Resep Rendang Daging Sapi Mudah dan Gurih

0
20427
resep rendang sapi

Pasti kamu sudah sangat tidak asing dengan salah satu menu andalan dari rumah makan padang satu ini, bukan? Tidak hanya itu, rendang sapi juga menjadi menu favorit saat lebaran, lho!

Kamu bisa membuatnya kapan saja di rumah tanpa harus menunggu hari raya tertentu. Caranya pun cukup mudah dan bahan yang diperlukan gampang ditemukan di pasar, supermarket, bahkan situs yang menjual bahan masakan segar.

Ruparupa Banner

Tertarik untuk membuat daging rendang sapi ala padang yang enak di rumah? Yuk, simak resep rendang sapi praktis dan mudah berikut ini!

Bahan-Bahan

  • 1 kg daging sapi bagian paha
  • 2500 ml santan kental (dari 3 butir kelapa tua parut)
  • 3 batang serai
  • 5 lembar daun salam

bahan resep rendang

Bumbu halus

  • 250 gram cabe merah keriting dan rawit (sesuai selera)
  • 25 siung bawang merah (boleh dilebihkan sesuai selera)
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt jinten
  • 1 sdt adas
  • 5 butir cengkeh 
  • 1 butir pala
  • 2 sdm ketumbar bubuk
  • 3 butir kemiri yang disangrai
  • 4 ruas jahe
  • 3ruas kunyit
  • 3 ruas lengkuas
  • 1 sdt lada
  • Secukupnya garam

resep rendang sapi

Cara Membuat Rendang Sapi

1. Cuci bersih daging sapi dan potong menjadi 20 bagian atau sesuai selera. 

2. Siapkan bahan-bahan bumbu halus terlebih dahulu. Lalu, kamu bisa menghaluskan semua bahan tersebut dengan mudah dan cepat menggunakan chopper atau blender.

Baca Juga:   5 Cara Mengatur Jam Tidur di Bulan Puasa

3. Kemudian, panaskan minyak dalam wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. Pastikan untuk terus mengaduknya agar bagian bawah bumbu tidak gosong, ya.

tumis bumbu rendang sapi

4. Setelah itu, kamu bisa memasukkan potongan daging sapi ke dalam wajan. Aduk sebentar hingga tercampur dengan bumbu. Lalu, tambahkan sereh, daun salam, dan cengkeh.

masukkan daging sapi

5. Aduk perlahan-lahan sampai daging dan bumbu tercampur rata. Kemudian, diamkan selama minimal 15 menit agar termarinasi dengan baik. 

6. Setelah daging sudah dimarinasi, kamu dapat mengatur kompor ke api sedang. Daging perlahan akan mengeluarkan air semakin banyak.

7. Untuk itu, kamu perlu mengaduk daging sampai air menyusut. Setelah itu, tuangkan santan ke dalamnya, serta garam, dan lada. Tunggu sejenak sampai santan mendidih.

Jika menggunakan panci presto, tunggu hingga mengeluarkan bunyi atau tekanan sudah tinggi. 

bumbui rendang

8. Setelah mendidih, kecilkan api sambil tetap diaduk terus. Jadinya, daging semakin empuk dan kuah akan lebih kental, seperti berbentuk bumbu berminyak.

rendang sapi matang

9. Bila daging sudah lembut, masakan rendang sapi sudah siap untuk dihidangkan. Kamu bisa menikmatinya sembari memakai nasi hangat. 

sajikan rendang sapi

Tips Masak Rendang Sapi yang Empuk dan Lezat

Mudah bukan membuat resep rendang sapi ini? Nah, agar rendang terlihat menggiurkan, kamu dapat menambahkan cabai merah yang diiris menyerong sebagai topping pada bagian atas daging ketika disajikan.

Baca Juga:   Resep Nasi Ayam KFC Rice Cooker Hanya Dengan 2 Bahan

Kalau kamu suka rendang yang pedas, kamu bisa menambahkan cabai merah keriting sebagai bumbu halus. Sebaliknya, kalau kamu tidak bisa makan terlalu pedas, cukup kurangi jumlah cabai dan membuang bijinya. 

Selain itu, jika tidak ingin menggunakan terlalu banyak santan, kamu dapat menggantinya dengan susu full cream ya.

Peralatan Masak Berkualitas

Tentunya, untuk membuat masakan lezat, kamu memerlukan peralatan masak berkualitas. Nah, kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan memasak hanya di ruparupa.

Situs belanja online yang menyediakan peralatan rumah tangga dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, ATARU, dan masih banyak lagi. 

Apalagi untuk memasak rendang, kamu akan memerlukan talenan dan pisau daging yang  tajam buat memotong daging, seperti berikut ini.

Krischef Set 2 Pcs Talenan Bambu
Krischef Set 2 Pcs Talenan Bambu

Beli di sini

Krischef Set 7 Pcs Pisau Dapur - Hitam
Kris Set 7 Pcs Pisau Dapur – Hitam

Beli di sini

Kamu juga membutuhkan wajan antilengket dan spatula, yang dapat digenggam dengan nyaman agar lebih muda saat memasak. Berikut rekomendasi alat masak yang dapat kamu beli di ruparupa.

Joseph-joseph Elevate Spatula Slotted Nilon
Joseph-joseph Elevate Spatula Slotted Nilon

Beli di sini

Flonal 32 Cm Meteora Wajan 2 Gagang Dengan Tutup
Flonal 32 Cm Meteora Wajan

Beli di sini

Selamat masak rendang di rumah!

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.