4 Cara Memilih Mouse Buat Bekerja Agar Lebih Produktif

0
473
tips memilih mouse untuk bekerja

Fungsi mouse adalah untuk menggontrol kursor yang terdapat di layar komputer, dari membuka file hingga menjalankan program. Untuk itulah, kita perlu memilih mouse yang tepat agar bisa mendukung pekerjaan kita dengan baik. 

Mouse yang tidak nyaman bisa mengurangi produktivitas kita saat bekerja. Tidak hanya itu, salah memakaia mouse juga dapat membuat tangan kita mudah merasa lelah.

Ruparupa Banner

Apalagi, mouse menjadi komponen terpenting yang akan memudahkan kita saat mengontrol layar komputer atau laptop di rumah.

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Mouse Komputer yang Benar?

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan ketahui seperti apa kriteria  mouse komputer yang tepat. Tenang, kami akan membahasnya satu per satu.

1. Pertimbangkan model mouse

Model mouse komputer terdiri dari tiga jenis, yaitu wired (dengan kabel), wireless dengan bluetooth, dan wireless dengan USB.  Mouse wired atau berkabel biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau. Selain itu, tingkat presisi mouse lebih baik.

Namun, model satu ini bisa membuat area gerak dibatasi oleh panjang kabel. Selain itu, kabel mouse juga mudah kusut jika tidak sering merapikannya. 

Baca Juga:   5 Tips Memilih Baju Olahraga yang Nyaman dan Tepat

Agar lebih praktis, kita bisa memilih mouse wireless atau tanpa kabel. Jadinya, kita pun  lebih leluasa menggunakannya pada jarak yang jauh. Sayangnya, model mouse wireless biasanya membutuhkan baterai untuk mengoperasikannya.

memilih mouse
Pilih mouse tanpa kabel biar lebih fleksibel saat bergerak, seperti Ataru Mouse Wireless I330 – Biru satu ini.

2. Pilih mouse yang nyaman digenggam

Tahukah kamu kalau ternyata tidak semua mouse nyaman untuk digenggam, bisa saja  ukuran mouse terlalu besar atau kecil.  Untuk itulah, sebelum membeli, kita bisa mencoba mouse tersebut.

Pastikan memilih mouse dengan ukuran yang sesuai dengan lebar telapak tangan, ya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan mouse yang didesain dengan lekukan pada sisi kanan-kiri agar lebih mengikuti bentuk tangan.  

3. Perhatikan DPI mouse

Salah satu spesifikasi utama yang harus diperhatikan adalah DPI atau dots per inch, yaitu angka yang menunjukkan seberapa jauh pointer mouse bergerak untuk setiap inci di layar PC atau laptop. 

Umumnya, mousememiliki DPI  berukuran 400 hingga 3000. Semakin tinggi DPI, maka kita semakin leluasa untuk bergerak. Sedangkan untuk DPI rendah lebih cocok buat digunakan dalam pekerjaan yang detail.

Namun, kita bisa menggunakan mouse standar dengan ukuran 400-800 DPI.  

Baca Juga:   4 Fungsi Table Runner dan Tips Memilihnya untuk di Rumah
memilih mouse Ataru Mouse Wireless - Pink Muda
Ataru Mouse Wireless – Pink Muda

4. Pertimbangkan fitur tambahan pada mouse

Mouse gaming biasnaya dilengkapi dengan banyak tombol dibagian kanan dan kirinya.Tombol tambahan di sisi mouse berfungsi sebagai shortcut atau jalan pintas. Kamu bisa mengaturnya terlebih dahulu agar shortcut bisa sesuai dengan yang diinginkan.

Misalnya, jika ingin melakukan Undo atau Back, kamu bisa menekan tombol 1. Kamu bisa menggunakan mouse dengan fitur tambahan ini untuk mempermudah pekerjaan.

Ada juga mouse dengan fitur silent click agar suaranya tidak berisik saat digunakan. Selain itu, kamu bisa memakai mouse yang dilengkapi dengan lampu.

memilih mouse untuk bekerja

Itu dia beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat akan memilih mouse untuk bekerja. Kamu bisa membeli mouse dan perlengkapan komputer lainnya hanya di ruparupa.com.

miliki perlengkapan ruang kerja praktis hemat hingga 50% klik di sini

Melalui situs belanja ini, kamu juga bisa mendapatkan perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Ataru, dan lain-lain. 

Nah, kami punya beberapa rekomendasi mouse berkualitas yang bisa kamu beli di sini.

Ataru Mouse Wireless I330
Ataru Mouse Wireless I330

Beli di sini

Ataru Mouse Wireless I361 - Pink
Ataru Mouse Wireless I361 – Pink

Beli di sini

Ataru Mouse Wireless
Ataru Mouse Wireless

Beli di sini

Ataru Wireless Keyboard K902 & Mouse M31
Ataru Wireless Keyboard K902 & Mouse M31

Beli di sini