Tanpa Minyak, Ikuti 9 Cara Memasak Pakai Air Fryer

0
9877
cara pakai air fryer
Sumber: Ruparupa.com

Air fryer memang menjadi alat masak elektronik yang digemari masyarakat. Apalagi, alat ini menawarkan fitur bisa masak dengan mudah tanpa perlu pakai minyak.

Memasak dengan air fryer memang dinilai lebih praktis karena tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun, untuk kamu yang baru pertama kali memakai air fryer, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar dapat memanfaatkan air fryer dengan baik, lho.

Ruparupa Banner

Tips Memasak Pakai Air Fryer

Sekilas, alat masak satu ini memang terlihat mudah digunakan. Namun, ternyata ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

Bila salah menggunakan, bisa-bisa justru memengaruhi rasa masakan kita. Nah, buat kamu yang masih pemula, simak cara tepat masak pakai air fryer agar hasilnya sempurna berikut ini. 

1. Tempatkan Air Fryer dengan Tepat

Hindari menempatkan air fryer dekat dinding saat memasak. Soalnya, ternyata air fryer membutuhkan ruang untuk ventilasi.

Selain itu, ada baiknya kamu meletakkannya di permukaan tahan panas dan jauh dari alat elektronik lainnya. Panas yang dihasilkan oleh air fryer dapat memengaruhi benda-benda tersebut, lho.

2. Perhatikan Jenis Makanan

Tidak semua makanan bisa kamu masak dengan air fryer, lho. Adonan basah dan beras sebaiknya kamu hindari memasaknya menggunakan air fryer.

Bahan makanan basah dan membuat nasi, biasanya membutuhkan kadar air yang cukup besar. Sedangkan air fryer, tidak diperuntukkan unutk makanan basah tersebut. Bila dipaksakan, justru membuat air fryer jadi rusak. 

Baca Juga:   10 Ide Menu Makanan Manis untuk Buka Puasa

Nah,  beberapa bahan makanan yang dapat kamu masak dengan air fryer, antara lain makanan beku, kentang, sayur, sosis, dan daging.

kentang goreng
Sumber: Ruparupa.com

3. Panaskan Air Fryer Sebelum Digunakan

Untuk memasak lebih cepat, kamu perlu memanaskan air fryer sebelum digunakan. Tenang, kamu hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, kok. Dengan melakukan ini, hasil akhir makanan kamu akan lebih renyah dan nikmat.

4. Hindari  Memasukkan Terlalu Banyak Makanan

Agar semua bahan makanan matang secara merata, hindari memasukkan terlalu banyak bahan makanan ke dalam air fryer.

Makanan yang menumpuk akan membuatnya lebih lama matang dan tidak matang secara sempurna. Cobalah untuk memasak makanan dalam beberapa sesi agar lebih nikmat dan renyah saat disantap.

memasak dengan air fryer
Sumber: Ruparupa.com

5. Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Minyak

Memasak dengan air fryer sebenarnya tidak membutuhkan minyak. Ya, alat masak satu ini memang bisa membuat kamu lebih hemat dalam menggunakan minyak goreng. 

Namun, kamu tetap bisa memakai minyak jika memang diperlukan. Cukup oleskan sedikit saja minyak menggunakan kertas tisu agar makanan tidak menempel di air fryer.

Selain itu, hindari memakai semprotan minyak yang sudah tersedia di pasaran karena akan merusak lapisan anti lengket dari air fryer.

Sedangkan untuk makanan yang sudah mengandung minyak dan hendak dipanaskan, kamu tidak perlu menambahkan minyak lagi.

6.  Hindari Pakai Minyak dengan Titik Asap Rendah

Tentu kamu tidak mau makanan menghasilkan terlalu banyak asap dan rasa yang aneh. Oleh karena itu, hindari memakai minyak dengan titik asap rendah saat memasak di air fryer, seperti minyak zaitun.

Kalau kamu tetap menggunakan minyak yang mengandung titik asap rendah, kamu bisa mengatur suhu memasak di bawah suhu titik asapnya.

7. Gunakan Alumunium Foil

Perlu kamu ketahui bahwa memasak di air fryer berbeda dengan oven. Biasanya, saat memasak dengan oven, kita pasti akan menggunakan wadah atau piring khusus.

Baca Juga:   Inspirasi Keran Air Modern Untuk Dirumah

Namun, memasak dengan air fryer, kita hanya perlu memakai wadah yang sudah tersedia. Nah, bila kamu malas mencuci berkali-kali wadah dari air fryer tersebut, solusinya adalah gunakan alumunium foil sebagai alasnya.

8. Atur Suhu Dengan Tepat

Berbeda saat memakai oven, memasak dengan air fryer tidak membutuhkan suhu yang tinggi, bahkan kamu bisa mengurangi sampai 25 derajat.

Misalnya, saat memasak ayam panggang, ketika menggunakan oven membutuhkan suhu 250 derajat celsius. Namun, ketika kamu memasaknya dengan air fryer, kamu hanya membutuhkan suhu 225 derajat celsius.

Selain itu, waktu memasak dengan air fryer 25% lebih cepat dibandingkan dengan masak pakai oven, lho. Asalkan, kamu bisa mengatur suhunya dengan baik.

9. Goyangkan Keranjang Air Fryer Ketika Masak

Saat memasak memakai air fryer, kamu bisa sesekali menggoyangkan wadahnya agar makanan dapat matang secara merata.

Misalnya, ketika memasak kentang, kamu bisa mematikan sebentar air fryer, lalu menggoyangkan wadahnya agar semua kentang bisa benar-benar matang.

Namun, jika kamu memasak daging, kamu juga bisa membalikkan daging tersebut ditengah waktu masak. 

membalikkan daging
Sumber: Ruparupa.com

Nah, itu dia cara pakai air fryer yang perlu kamu ketahui. Jadi, pastikan kamu mengikuti langkah-langkah memasak pakai air fryer tersebut agar makanan tetap nikmat. 

Bila kamu sedang mencari air fryer, tenang, kamu bisa menemukannya hanya melalui ruparupa.com

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai peralatan masak dan perabot rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. 

Kami juga mempunyai beberapa rekomendasi air fryer untuk memudahkan kegiatan memasak kamu, seperti berikut ini.

air fryer kels
Kels Langston Air Fryer 1200 Watt – Putih beli di Ruparupa.com
Hasilkan makanan lebih kaya rasa dan sehat dengan menggunakan air fryer ini.

Beli di sini

air fryer hitam
Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer – Hitam beli di Ruparupa.com Air fryer ini menyebarkan panas secara merata ke seluruh makanan sehingga membuat kegiatan memasak lebih mudah.

Beli di sini

air fryer philips
Philips 4.1 Ltr Air Fryer Hd9200/90 – Hitam beli di Ruparupa.com
Air fryer dengan desain modern untuk membuat makanan renyah di luar dan lembut di dalam.

Beli di sini

air fryer klaz
Klaz Air Fryer Manual 2.5 Ltr – Hitam beli di Ruparupa.com
Hadirkan cara memasak efisien dengan air fryer serbaguna ini.

Beli di sini