10 Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

0
12962
buah dan minyak zaitun
Sumber: pexels.com

Buah kecil berwarna kuning, yang dikenal dengan sebutan buah zaitun, sudah terkenal bisa digunakan untuk beberapa hal, seperti memasak hingga merawat kecantikan kulit. Tidak hanya itu, buah zaitun juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, loh.

Manfaat Mengonsumsi Buah Zaitun

Buah zaitun memiliki banyak kandungan, yang bisa menutrisi tubuh kamu dan memberi manfaat baik untuk kesehatan. Apa saja itu? Simak berikut ini. 

Ruparupa Banner

1. Kandungan antioksidan yang tinggi

Buah zaitun mengandung antioksidan yang tinggi. Nah, kandungan antioksidan pada makanan terbukti dapat mengurangi berbagai risiko penyakit berbahaya, loh. 

Buah ini mampu melawan munculnya peradangan dan dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga bisa menghindari terjadinya infeksi dari bakteri.

2. Mencegah penurunan kualitas tulang

Manfaat buah ini berikutnya adalah dapat mengatasi masalah pada tulang, lho. Umumnya, masalah pada tulang yang sering terjadi adalah osteoporosis atau kondisi tulang yang mulai keropos, yang dapat berisiko menjadi patah tulang.

 Nah, untuk mencegahnya, kamu dapat mengonsumsi buah dan minyak zaitun sebagai pelindung bagi tulangmu. 

3. Mencegah hipertensi dan mengontrol gula darah

Manfaat lain dari buah ini adalah dapat mencegah terjadinya hipertensi. Kandungan antioksidan pada buah ini dapat membuat pembuluh darah lebih rileks, mengontrol tekanan darah dalam tubuh, dan menghindari peradangan. 

Selain itu, buah kecil satu inu juga mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan menjaganya tetap seimbang. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya diabetes.

4. Menurunkan kolesterol

Walaupun buah zaitun mengandung lemak yang cukup tinggi, yaitu 11-15 persen, tetapi itu merupakan lemak baik dan sehat, lho, Ruppers.

Kandungan ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Apalagi, untuk pemilik masalah kolesterol tinggi, konsumsi buah dan minyak zaitun akan menjadi solusi yang baik.

Baca Juga:   Wajib Tahu, Inilah Tekanan Darah Sesuai Usia!

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian yang paling sering terjadi di dunia. 

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya masalah pada jantung, seperti tekanan darah dan kadar kolesterol yang tinggi, serta penyumbatan pembuluh darah pada jantung.

Baik buah ataupun minyak zaitun sama-sama mengandung zat yang baik untuk mengatasi masalah pada jantung.

Kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada buah ini mampu menurunkan kolesterol, mengontrol tekanan darah, serta membuat pembuluh darah lebih rileks.

olive oil
Sumber: pexels.com

6. Menurunkan risiko kanker

Kandungan antioksidan dan zat antiinflamasi dalam zaitun juga dapat membantu perbaikan sel yang rusak akibat terpapar oleh radikal bebas. 

Selain itu, antioksidan dan asam oleat pada buah ini juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, khususnya pada usus besar, payudara, hingga perut.

7. Menjaga kesehatan kulit

Zaitun seringkali digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit dan menjadi solusi untuk kecantikan wajah dan tubuh. 

Buah ini memiliki kandungan zat oleic acid yang dapat membantu menjaga kelembutan dan kesehatan pada kulit. Selain itu, minyak dari buah ini juga dapat menyembuhkan luka pada kaki penderita diabetes, lho.

8. Memelihara fungsi otak

Manfaat buah zaitun lainnya adalah dapat memelihara fungsi otak. Buah ini mampu melindungi sistem saraf pada otak yang dapat membantu mencegah kepikunan, depresi, hingga penyakit Alzheimer. 

Kandungan lemak sehat pada minyak ini juga dapat memperlancar peredaran darah ke otak sehingga mampu mencegah terjadinya penyakit stroke. 

Baca Juga:   Tepat Lakukan Fogging Mandiri, Bebas Nyamuk Anopheles & Aedes Aegypti

9. Mengatasi sembelit

Sembelit biasanya terjadi karena kurangnya serat dalam tubuh. Oleh karena itu, penderitanya harus mengonsumsi serat dari sayuran dan buah-buahan untuk memperlancar saluran pencernaan. 

Nah, buah zaitun sering direkomendasikan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Apalagi, buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, antioksidan, hingga lemak sehat, yang juga bisa menurunkan risiko kanker usus.

10. Membantu penurunan berat badan

Buah zaitun juga sering digunakan untuk membantu penurunan berat badan. Mengonsumsi buah ini sebelum makan, dapat membuat kamu merasa lebih cepat kenyang dan menurunkan nafsu makan hingga 20 persen, loh. 

Selain itu, kandungan lemak sehat pada zaitun juga mampu menstimulasi hormon cholecystokinin pada tubuh , yang berfungsi untuk mengantarkan rasa kenyang ke otak. 

acar zaitun
Sumber: unsplash.com

Nah, itu dia 10 manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh kamu. Buah ajaib yang multifungsi ini ternyata memiliki manfaat yang sangat menakjubkan ya, Ruppers. 

Kamu dapat mengonsumsi buahnya secara langsung dan mengolahnya terlebih dahulu untuk menjadi makanan lezat, seperti acar zaitun atau topping pizza. Selain itu, kamu juga dapat mengganti minyak goreng di rumah dengan minyak zaitun ini agar lebih sehat.

Namun, kamu tetap harus mengonsumsinya dalam batas wajar agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya, ya.

Saat mengolah buah satu ini, pastikan menggunakan wadah yang tepat agar kandungan di dalamnya tidak hilang.

Nah, kamu bisa menemukan  berbagai perlengkapan dapur untuk mengolah buah zaitun menjadi makanan lezat hanya di Ruparupa.com.

Simak juga beberapa rekomendasi produk berikut ini, yuk!

Jarden Home 473 Ml Ball Mason Stoples
Jarden Home 473 Ml Ball Mason Stoples beli di Ruparupa.com.
Jika kamu punya acar buah zaitun di rumah, letakkan pada stoples kaca yang dapat tertutup rapat dan menyimpannya dengan aman agar kualitasnya tetap terjaga.

Beli di sini

Fox Run Sendok Buah Zaitun
Fox Run Sendok Buah Zaitun beli di Ruparupa.com.
Dengan sendok ini, kamu dapat mengambil acar buah zaitun dengan mudah tanpa khawatir terambil banyak air acarnya.

Beli di sini

Anchor Mangkuk Puding Crystal 177 Ml - 4 Pcs
Anchor Mangkuk Puding Crystal 177 Ml – 4 Pcs beli di Ruparupa.com.
Letakkan acar atau minyak zaitun ke dalam mangkok kecil ini untuk memudahkan kamu saat mengonsumsinya.

Beli di sini