8 Tanaman Obat Tradisional yang Bermanfaat

0
639

Banyak tanaman obat tradisional bisa membantu meningkatkan kesehatan Anda secara halus dan tidak mebahayakan untuk tubuh Anda. Yuk, lihatlah 8 tanaman obat tradisional di bawah ini yang bermanfaat untuk Anda!

Ekstrak Biji Anggur

biji obat tradisional
Sumber: piqsels.com

Selama bertahun-tahun, ekstrak biji anggur, yang tersedia melalui cairan, tablet, atau kapsul, telah terbukti mapan dan dipuji karena aktivitas antioksidannya. Ekstraknya memiliki manfaat kesehatan yang manjur, termasuk menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Lalu, bisa juga mengurangi gejala sirkulasi yang buruk pada pembuluh darah kaki. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin ekstrak biji anggur memiliki efek antikanker dan tampaknya mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Minyak biji anggur juga berfungsi sebagai pelembab yang berguna untuk membersihkan kulit dari kering dan rusak. Dapat mengencangkan dan mencerahkan kulit, sebagai bahan dasar pijat rileksasi guna melenturkan otot tubuh dan membantu penyembuhan nyeri otot.

Bagi Anda yang memiliki bayi, Anda juga dapat menggunakannya saat membersihkan kulit kering pada kepala bayi baru lahir (creadle cap), juga untuk memijat bayi. Ini adalah rekomendasi produknya:

Minyak Biji Anggur

Belli To Baby Grapeseed Minyak Natural

Memiliki kandungan Grapeseed Oil yang mengandung Asam Linoleat, Vitamin A, C dan E yang tinggi, mengandung kolagen sebagai zat anti-aging dan juga OPC (Oligomeric Proanthocyanidins ) yang merupakan rangkaian kompleks bioflavonoid, berfungsi membersihkan radikal bebas pada dalam tubuh.

Gingko (Daun)

daun obat tradisional
Sumber: pixabay.com

Daun gingko orang gunakan untuk membuat kapsul, tablet, dan ekstrak, dan bila Anda keringkan, bisa Anda konsumsi sebagai teh. Ekstrak daun ginkgo biasa orang gunakan untuk mengobati berbagai kondisi seperti asma, bronkitis, kelelahan, dan tinnitus.

Ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan untuk mencegah demensia dan dan penyakit Alzheimer. Tetapi, hanya ekstrak dari daunny saja yang boleh Anda gunakan.

Kamomil (Bunga)

bunga obat tradisional
Sumber: piqsels.com

Terkenal oleh beberapa orang sebagai obat untuk apapun, kamomil biasanya orang gunakan untuk meredakan kecemasan dan meningkatkan relaksasi.

Chamomile biasa orang konsumsi sebagai teh atau bisa juga Anda oleskan sebagai kompres untuk menyembuhkan luka dan untuk mengurangi peradangan atau pembengkakan. Ini dapat meningkatkan rasa ngantuk yang obat-obatan, herbal atau suplemen lain sebabkan.

Kamomil juga dapat Anda gunakan untuk kulit (topikal) untuk mengobati iritasi kulit akibat pengobatan kanker radiasi loh! Kamomil jika dalam bentuk kapsul dapat Anda gunakan untuk mengontrol muntah selama kemoterapi.

Lavender (Bunga)

bunga obat tradisional
Sumber: pixabay.com

Bunga ungu aromatik ini memiliki posisi yang cukup kuat pada antara penelitian, yang terutama berfokus pada kemampuan anti-kecemasannya. Manfaat penenangnya bisa membantu orang mendapatkan tidur nyaman yang sangat mereka butuhkan.

Lavender terbukti mamou menenangkan dalam penelitian yang mereka lakukan pada antara pasien gigi, sementara penelitian lain menegaskan bahwa lavender dapat secara langsung memengaruhi suasana hati dan kinerja kognitif.

Baru-baru ini, ada penemuan bahwa lavender juga membawa manfaat anti-inflamasi. Ini paling efektif jika encer dan Anda oleskan pada kulit atau dapat Anda gunakan dalam aromaterapi.

Menyalakan lilin aromaterapi dalam ruangan dapat membantu mengembalikan mood juga memberi efek menenangkan sebagai sarana relaksasi. Ini adalah rekomendasi produknya:

Lilin Aromaterapi Lavender

Yankee Lovely Lavender Lilin Aromaterapi 340 Gr

Belilah lilin aromaterapi yang memiliki wangi lavender yang terbuat dari campuran parafin alami, sehingga aman untuk Anda gunakan. Selain itu, pilihlah lilin yang tidak menimbulkan asap yang terlalu berlebihan.

Bawang Putih (Akar)

akar obat tradisional
Sumber: pixabay.com

Tanaman obat tradisional ini telah orang gunakan di seluruh dunia dalam masakan dan terbukti mempunyai banyak khasiat obatnya. Bawang putih telah terbukti memiliki sifat antimikroba, kardioprotektif, antikanker dan anti-inflamasi.

Sifat-sifat ini mungkin berperan dalam keyakinan bahwa bawang putih membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Sayangnya, buktinya saling bertentangan. Beberapa menganggap bahwa bawang putih aman.

Tetapi, bisa meningkatkan risiko pendarahan dan tidak boleh Anda gunakan dengan warfarin, pengencer darah. Untuk alasan yang sama, jumlah besar tidak boleh Anda konsumsi sebelum prosedur atau operasi gigi.

Jahe (Akar)

akar obat tradisional
Sumber: pixabay.com

Jahe paling umum terkenal sebagai ramuan untuk meredakan mual dan mabuk perjalanan. Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat meredakan mual yang disebabkan oleh kehamilan dan kemoterapi.

Area lain yang diselidiki dalam penggunaan jahe adalah dalam pembedahan dan sebagai agen antikanker. Berbagai manfaatnya mungkin disebabkan karena efek anti-inflamasi dan antioksidannya yang kuat.

Efek samping yang mungkin Anda bisa alami adalah kembung, gas, mulas, dan mual pada orang-orang tertentu.

Kunyit (Akar)

akar obat trandisional
Sumber: pixabay.com

Kunyit terpercaya memiliki khasiat antikanker dan dapat mencegah mutasi DNA. Juga sebagai anti-inflamasi dan dapat Anda konsumsi sebagai suplemen dan telah orang gunakan secara topikal untuk orang dengan arthritis yang ingin meredakan ketidaknyamanan.

Kunyit juga orang gunakan di seluruh dunia sebagai bahan memasak, yang membuatnya menjadi sumber tepercaya yang kaya akan antioksidan dan bumbu lezat untuk banyak hidangan.

Ginseng (Akar)

akar obat tradisional
Sumber: flickr.com

Ginseng digunakan sebagai tonik dan afrodisiak, bahkan sebagai obat untuk semua. Ada banyak variasi kualitas ginseng yang tersedia. Efek sampingnya adalah tekanan darah tinggi dan takikardia.

Tetapi tidak boleh Anda gunakan dengan warfarin, heparin, obat antiinflamasi nonsteroid, estrogen, kortikosteroid, atau digoksin. Terakhir, penderita diabetes sebaiknya tidak menggunakan ginseng sebagai obat tradisional untuk meningkatkan kesehatannya.

Nah, sekarang Anda sudah tahu 8 tanaman obat tradisional yang Bermanfaat untuk Anda. Terakhir, ingat hindari penggunaan tanaman obat tradisional kepada bayi dan anak-anak serta bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui.

Kedua produk rekomendai diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!