Semakin Langka, Ini Dia 8 Pengganti Minyak Goreng

0
6209
pengganti minyak goreng
Sumber: Pexels.com

Minyak goreng sawit belakangan ini menjadi barang langka yang sulit ditemukan. Mengingat minyak goreng merupakan komoditas penting dalam kehidupan sehari-hari, tentu hal ini menjadi permasalahan yang cukup serius ya, Ruppers.

Berbagai cara mulai dilakukan oleh banyak orang ntuk mengatasi kelangkaan minyak goreng ini. Salah satunya yang paling efektif adalah dengan mencari pengganti minyak goreng.

Ruparupa Banner

Apa Saja Alternatif Pengganti Minyak Goreng?

Lalu, apa saja alternatif pengganti minyak goreng yang bisa kita gunakan untuk masak? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini kami sudah menyiapkan beberapa alternatif pengganti yang bisa kamu gunakan untuk memasak.

Jadinya, kamu tetap dapat membuat makanan yang lezat dan nikmat. Simak, yuk.

1. Mentega

Mentega adalahn produk olahan yang terbuat dari susu hewani. Biasanya, mentega digunakan untuk membuat olahan kue dan roti

Namun, kamu juga bisa memakai mentega untuk memasak makanan yang membutuhkan sedikit minyak, seperti sosis dan telur. Apalagi, mentega ini dapat membuat aroma masakan menjadi lebih wangi dan menggugah selera.

mentega pengganti minyak goreng
Sumber: Unsplash.com

2. Margarin

Sebagian orang masih menganggap bahwa mentega dan margarin adalah sama. Namun, keduanya sesungguhnya berbeda, lho.

Margarin adalah bahan pengganti mentega yang terbuat dari minyak nabati. Biasanya, memiliki warna yang lebih pucat daripada mentega.

Nah, seperti mentega, margarin juga bisa menjadi alternatif untuk memasak makanan yang membutuhkan sedikit minyak. Tenang, hasil masakan dengan menggunakan margarin akan terasa lebih gurih.

margarin pengganti minyak goreng
Sumber: Pexels.com

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun cukup populer di kalangan orang yang sedang berdiet karena kandungan lemak tak jenuhnya.

Baca Juga:   10 Menu Buka Puasa Murah dan Praktis, Wajib Dicoba!

Ternyata, kamu juga bisa memakai minyak zaitun untuk metode memasak yang membutuhkan sedikit minyak, seperti menumis dan sebagai dressing salad

Namun, minyak zaitun memiliki titik asap yang rendah, yaitu 176 derajat celcius. Ketika titik asap tersebut dilewati, kandungan pada minyak zaitun menjadi rusak sehingga kurang baik untuk dikonsumsi. 

Jadi, pastikan kamu memperhatikan suhu minyak zaitun ketika masak agar tetap sehat.

minyak zaitun
Sumber: Unsplash.com

4. Minyak Canola

Minyak canola terbuat dari biji tanaman Canola yang dihancurkan. Jenis minyak ini hanya boleh digunkan untuk menumis, memanggang, dan menggoreng makanan dengan metode pan-frying. 

Jadi, hindari metode memasak deep-frying karena minyak canola memiliki titik asap pada suhu 204 derajat celcius.

Apabila dipakai dengan tepat, minyak kanola mampu memberikan banyak manfaat, seperti menurunkan kolesterol, menjaga berat berat badan, dan memberikan asam amino yang cukup untuk vegetarian.

minyak kanola
Sumber: Eatthis.com

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa terkenal memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh, seperti menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Kamu dapat menemukan dua jenis minyak kelapa di pasaran, yakni minyak kelapa murni dan minyak kelapa biasa.

Minyak kelapa murni cocok untuk menggoreng dan menumis, soalnya, minyak ini memiliki titik asap yang tinggi, yaitu 232 derajat celcius.

Namun, titik asap minyak kelapa biasa berada pada suhu 177 derajat celcius sehingga lebih baik untuk memanggang dan memasak dalam suhu rendah.

Kamu bisa membuat sendiri minyak kelapa di rumah, lho. Nah, cara membuat minyak kelapa pun cukup mudah. Kamu bisa mengikutinya di sini. 

minyak kelapa
Sumber: Pexels.com

6. Minyak Alpukat

Minyak alpukat merupakan minyak yang diekstrak dari buah alpukat. Jenis minyak ini cukup serbaguna untuk segala metode masakan karena memiliki titik asap yang cukup tinggi, yakni 271 derajat celcius.

Baca Juga:   7 Makanan Ini Tidak Boleh Dimasak Pakai Air Fryer

Jenis minyak satu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah kanker. 

Selain itu, minyak alpukat juga bisa kamu gunakan untuk perawatan wajah karena kandungan sterolinnya yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

minyak alpukat
Sumber: Eatthis.com

7. Minyak dari Kulit Ayam

Selain membuat minyak kelapa, kamu juga bisa membuat minyak dari bahan hewani, seperti minyak kulit ayam. Cara membuat minyak kulit ayam pun cukup mudah.

Kamu hanya membutuhkan kulit ayam, lalu masak di atas wajan anti lengket sampai berwarna kecokelatan. Saat memasaknya, kamu tidak perlu memakai apa pun, agar minyak dari kulit ayam bisa keluar dengan sendiri.

Sedangkan bagian kulitnya, bisa kamu jadikan camilan dengan menambahkan sedikit garam.

8. Air Fryer

Sebagai pengganti minyak goreng, air fryer menawarkan solusi memasak tanpa minyak karena bekerja dengan cara menyebarkan udara panas di sekeliling makanan. 

Makanan yang dimasak menggunakan air fryer akan menghasilkan kandungan lemak lebih sedikit dibanding makanan yang dimasak dengan minyak.

Buat kamu yang baru pertama kali menggunakan air fryer, bisa langsung melihat tips cara memasak dengan alat satu ini di sini.

Kami juga menyediakan air fryer terbaik untuk memudahkan kamu dalam memasak, lho, seperti berikut ini.

air fryer
Klaz Air Fryer 3 Ltr – Hitam
Gunakan air fryer sebagai pengganti minyak goreng untuk hidup lebih sehat.

Beli di sini

air fryer hitam gold
Klaz 3.5 Ltr Air Fryer Digital 1500 Watt – Hitam/gold
Air fryer serbaguna dengan sirkulasi udara 360 derajat untuk makanan matang secara merata.

Beli di sini

air fryer pengganti minyak goreng
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr – Putih
Buat hasil makanan kamu lebih sehat dan kaya rasa dengan air fryer ini.

Beli di sini

air fryer hitam pengganti minyak
Philips 4.1 Ltr Air Fryer Hd9252/90 – Hitam
air fryer dengan tampilan LED untuk memudahkan kamu dalam memasakn.

Beli di sini

Nah, kamu bisa mendapatkan rekomendasi air fryer di atas hanya dengan melalui ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan rumah tangga dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, saatnya memasak dengan lebih sehat.