Anda. Mereka akan mengecek nya baik dengan tes darah atau melalui kulit menggunakan alat yang dipasang di jari tangan, kaki, atau daun telinga Anda.

3 Macam Peralatan Terapi Oksigen

Anda bisa mendapatkan oksigen dengan beberapa cara. Pilihan terbaik untuk Anda tergantung pada seberapa banyak yang Anda butuhkan, gaya hidup Anda, dan hal-hal lainnya.

Oksigen Konsentrator Standar

Mesin ini memiliki motor dan berjalan dengan listrik atau terkadang baterai. Alat ini akan menggunakan udara sekitar dan menyaringnya untuk mendapatkan kadar oksigen tinggi untuk Anda hirup. Beratnya sekitar 50 pon dan biasanya memiliki roda sehingga Anda dapat bergerak saat Anda terhubung dengannya. Jika Anda memiliki jenis plug-in, Anda memerlukan sumber oksigen cadangan jika listrik padam.

Oksigen Konsentrator Portabel

Ini adalah pilihan yang baik jika Anda harus menjalankan tugas atau pergi bekerja pada hari-hari Anda. Dengan berat 3-20 pon, Anda dapat membawanya dengan efisien. Anda dapat memasang beberapa model ke mobil Anda atau menjalankannya pada kemasan baterai.

Tangki Oksigen Cair

Biasanya, oksigen adalah gas. Tetapi pada suhu yang lebih rendah dapat berubah menjadi cair. Hanya membutuhkan ruang yang lebih sedikit daripada gas, sehingga Anda dapat menyimpan lebih banyak oksigen cair dalam tangki seperti termos. Saat keluar, cairan segera berubah menjadi gas sehingga Anda dapat menghirupnya. Sebuah tangki dapat memiliki berat lebih dari 100 pon, dan Anda perlu mengisinya kembali setiap beberapa minggu. Anda juga dapat mengisi tabung kecil yang mudah dibawa ketika Anda meninggalkan rumah.

Nah Ruppers, sekarang Anda sudah tau carta terapi oksigen yang tepat di rumah. Anda dapat membeli alat Oximeter Pulse Fingertip dari Sowell. Sowell adalah brand yang menjual alat kesehatan terpercaya untuk Anda dan keluarga. Produk-produk Sowell mempunyai kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau, mudah dan praktis digunakan untuk berbagai macam kebutuhan kesehatan Anda.

Sowell Oximeter Fingertip Pulse Sdo-721

Ini adalah metode ekonomis dan akurat yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi denyut nadi dan darah saturasi oksigen dengan ujung jari. Dengan alat ini, Anda dapat mengukur kesehatan denyut nadi, detak jantung, dan oksigen Anda setiap harinya. Lengkap dengan layar LCD yang akan memudahkan Anda meilhat hasil tes Anda dengan jelas dan akurat. 

Sowell Airway Pressure Breathcare Pap Srk-750

Anda juga dapat melakukan terapi oksigen sendiri dalam rumah Anda dengan Airway Pressure Breathcare dari Sowell. Ini adalah alat yang dapat men-supply tekanan udara melalui hidung Anda dan juga mulut sehingga bisa membawa oksigen masuk ke dalam paru-paru Anda dengan optimal.

Alat ini sangat ampuh untuk menjaga saluran pernapasan Anda saat tidur, mengurangi dan bahkan menghilangkan suara dengkuran (ngorok). Juga mampu meningkatkan kualitas tidur Anda, serta mencegah tekanan darah tinggi. Alat ini sangatlah cocok untuk Anda yang mempunyai kondisi sleep apnea, yaitu penyakit gangguan tidur.

Nah, produk-produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!