Cara Menanam Tanaman Kuping Gajah

0
609

Spesies tumbuhan Xanthosoma biasanya tidak dianggap sebagai tanaman hias. Hampir di semua tempat lain kecuali negara tropis, kuping gajah adalah tanaman yang terkenal untuk ditanam pada kebun raya dan rumah kaca. Yuk, lihat cara menanam tanaman kuping gajah dubawah ini!

Dengan meningkatnya ketersediaan tanaman langka, Xanthosoma bernilai lama, sulit dilihat. Tanaman ini terkadang memiliki daun berbentuk panah yang sangat besar, serta beberapa daun yang paling mencolok dan elegan di kerajaan tumbuhan. Dengan hamparan hijau, tirai anggun, dan bentuknya yang indah, Xanthosoma adalah inti dari hutan hujan.

Tanaman tahunan herba, Xanthosoma sagittifolium memiliki umbi atau batang bawah tanah utama dalam bentuk rimpang tempat tunas sekunder bengkak, atau umbi, bertunas. Spadix (lonjakan bunga kecil) berbentuk silinder, dengan bunga betina di bagian bawah, bunga jantan di bagian atas dan bunga steril di bagian tengah.

Siklus pertumbuhan akan memakan waktu sekitar 9 sampai 11 bulan. Untuk enam bulan pertama, umbi dan daun akan berkembang. Dan untuk sisa empat bulannya, daun-daun akan bersifat normal. Terakhir, saat mendekati musim gugur dan daun mulai mengering, tanaman akan siap untuk dipanen umbi.

Xanthosoma adalah tanaman asli Amerika tropis. Daunnya bisa dimakan, tapi (dan semua bagian tanaman) mengandung kristal kalsium oksalat berbentuk jarum yang mengiritasi kulit, jadi harus dimasak terlebih dahulu.

Kondisi Optimal untuk Tanaman Telinga Gajah (Xanthosoma)

Ini adalah tanaman tropis, jadi syaratnya harus tepat agar bisa tumbuh:

Cahaya: Cahaya terang tetapi tidak ada sinar matahari langsung. Beberapa bisa menangani keteduhan.

Air: Sepanjang musim tanam, air dan kabut sering. Banyak Xanthosoma akan mati kembali menjadi umbi di musim dingin, tetapi jangan biarkan umbinya benar-benar mengering.

Suhu: Lebih menyukai kondisi hangat dan lembab. Pertahankan suhu di atas 60ºF jika memungkinkan.

Tanah: Campuran pot yang kaya dan dikeringkan dengan baik

Pupuk: Pengumpan berat. Beri makan sepanjang musim tanam dengan pupuk cair atau bubuk.

tanaman
Sumber: piqsels.com

Perambatan

Seperti banyak tanaman umbi, Xanthosoma seringkali dapat tumbuh dengan cukup baik dalam pot yang sama selama beberapa musim berturut-turut, memulai pertumbuhan baru setiap musim.

Namun, jika Anda ingin tanaman yang besar dan spektakuler, pindahkanlah pada pot segar di awal setiap musim tanam. Ketahuilah bahwa beberapa spesies bisa sangat besar dan membuat rencana yang sesuai.

Tips

Xanthosoma termasuk dalam famili tumbuhan Arum (atau Araceae), kadang-kadang disebut aroids. Keluarga ini termasuk philodendron, colocasia, caladium, alocasia, dan tanaman dedaunan tropis lainnya.

Seperti tumbuhan aroids lainnya, kuping gajah tumbuh dengan subur di lingkungan yang sangat lembab, berair, dengan suhu yang panas. Mereka adalah tumbuhan bawah, atau kadang-kadang tumbuh di tepi air.

Sehingga, tidak cocok dengan sinar matahari langsung yang keras. Tungau laba-laba dan kutu putih yang terklasifikasi sebagai hama dapat menyerang tanaman yang tidak sehat.

Nah Ruppers, sekarang kan sudah tau cara menanam tanaman kuping gajah. Apakah Anda tertarik untuk menanamnya di taman rumah Anda?

Anda bisa membeli pot untuk menanam tanaman Anda untuk pemula yang ingin mulai menanam tanaman sebagai hobi. Ini adalah rekomendasi produknya:

Kris Garden 27.5 Cm Pot Bunga Bulat Wicker Valencia – Cokelat

Terakhir, Anda bisa temukan beragam kebutuhan untuk merawat tanaman seperti pupuk atau sekop di Ruparupa.com.

Produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!