Tekanan darah rendah, juga biasa tersebut hipotensi, bisa mempunyai artian yang berbeda untuk setiap orangnya. Tekanan darah batas normal biasanya adalah antara 90/60 dan 120/80 milimeter merkuri (mm Hg). Tapi, terkadang angka yang masih lewat atau kurang sedikit dari batas ini masih teranggap normal dan dapat diterima. Yuk, baca terus artikel ini untuk mengetahui cara mudah mengatasi tekanan darah rendah!

cara mudah mengatasi tekanan darah rendah
Sumber: pinterest.com

Apakah Anda Memiliki Tekanan Darah Rendah?

Anda dapat membaca tekanan darah tubuh Anda berdasarkan pada atau melalui usia, kondisi kesehatan tubuh Anda dan apakah ada riwayat kesehatan yang tidak normal. Tekanan darah tubuh Anda bisa teranggap rendah kalau kurang dari batasnya yaitu 90/60 mm Hg. Dan juga jika Anda memiliki gejala-gejala seperti penglihatan yang buram, gampang bingung dan susah untuk berkonsentrasi, lemas dan pusing atau sakit kepala sehingga gampang pingsan, gejala mual ataupun sampai muntah.

Anda harus segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan media kalau Anda mengalami detak jantung yang cepat, sulit untuk bernapas atau sesak, kulit keringetan berasa dingin dan basah. Karena, gejala-gejala tersebut bisa menunjukkan bahwa Anda sedang mengalami shock dan bisa menjadi berbahaya gawat darurat jika tidak Anda rawat medis dengan cepat.

Apa sih Penyebabnya?

Ada banyak penyebab yang membuat Anda mempunyai tekanan darah yang rendah. Beberapa penyebabnya adalah:

  • Anda bergerak atau berubah posisi secara tiba-tiba dengan terlalu cepat
  • Memiliki penyakit media anemia
  • Mempunyai gangguan sistem saraf otonom
  • Kondisi dehidrasi
  • Sedang diet makan
  • Makan yang berlebihan
  • Memiliki gangguan endokrin
  • Mempunyai reaksi alergi yang ekstrim (kondisi medis anafilaksis)
  • Kehilangan darah dalam jumlah yang sangat banyak
  • Mengalami serangan jantung atau mempunyai penyakit jantung
  • Memiliki gula darah rendah
  • Mengkonsumsi obat-obatan khusus yang memiliki efek samping
  • Sedang hamil
  • Sedang mengalami infeksi parah
  • Memiliki kondisi penyakit tiroid
  • Berolahraga terlalu berat
  • Mempunyai penyakit saraf seperti Parkinson

Cara Mudah Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Anda bisa meningkatkan tekanan darah Anda dengan mengubah pola dan gaya hidup Anda ke yang lebih sehat. Contohnya dengan:

Kalau Anda sedang berolahraga di ruangan terbuka seperti outdoor, jangan sampai terjemur matahari panas terlalu lama. Jangan lupa untuk beristirahat sebentar-sebentar saat berolahraga. Dan juga minumlah air yang banyak spaya Anda tidak dehidrasi.

Hindarilah berada dalam ruang sauna atau berendam dalam bak air panas untuk terlalu lama karena dapat berujung ke dehidrasi tubuh Anda. Dan jika Anda ingin bergerak atau mengubah posisi tubuh Anda, jangan terlalu buru-buru. Berdirilah atau bangun dari kasur dengan perlahan.

Atau Anda juga bisa membeli dan menggunakan stoking kompresi. Sehingga, darah Anda dapat terbantu untuk mengalir kembali ke atas dari kaki Anda.

Ada banyak faktor dan kondisi medis, usia, dan juga obat-obatan yang bisa mempengaruhi tekanan darah Anda. Anda harus pastikan untuk melakukan check-up yang rutin dengan dokter atau pihak medis pada layanan kesehatan untuk memastikan bahwa tingkat tekanan darah Anda adalah sehat.

Produk Rekomendasi

Nah Ruppers, sekarang Anda sudah tahu cara mudah mengatasi tekanan darah rendah. Anda dapat membeli alat pengukur tekanan darah dari Sowell untuk terus tetap cek dan menjaga secara rutin kesehatan Anda. Sowell adalah brand yang menjual alat kesehatan terpercaya untuk Anda dan keluarga. Produk-produk Sowell mempunyai kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau, mudah dan praktis digunakan untuk berbagai macam kebutuhan kesehatan Anda.

Sowell 2.95 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah Sdp-180

Pengecekan tekanan darah Anda dengan rutin sangatlah penting. Karena, bisa ada banyak macam penyakit serius yang dapat Anda cegah dengan tahunya kadar darah tubuh normal Anda. Mengukur dengan rutin dapat membuat Anda mempunyai pola hidup yang lebih sehat dengan pedulinya Anda terhadap kesehatan diri Anda. Anda bisa menggunakan alat ukur tekanan darah LCD dari Sowell untuk mengukur tekanan darah Anda setiap harinya. 

Alat ini dirancang khusus supaya bisa Anda gunakan dengan gampang dan efisien dan juga sangatlah portable. Alat ini dapat mendeteksi tekanan darah Anda dengan akurat dalam jangka waktu yang cepat. Mengapa akurat? Karena alat ini akan menghitung hasil ukur tekanan darah Anda sebanyak 3 kali baru muncul hasilnya dan memiliki fitur memori 50-60 kelompok. Tidak tertinggal, alat ini juga mempunyai fitur sensor deteksi penggunaan manset dan juga mode auto off jika Anda sudah tidak memakainya. 

Sowell Alat Pengukur Gula Darah

Untuk Anda yang memiliki masalah dengan gula, harus cek dengan teratur dan rutin. Sehingga, Anda dapat mencegah komplikasi bahaya yang mungkin Anda bisa alami karena kebutuhan medis Anda. 

Mengukur gula darah Anda sekarang bisa dengan mudah jika Anda menggunakan alat keluaran Sowell. Alat dari Sowell dibuat khusus untuk Anda yang membutuhkan untuk cek gula darah Anda setiap harinya sendiri. Karena alat ini juga sangatlah portable berkat ukurannya yang kecil.

Alat ini akan memberikan hasil yang akurat dalam jangka waktu yang cepat yaitu 8 detik saja. Alat pengukur tekanan gula ini mempunyai jangkauan hematokrit sekitar 30%-60% dan rentang pengukuran 1.1mmol / L-33.3mmol / L 20-600mg / dl. Lengkap dengan fitur memori 250 kelompok.

Nah, produk-produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!