Bepergian Menyenangkan dengan si Kecil

0
303
perlengkapan bayi saat perjalanan

Liburan anak dan libur Idul Fitri datang bersamaan tahun ini. Anda dan si kecil bisa berlibur bersama tanpa perlu mengambil cuti tambahan. Rencana perlu dibuat karena momen liburan anak sekolah yang berbarengan dengan Idul Fitri pasti akan membuat tempat wisata anak padat pengunjung. Berhubung yang berlibur berdua: para orang tua yang butuh suasana baru setelah kesibukan bekerja dan si kecil yang juga ingin bersenang-senang setelah ujian sekolah, maka kompromi harus dilakukan agar keduanya bisa menikmati liburan yang berkesan. Apabila anak masih bayi, maka peralatan dan perlengkapan bayi saat perjalanan juga harus disiapkan.

Anak-anak sebenarnya bisa jadi kawan perjalanan yang sangat menyenangkan. Penyesuaian tentu harus dilakukan. Para orang tua mungkin kini harus melewatkan momen “keluyuran” sampai malam saat jalan-jalan atau tidak bisa mencoba makanan super-aneh seperti biasa, tapi bukan berarti perjalanan akan jadi membosankan. Anak-anak justru bisa memberi warna dengan caranya sendiri.

Berikut tips agar perjalanan dengan si kecil jadi lebih menyenangkan:

1. Liburan bersama

Berhubung liburan anak kali ini bertepatan dengan momen Idul Fitri, Anda mungkin bisa merencanakan untuk berlibur sekaligus mudik bareng bersama anggota keluarga yang lain. Sepanjang perjalanan si kecil bisa bermain dengan sepupu-sepupunya. Mereka juga bisa saling tukar mainan favorit sehingga Anda tidak perlu membawa semua mainan mereka. Keuntungan yang lain, para orang tua bisa bergantian menjaga mereka saat berada di tempat wisata anak yang pasti ramai sehingga kerepotan pun berkurang.

A photo posted by Ruparupa (@ruparupacom) on

2. Jangan lewatkan waktu tidur

Biarkan mereka tetap mendapatkan waktu tidurnya, terutama jika bepergian dengan balita. Anak yang mengantuk bisa sangat merepotkan dan ini potensial membuat perjalanan jadi tidak menyenangkan. Bawa kereta dorong, sehingga Anda dan anak yang lebih besar tetap bisa memanfaatkan waktu saat si kecil tidur dengan mengunjungi museum atau menikmati pemandangan di tempat wisata anak.

3. Bawa makanan favorit

Anak-anak kadang lebih sulit melakukan penyesuaian dengan makanan baru. Apalagi saat Idul Fitri menu makanan cenderung lebih spesial dan mungkin baru pertama kali mereka temui. Untuk berjaga-jaga (daripada mereka tidak mau makan atau mengalami masalah pencernaan saat perjalanan), Anda tetap perlu membawa makanan favorit mereka. Bila masih bayi, perlengkapan bayi saat perjalanan perlu disiapkan juga. Selipkan selai kacang atau sereal madu kesukaan mereka pada daftar barang bawaan. Tetap tawarkan mereka makanan-makanan baru selama perjalanan karena Anda mungkin terkejut dengan reaksi mereka yang menyukainya.

4. Perkenalkan destinasi sebelum pergi

Jika liburan kali ini akan dihabiskan di rumah nenek sekaligus untuk silaturahmi Idul Fitri, sebelum pergi Anda bisa memperkenalkan si kecil pada tempat wisata anak yang menarik di daerah tersebut. Jika rumah nenek berada di Yogyakarta misalnya, Anda bisa mulai membacakan cerita rakyat tentang legenda Lara Djongrang dan candi Prambanan sebelum mengajak mereka berkunjung ke sana. Selain lebih mengenal budaya, mereka akan lebih antusias terhadap apa yang mereka lihat.

Siap berlibur? Untuk masalah berkemas, Anda bisa mengunduh daftar barang yang perlu dibawa oleh si kecil dari internet (pilih yang dilengkapi gambar supaya lebih menarik) dan mulai ajari mereka belajar bertanggung jawab terhadap barang bawaannya. Untuk melengkapi bawaan si kecil yang belum lengkap, Anda bisa mencarinya di halaman peralatan dan perlengkapan bayi saat perjalanan.