7 Peralatan Gaming Buat Pemula yang Wajib Punya

0
402

Bagi sebagian orang, bermain game merupakan salah satu cara untuk melepas penat dan menghibur diri setelah beraktivitas seharian. Bahkan, ada juga yang menjadikan game lebih dari sekedar hobi, melainkan bagian dari pekerjaannya. 

Apalagi, saat ini ada banyak platform game favorit yang bisa kita gunakan, seperti Steam, Origin, Epic Games, Battlenet, serta Dota.

Ruparupa Banner

Nah, agar mendapatkan pengalaman main game yang lebih seru, tentu kita memerlukan peralatan gaming yang memadai di rumah. Pasti mau ‘kan bisa menjadi pro-player saat bermain game?

Lalu, Apa Saja Perlengkapan Gaming yang Kita Butuhkan di Rumah?

Kali ini, kami sudah mengumpulkan beberapa rekomendasi perlengkapan gaming yang bisa kamu miliki di rumah.

1. Laptop atau PC 

Peralatan gaming pertama yang wajib kamu miliki adalah laptop atau komputer dengan spesifikasi yang memadai. Dilansir dari virtuix.com, kamu harus memilih komputer dengan spesifikasi minimum sebagai berikut. 

  • Processor: Intel Core i5-6600K @ 3.5Hz
  • RAM: 8 GB
  • Graphic: NVIDIA GeForce GTX 1070 8GB
  • Hard Drive: 500 GB SSD

Jika ingin lebih praktis dan menghemat tempat, kamu bisa menggunakan laptop. Namun, kalau ingin pengalaman gaming jadi lebih seru, cobalah menggunakan set komputer lengkap, mulai dari monitor hingga CPU yang bisa kamu rakit sendiri. 

2. Meja gaming atau komputer

Tentunya, layar monitor dan komputer perlu diletakkan di tempat yang aman dan memadai. Untuk itu, kamu harus memiliki meja dengan permukaan cukup luas agar bisa menampung seluruh peralatan gaming

Pastikan kamu memilih meja gaming yang memiliki slot khusus untuk meletakkan beberapa peralatan gaming, seperti monitor, keyboard, CPU, serta tempat botol minum. Ini dia rekomendasi meja gaming terbaik yang bisa kamu beli.

Baca Juga:   Kursi Gaming atau Kursi Kantor, Mana yang Nyaman?
Raptor Meja Gaming - Hitam
Raptor Meja Gaming – Hitam

Beli di sini

3. Kursi Gaming

Agar lebih seru saat bermain, kamu perlu memilih kursi gaming terbaik. Pilih kursi dengan bantalan empuk, memiliki sandaran lengan dan kepala, dilengkapi dengan roda, serta ketinggiannya dapat diatur.

Selain memakai kursi gaming, kamu juga tetap bisa memilih kursi kantor yang memiliki fitur lengkap dan dudukan empuk. Berikut ini rekomendasi kursi gaming yang bisa kamu beli. 

Cygnus Kursi Gaming - Biru
Cygnus Kursi Gaming – Biru

Beli di sini

Kevin Kursi Gaming - Merahhitam
Kevin Kursi Gaming – Merahhitam

Beli di sini

4. Keyboard

Saat terlalu fokus bermain game, terkadang kamu tidak sadar menekan tombol keyboard terlalu kencang. Inilah yang membuat keybord jadi mudah rusak

Lebih baik  gunakan keyboard eksternal yang bisa kamu sambungkan ke laptop dan PC menggunakan kabel USB atau secara wireless dengan bluetooth. Kamu juga bisa memakai keyboard khusus gaming, yang punya ukuran full atau 60% saja agar lebih ringkas. 

Jadinya, kamu bisa main game dengan lebih seru, lho. Berikut rekomendasi keyboard yang bisa jadi pilihan buat kamu.

Ataru Wireless Keyboard K921 & Mouse M31
Ataru Wireless Keyboard K921 & Mouse M31

Beli di sini

5. Mouse

Peralatan gaming yang juga tidak kalah pentingnya adalah mouse. Banyak sekali game PC yang mengharuskan kamu menggunakan mouse untuk memainkannya. Sedangkan bila kita memakai touchpad di laptop, justru akan menghambat gerakan kita. 

Oleh karena itu, pilihlah mouse dengan kualitas dan kecepatan yang baik. Pastikan kamu memilih dots per inch (dpi) yang tepat, seperti berikut ini.

  • 1000 – 1600 DPI untuk game MMOs dan RPG.
  • 400 – 1000 DPI untuk game FPS atau jenis tembak-tembakan lainnya.
  • 400 – 800 DPI untuk game MOBA
  • 1000 – 1200 DPI untuk game Real-time Strategy
Baca Juga:   7 Rekomendasi Kursi Gaming Terbaik Buat di Rumah

Selain itu, pilihlah mouse yang tidak terlalu berat dan ukurannya pas di tangan agar lebih nyaman dan tidak mudah lelah. Berikut ini rekomendasi mouse yang bisa kamu beli.

Ataru Mouse Wireless I330 - Abu-abu
Ataru Mouse Wireless I330 – Abu-abu

Beli di sini

Ataru Mouse Wireless I361 - Pink
Ataru Mouse Wireless I361 – Pink

Beli di sini

6. Headset

Audio menjadi salah satu hal terpenting yang mendukung jalannya permainan, khususnya pada game FPS. Jadi, kamu perlu menggunakan headset untuk dapat mendengarkan dengan jelas berbagai suara, seperti langkah kaki, asal suara tembakan, atau petunjuk-petunjuk lainnya.

Pilih headset dengan teknologi surround sound agar bisa mendapatkan efek suara yang menyeluruh dari segala sisi. Hal ini bisa membuat kamu merasa seakan-akan berada di dalam game yang sedang dimainkan, bukan? 

Gunakan juga headset yang dilengkapi dengan mic dan fitur noise-cancelling agar suara berisik dari luar tidak ikut masuk dan terdengar dalam game.  Ini dia rekomendasi headset untuk kamu.

Ataru Headphone Bluetooth P2
Ataru Headphone Bluetooth P2

Beli di sini

7. Mouse pad

Kamu juga memerlukan mouse pad atau alas untuk menggunakan mouse saat bermain game. Jika tidak menggunakannya, sensitivitas mouse bisa jadi berkurang.

Pilihlah mouse pad dengan area gerak yang cukup luas agar kamu bisa menggerakkan mouse lebih leluasa. Kamu bisa menggunakan yang berukuran besar, yaitu sekitar 40 x 90 cm dan dilengkapi dengan lampu LED RGB, seperti yang berikut ini.

Kylo Mouse Pad Gaming Rgb
Kylo Mouse Pad Gaming Rgb

Beli di sini

Nah, itulah ketujuh peralatan gaming yang wajib kamu miliki untuk menjadi seorang gamers pemula. Kamu bisa menemukan perlengkapan tersebut hanya di ruparupa.com

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai produk berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, Ataru, Eyesoul, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Eyesoul, dan lain sebagainya. 

Yuk, belanja sekarang dan dapatkan promo menarik dari ruparupa.com.