8 Cara Jitu Mencegah Kerumunan Semut

0
3527

Suka atau tidak suka, binatang yang kecil ini pasti sering Anda jumpai di mana pun. Semut memiliki keunikan yang berbeda dari spesies lain. Pasalnya, binatang yang satu ini tidak merasa takut ataupun terganggu dengan keberadaan manusia di sekitarnya. Tak jarang pula kita menemukan semut yang secara berkoloni mengitari satu objek remah makanan di lantai.

Kehadiran semut pasti tidak akan pernah diharapkan oleh sang pemilik rumah, terutama saat melihat banyak semut yang bersarang atau mencari makan pada area dapur. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan Anda di rumah.

Ruparupa Banner

8 Cara jitu mencegah kerumunan semut

 Ada beberapa penyebab kemunculan semut pada area rumah Anda. Seperti adanya deteksi sumber makanan ataupun area yang lembab dan nyaman untuk menjadi sarang berteduh kumpulan semut tersebut. Bila sebelumnya kita sudah mengetahui cara membasmi semut, nah, berikut ada cara jitu yang perlu Anda lakukan untuk mencegah hadirnya kerumunan semut di rumah.

1. Bersihkan permukaan secara berkala

Pastikan Anda selalu membersihkan area permukaan, seperti lantai, meja makan, dan juga lemari secara berkala. Tanpa kita sadari, remah-remah makanan yang berjatuhan akan menjadi peluang bagi semut untuk berkerumun di satu area.

Keteledoran yang jarang diperhatikan ini menjadi salah satu penyebab semut dapat dengan mudah memperoleh akses untuk mengitari rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan kondisi area rumah Anda tetap higienis agar semut tidak datang menyerang.

2. Mencegah semut dengan menggunakan wadah berkualitas

Simpan semua cemilan dan bahan makanan Anda dalam wadah yang tertutup rapat, seperti plastik zip lock dan toples kedap udara. Pasalnya, makanan yang tidak tertutup dengan rapat memudahkan semut untuk mengakses sumber makanan tersebut.

Baca Juga:   Blender Terbaik untuk MPASI

3. Perbaiki lantai dan dinding keropos

Selain mengganggu estetika, rupanya lantai dan dinding yang retak juga dapat menjadi sarang tempat tinggal semut. Sebagai solusi, Anda dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi pada keramik berkualitas bagus agar semut tidak dapat menerobos dan membuat sarang di dinding, contohnya memakai marmer.

Anda juga dapat mencoba menutup celah secara berkala agar tidak menjadi potensi sarang berkumpulnya semut. Tips ini akan membatasi area gerak semut di rumah.

4. Ruangan yang lembab

Ruangan yang lembab merupakan salah satu ciri lokasi yang disukai oleh semut. Maka dari itu, pastikan sirkulasi udara di rumah Anda tetap terjaga. Tidak hanya untuk menghindari semut, sirkulasi udara yang baik juga bagus bagi kesehatan.

5. Tanaman hias manis

Tanaman hias memang memiliki bentuk yang cantik dan menarik. Namun, ada beberapa tanaman hias yang memiliki batang dan akar manis yang dapat mengundang semut, misalnya tanaman tebu dan pelem emas. Sebagai solusi, Anda dapat mencoba menaburkan obat pembasmi semut pada area sekitar pot.

6. Produk tidak dikunci dengan baik

Meski terkesan sepele, tetapi rupanya semut juga menyukai aroma dan rasa pada sejumlah produk perawatan diri, seperti pasta gigi, shampoo, dan sabun, yang kita gunakan. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menutup rapat kemasan produk peralatan mandi setelah pemakaian agar tidak menjadi kerumunan semut.

7. Buah-buahan

Umumnya, buah-buahan memang memiliki kandungan gula alami, terutama pada buah matang karena memiliki kulit yang lebih lembut dan mudah ditembus oleh semut. Maka dari itu, Anda wajib menyimpan buah matang ke dalam lemari es dan menggunakan wadah kedap udara.

Baca Juga:   Cara Membuat Bonsai yang Mudah untuk Pemula

8. Hewan peliharaan

Jagalah hewan peliharaan Anda agar selalu bersih, terutama jika hewan peliharaan Anda sering berada di area luar ruangan. Pastikan ia tidak membawa sesuatu dari luar ke dalam rumah Anda.

Selain itu, Anda dapat memberikan latihan kepada hewan peliharaan agar tidak bertindak ceroboh dan menumpahkan barang di dapur. Anda juga perlu membersihkan semua tempat makan hewan peliharaan agar tetap higienis.

Rekomendasi produk untuk mencegah semut

Kehadiran semut sendiri pastinya akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat meletakkan makanan di rumah Anda sendiri. Menggunakan bahan alami memang terkenal ampuh untuk mengusir semut secara singkat. Namun, jika dilakukan secara terus menerus, tidak semua cara tersebut dapat membunuh semut hingga ke akar titik ratu semut.

Ini dia produk yang dapat kami tawarkan untuk membantu mencegah semut di rumah Anda. Harga terjangkau dan penggunaan praktis akan memudahkan Anda untuk membasmi semut.

obat mencegah semut
Dapatkan obat pembasmi semut berkualitas hanya di Ruparupa.com

Conant merupakan obat pembasmi yang banyak disukai oleh semut dan kecoa. Tekstur dan rasanya yang gurih membuat semut akan memanggil koloninya untuk mengangkut seluruh serbuk yang ada. Anda hanya perlu meletakkannya pada area yang sering dilewati oleh semut dan membiarkannya membawa habis serbuk ke dalam sarangnya. Setelah memakan serbuk tersebut, semut dan ratu semut perlahan akan mati. Voila! Saatnya say, goodbye pada semut membandel.

Anda dapat mendapatkan produk ini hanya di Ruparupa.com, situs yang menyediakan beragam kebutuhan furnitur dan rumah tangga lainnya. Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi Ruparupa.com dan dapatkan penawaran spesial lainnya.