11 Cara Merawat Pohon Mangga di Rumah

0
1423
cara merawat pohon mangga

Pohon mangga merupakan salah satu tanaman favorit untuk ditanam. Selain karena buahnya yang enak, pohon mangga juga dapat memberi kesan sejuk pada rumah. Tentunya agar dapat menghasilkan buah yang banyak, kamu harus memperhatikan bagaimana cara merawat pohon mangga dengan baik di rumah. 

11 Cara Merawat Pohon Mangga

Berikut 11 cara merawat pohon mangga yang dapat kamu coba agar pohonmu menghasilkan buah yang banyak :

Tanam dua pohon mangga

Pohon mangga merupakan tanaman yang melakukan proses penyerbukan siang, sehingga dengan adanya dua pohon, maka bunganya tidak mudah rontok. Pohon dengan bunga yang banyak dan sehat akan menghasilkan buah yang banyak juga.

Atur jarak pohon dengan rumah

Menanam dua pohon mangga di lingkungan yang sama memang hal yang bagus, tetapi kamu juga tetap harus mengatur jarak pohon mangga dengan rumahmu. Kamu harus memperhatikan jarak ini agar tetap dapat memberikan keseimbangan terhadap zat, unsur hara dan juga air terhadap pohon. 

Jika jarak berdekatan, pohon tersebut akan sulit tumbuh dan bahkan tidak dapat berbuah. Selain itu, dengan mengatur jarak antara rumah dengan pohon, kamu kondisi kabel rumah yang berada di bawah tanah juga tidak terganggu.

Taburkan dolomit

Pemupukan merupakan hal yang sangat penting dan dapat membantu pertumbuhan tanaman. Begitu juga dengan pohon mangga. Kamu dapat menggunakan dolomit atau pupuk kapur untuk memupuknya. Kandungan kalsium dan magnesium dapat merangsang pohon untuk dapat tumbuh lebih produktif. Dolomit juga dapat membantu menetralkan pH tanah yang terlalu asam.

Lakukan pemangkasan

cara merawat pohon mangga dengan memangkasnya
Sumber : pertanianku.com

Pemangkasan pohon tentunya penting dilakukan karena akan meningkatkan produktivitasnya. Hal tersebut juga akan memunculkan tunas vegetatif dan generatif sehingga percabangan pohon akan semakin luas dan memunculkan lebih banyak buah. 

Selain itu, pemangkasan juga ternyata dapat membantu menghindari hama penyakit dari pohon, mengurangi kelembapan, dan juga mempercepat tanaman berbuah. Kamu dapat memangkas dahannya menggunakan gunting dahan

Berikan zat pengatur tumbuh (ZPT)

Salah satu cara untuk membuat pohon mangga kamu berbuah lebat adalah dengan memberikan zat pengatur tumbuh atau ZPT ini. Di dalam ZPT terkandung bahan aktif paklobutrazol yang dapat merangsang pohon untuk berbunga. Aplikasikan ZPT pada pohon yang sudah memasuki usia produktif (±5 tahun).

Beri nutrisi yang cukup

Pemberian nutrisi merupakan hal yang sangat penting bagi pertumbuhan pohon. Kamu harus memenuhi berbagai nutrisi bagi pohon mangga kamu, seperti cukup air, pupuk, dan unsur hara (fosfor dan protein). Dengan tercukupinya nutrisi tersebut, pohon kamu pasti akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang banyak.

Berikan luka pada batang

melukai pohon mangga
Sumber : flamboyanasri.com

Tahukah kamu ternyata dengan memberi luka pada batang pohon mangga ternyata dapat meningkatkan produktivitasnya ? Kamu dapat membantu pohonmu berbuah banyak dengan cara ini agar nutrisi pohon tidak tersalurkan ke akar dan hanya fokus ke batang saja. Jadi, nutrisi yang bertumpuk di batang akan berubah menjadi cadangan makanan berupa buah. 

Kamu dapat memberi luka pada bagian leher dan pangkal batang hingga terlihat jaringan kayunya. Cara yang dapat kamu lakukan diantaranya adalah penyayatan, pengerokan, pencacahan, dan lain-lain. 

Lakukan pelilitan batang

pelilitan batang
Sumber : ilmubudidaya.com

Sama seperti pemberian luka pada batang, pelilitan batang ini juga dilakukan agar hasil fotosintesis pada daun tidak turun ke akar. Dengan begitu, hasil fotosintesis tadi akan beralih ke buah. 

Kamu dapat melakukan pelilitan pada batang utama, batang primer, dan cabang tanaman. Gunakan kawat untuk melilitnya sekencang mungkin agar dapat berbuah lebat.

Lakukan pelengkungan batang

Jika kamu ingin merangsang produktivitas buah, lakukanlah pelengkungan batang ini. Hal ini memungkinkan pohon mangga melakukan pertumbuhan generatif dan dapat menumbuhkan bunga. 

Kamu dapat melakukan pelengkungan batang dengan membuat batang menjadi datar, sehingga nutrisi, air, dan unsur hara dapat terhambat ke akar. 

Cegah hama pada pohon

Kamu juga harus memperhatikan pohon mangga-mu agar tidak diserang hama. Salah satu hama yang sering mengganggu pertumbuhan pohon adalah wereng yang menjadi penyebab utama bunga menjadi rontok. Periksalah ujung bunga untuk melihat apakah ada hama ini. 

Selain itu, lalat buah juga merupakan hama yang sangat mengganggu buah. Hama ini dapat menghisap sari makanan dan meninggalkan jamur yang akan membuat buah cepat busuk dan rontok. Kamu dapat menjebak lalat ini dengan menggunakan batang pisang berlumur oli.

Rawat dan siram secara rutin

Pohon mangga kamu tidak dapat tumbuh dengan baik tanpa bantuan kamu. Buah yang baik tentunya bersumber dari bagaimana perawatan yang diterimanya. Lakukanlah perawatan dan penyiraman secara rutin agar pohonmu dapat tumbuh dengan subur.

Nah, jadi itu tadi 11 cara merawat pohon mangga di rumah yang dapat kamu coba. Jika kamu mengikutinya dengan benar, pastinya pohon kamu dapat menghasilkan buah yang banyak. Berikut beberapa rekomendasi produk dari Ruparupa.com yang dapat kamu gunakan untuk merawat pohon mangga :

Yardsmith Ratcheting Anvil Pruner Pemotong Dahan 608002
Yardsmith Ratcheting Anvil Pruner Pemotong Dahan 608002 beli di Ruparupa.com
Kris Garden Penyiram Tanaman 5 Ltr
Kris Garden Penyiram Tanaman 5 Ltr beli di Ruparupa.com