Berkendara Aman Bersama si Kecil

0
234
Berkendara Aman Dengan Anak

Mobilitas orangtua yang padat kadang berimbas kepada anak. Tak jarang Anda harus mengajak anak ikut dalam aktifitas harian Anda dan berkendara seharian dari satu tempat ke tempat lain. Atau saat Anda ingin bertamasya ke luar kota bersama keluarga, Anda harus berkendara aman dengan anak. Banyak yang bertanya apakah aman berkendara bersama si Kecil? Jawabannya, aman dan nyaman tergantung dari persiapan Anda.

Apa yang harus dipersiapkan aga berkendara aman dengan anak?

1. Gunakan car seat

jual car seat Di beberapa negara mewajibkan anak usia 0-3 tahun duduk di baby car seat di bangku belakang. Meskipun Indonesia belum menetapkan aturan tersebut namun tak ada salahnya memberikan yang terbaik untuk si Kecil bukan? Pilihlah car seat yang sesuai dengan usia anak, sehingga si Kecil akan merasa nyaman selama perjalanan dan mengurangi kegelisahannya.

2. Persiapkan kendaraan

Pastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima dan lakukan servis secara berkala. Dengan servis berkala maka akan mengurangi risiko kerusakan selama dalam perjalanan. Selain itu servis berkala juga akan menghindarkan Anda dari kerusakan yang menumpuk dan bisa jadi menjalar kebagian lain dan pada akhirnya Anda harus merogoh kocek dalam untuk memperbaiki mobil.

pelindung matahari 3. Tambahkan pelindung sinar matahari

Saat matahari sedang terik, tak jarang sinarnya memancar secara langsung dari sisi jendela. Anda bisa menambahkan layar pelindung sinar matahari, dan tambahkan beberapa gambar favorit anak sebagai hiburan. Pastikan wajah dan mata bayi Anda terlindung dari sinar matahari langsung selama berkendara.

4. Kebutuhan bayi

Persiapkan berbagai kebutuhan si Kecil seperti pakaian ganti, diapers, susu, makanan, minuman dan mainan di dalam cabin mobil. Jika si Kecil sudah cukup besar untuk meraih makanan dan minumannya sendiri, tempatkan makanan dan minumannya pada wadah antitumpah dan letakkan di sisi carseat.

Demi keamanan, hindari penggunaan telepon genggam selama Anda menyetir. Jika si Kecil rewel atau menangis, menepilah, berikan apa yang dibutuhkan dan tenangkan anak. Hindari mengebut agar cepat sampai karena si kecil rewel atau menangis, lebih baik tenangkan si Kecil dulu, baru lanjutkan perjalanan. Selalu utamakan berkendara aman dengan anak.

penjernih udara mobil 5. Tambahkan penjernih udara

Selama perjalanan atau saat mobil terparkir, sirkulasi udara menjadi terbatas untuk itu sebaiknya tambahkan penjernih udara portabel untuk meningkatkan kualitas udara di dalam mobil. Selain itu, penjernih udara yang dinyalakan melalui socket lighter mobil ini juga mampu membunuh bakteri dan menghilangkan aroma tak sedap pada kabin.

penghangat minuman mobil 6. Penghangat botol minum

Beberapa anak yang terbiasa menikmati susu dengan suhu hangat akan mengalami kesulitan saat bepergian, karena bisa saja susu yang dipersiapkan sejak awal perjalanan tidak langsung diminum. Untuk itu lengkapi dengan penghangat botol minum yang terhubung dengan socket lighter di mobil Anda. Sehingga susu akan tetap hangat selama perjalanan.

7. Putar lagu favoritnya

Jangan lupa untuk memberikan hiburan selama perjalanan. Anda bisa memutar lagu favoritnya agar bisa bernyanyi bersama. Jangan lupa suara Anda juga bisa memberikan kenyamanan bagi si Kecil lho, dan jangan khawatir jika suara Anda tidak terlalu bagus, karena si Kecil tidak peduli dengan kualitas suara Anda, jadi tak ada salahnya untuk bernyanyi selama perjalanan kan.

8. Berkendara saat kondisi tubuh fit

Meski memperhatikan kebutuhan anak menjadi kewajiban orang tua, tapi jangan lupa juga untuk memperhatikan kebutuhan Anda sendiri. Beristirahatlah jika lelah dan penuhi kebutuhan Anda selama perjalanan. Dengan kondisi orangtua yang fit dan prima, tentunya akan lebih mampu mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin terjadi saat berkendara bersama si Kecil.

Apakah semua persiapan telah dipenuhi? Lengkapi berbagai kebutuhan Anda dan si Kecil selama perjalanan dalam rangkaian produk berkualitas dari Ruparupa.com.