Cara Membuat Minyak Kelapa, Mudah dan Sehat

0
1935
minyak dari kelapa
Sumber: unsplash.com

Beberapa waktu ini, banyak orang bingung menghadapi kelangkaan minyak goreng di pasaran. Apalagi, minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk memasak sehari-hari, terutama bagi para pelakon bisnis makanan. 

Tidak hanya langka, harga minyak goreng pun terus naik. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Memasak tidak melulu harus memakai minyak goreng.

Ruparupa Banner

Ada beberapa cara alternatif atau pengganti minyak goreng yang bisa kamu gunakan dan buat di rumah. Misalnya, minyak dari kulit ayam dan minyak dari kelapa.

Nah, kalau kamu mencari alternatif minyak yang lebih sehat, maka minyak kelapa bisa menjadi jawabannya, lho.

Apalagi, minyak kelapa memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan tubuh, seperti bisa menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengurangi kadar lemak jahat, serta mencegah diabetes. 

Selain kamu bisa membeli minyak kelapa di pasaran, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat minyak kelapa pun cukup mudah dan praktis. Yuk, simak berikut ini.

Bahan

  • 5 buah kelapa parut
  • 5 liter air
minyak kelapa
Sumber: pixabay.com

Cara Membuat Minyak Kelapa

1. Campurkan kelapa parut dan air ke dalam satu wadah hingga merata. Siapkan wadah lain dan saringan, lalu peras campuran kelapa tersebut dengan kuat ke atas saringan agar bisa menjadi santan. Semakin kuat perasan, santan yang keluar akan bertambah banyak.

2. Kemudian, hasil perasan santan tersebut dapat kamu pindahkan ke wadah bening dan diamkan pada suhu ruangan selama kurang lebih 1 jam. Nantinya, santan akan terlihat menjadi dua lapisan, yaitu lebih bening di bagian bawah dan atasnya putih.

Baca Juga:   6 Cara Mencegah Virus Korona Varian Omicron

3. Tutup wadah dan simpan ke dalam kulkas atau freezer sampai bagian atas dari santan berwarna putih mengeras. Untuk durasi, kamu dapat menyesuaikannya dengan suhu kulkas masing-masing, ya.

4. Kemudian, masukkan bagian santan yang sudah mengeras ke dalam wajan. Nyalakan kompor dengan api kecil dan terus aduk bongkahan santan yang mengeras tersebut. Pastikan kamu tidak berhenti mengaduknya agar bagian bawah wajan tidak gosong.

5. Selama beberapa waktu, segera matikan api saat ampas santan sudah berubah warna menjadi coklat keemasan.

6. Siapkan saringan dan wadah, lalu tuangkan minyak kelapa ke dalamnya. Pastikan untuk menggunakan saringan yang berlubang tipis untuk memisahkan minyak dengan ampasnya ya, Ruppers.

7. Jika minyak sudah mencapai suhu ruangan, masukkan ke dalam stoples kedap udara agar lebih tahan lama.  

Mudah bukan membuatnya? Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan harga minyak yang semakin mahal dan langka. Cukup gunakan minyak kelapa buatan kamu sendiri di rumah, yang pastinya baik untuk kesehatan.

Namun, pastikan kamu menyimpan minyak di dalam stoples kedap udara agar kualitasnya tetap terjaga. Berikut ini kami punya rekomendasi stoples yang dapat kamu beli.

Elemental Kitchen 550 Ml Set 3 Pcs Stoples
Elemental Kitchen 550 Ml Set 3 Pcs Stoples

Beli di sini

Cerve 500 Ml Stoples Kaca Green Bio
Cerve 500 Ml Stoples Kaca Green Bio

Beli di sini

Manfaat Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, minyak ini juga bisa menjaga kesehatan kulit dan rambut. Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa yang bisa kamu dapatkan.

  • Meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan mencegah penyakit liver. 
  • Membantu menghilangkan stres akibat radikal bebas.
  • Baik untuk penurunan berat badan karena bisa membantu mengurangi nafsu makan.
  • Meningkatkan fungsi otak sehingga mengurangi risiko penyakit alzheimer dan sangat cocok untuk orang-orang lanjut usia.
  • Menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan polifenol, yang bisa mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah.
  • Dapat mengurangi risiko timbolnya jerawat di wajah karena memiliki senyawa anti-inflamasi.
  • Bisa membuat rambut lebih subur dan kuat.
Baca Juga:   Ini 5 Jenis Vaksin Booster yang Disetujui BPOM

Peralatan Masak Buat Bikin Minyak Kelapa

Namun, untuk membuat minyak kelapa juga membutuhkan peralatan masak yang berkualitas, lho.

Kamu dapat membeli wajan anti lengket, panci, spatula kayu, serta saringan, seperti berikut ini.

Cooking Color 28 Cm Keanu Wajan
Cooking Color 28 Cm Keanu Wajan

Beli di sini

Joyce Chen Set 3 Pcs Spatula Bambu
Joyce Chen Set 3 Pcs Spatula Bambu

Beli di sini

 

Krischef Saringan 17.8 Cm
Krischef Saringan 17.8 Cm

Beli di sini

Krischef Saringan Dapur 10 Cm
Krischef Saringan Dapur 10 Cm

Beli di sini

Semua peralatan masak tersebut bisa kamu dapatkan hanya di Ruparupa.com.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan kitchen set minimalis untuk dapur kecil, meja makan, hingga meja bar di situs belanja ini.

Tentunya, semua perlengkapan rumah tangga tersebut berkuliatas terbaik karena dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain. Ada banyak promo juga kalau kamu belanja di sini, lho. 

Yuk, bikin minyak sendiri di rumah biar lebih hemat dan praktis.