Bahaya! Ini Dia Alasan Anjing Tidak Boleh Makan Cokelat

0
183

Saat memelihara anjing, Anda harus memperhatikan semua jenis makanan yang dikonsumsinya. Apalagi, tidak semua camilan yang enak bagi manusia bisa dikonsumsi oleh anjing, salah satunya adalah cokelat. Meskipun hanya sedikit, tetapi bahaya anjing makan cokelat cukup banyak, bahkan bisa sampai mengancam nyawanya.

Promo 12 12 Ruparupa

Apa Bahaya Anjing Makan Cokelat?

Bila anjing mengonsumsi cokelat, makanan ini bisa menjadi ancaman besar yang berakibat fatal hingga menyebabkan kematian. Lantas, kenapa cokelat sangat berbahaya bagi anjing? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Cokelat mengandung theobromine yang mirip dengan zat kafein. Kandungan inilah yang memberikan sensasi rasa pahit pada cokelat. Senyawa ini memang tidak berbahaya bagi manusia, tetapi lain halnya dengan anjing. Bahan kimia dari cokelat ini bisa mengganggu sistem pencernaan, jantung, dan juga otot keseluruhan tubuh anjing.

Makanan Anjing

Hindari memberikan makanan ini, terutama untuk anjing yang sedang hamil. Pasalnya, senyawa ini akan memasuki plasenta dan ikut keluar bersamaan dengan air susu. Tentu, hal ini akan berdampak lebih buruk daripada anjing saat kondisi normal.

Mengapa manusia tidak masalah mengonsumsi cokelat?

Tubuh manusia memiliki kemampuan mencerna senyawa tersebut lebih cepat daripada anjing. Umumnya, anjing memerlukan 17,5 jam untuk mencerna senyawa tersebut. Zat ini bisa menjadi racun yang mengendap cukup lama dalam tubuh anjing.

Tanda-tanda anjing keracunan cokelat

Sebagai langkah pencegahan, pastikan Anda memahami tanda-tanda yang anjing alami ketika keracunan cokelat. Jika kondisi ini bisa terdeteksi sejak dini, maka kemungkinan untuk mengatasinya akan lebih mudah. Berikut merupakan tanda-tanda umum anjing keracunan cokelat.

  1. Mual dan muntah
  2. Diare
  3. Peningkatan buang air kecil
  4. Rasa haus yang meningkat
  5. Perilaku cemas dan gelisah
  6. Irama jantung yang tidak normal
  7. Kejang-kejang
  8. Pingsan
  9. Penurunan kadar produksi liur
  10. Peningkatan suhu tubuh
  11. Tekanan darah rendah
  12. Tremor otot tubuh
  13. Kembung
  14. Nafas yang pendek
Baca Juga:   10 Fakta Anjing Shiba Inu, Anjing di Twitter Elon Musk

Bila Anda menemukan kondisi gejala seperti di atas, maka segera bawa anjing pada dokter spesialis khusus untuk mendapatkan rawat inap dan perawatan suportif yang memungkinkan.

Jenis cokelat apa yang tidak boleh anjing konsumsi?

Semua jenis cokelat akan berubah menjadi racun jika dikomsumsi oleh anjing. Namun, kandungan theobromine pada cokelat hitam jauh lebih banyak. Jenis cokelat inilah yang dianggap paling berbahaya bagi anjing.

Cara mencegah anjing tidak mengonsumsi cokelat

Cara pencegahan terbaik adalah dengan memberikan sosialisasi kepada anggota rumah, terutama anak kecil, untuk tidak memberikan cemilan lain selain makanan khusus anjing.

Selain itu, pastikan Anda tidak sembarang meletakkan cokelat ataupun makanan yang mengandung cokelat di sekitar area rumah, yang mudah dijangkau oleh anjing. Apalagi, bila anjing Anda memiliki indera penciuman yang sangat baik untuk mendeteksi makanan.

Itu dia sejumlah bahaya dan gejala yang akan terjadi bila anjing keracunan cokelat. Daripada memberi makanan yang tidak sehat, lebih baik berikan makanan khusus anjing. Nah, berikut kami punya rekomendasi makanan dan cemilan anjing yang aman bila dikonsumsi setiap hari.

Pedigree cemilan perisa sapi

Beli di sini

Pedigree merupakan cemilan anjing yang terbuat dari konsentrat olahan baham alami dengan rasa daging sapi yang beraroma lezat. Kandungan protein, kalsium, dan serat pada satu bungkus Pedigree mewakili seluruh asupan gizi harian anjing kesayangan Anda. Selain itu, cemilan ini tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna, yang dapat membahayakan kesehatan peliharaan Anda.

Baca Juga:   Jenis Obat Cina Covid Lianhua Qingwen yang Diizinkan BPOM

Truknox cemilan perisa ayam

Beli Di sini

Anda juga bisa memberikan nutrisi ekstra dengan memberikan cemilan anjing Moon Shine rilisan dari Truknox. Cemilan berbahan dasar daging ayam ini, tidak mengandung pewarna dan perisa buatan sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan Anda.

Cemilan ini juga cocok untuk anjing peliharaan yang alergi terhadap biji-bijian, seperti kandungan kacang kedelai, jagung, dan gandum. Kelebihan lainnya adalah kandungan kombinasi Triple Action Kondroitin, Glukosamin, dan kolagen dalam cemilan ini, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan panggul.

Bis Jerky cemilan anjing perisa strawberry

Beli Di sini

Tidak hanya cemilan asin, Ruparupa juga menyediakan cemilan manis untuk anjing kesayangan Anda dengan beragam varian rasa, seperti rasa strawberry, persembahan dari Bis Jerky. Anda tidak perlu khawatir karena snack ini terbuat dari daging ayam asli dengan pilihan bahan berkualitas, yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin anjing  Anda. Selain teksturnya yang mudah dikunyah, aroma makanan ini juga menggiurkan sehingga cocok dikonsumsi oleh anjing dari usia berapa pun.

Selain menjual kebutuhan anjing, Ruparupa.com juga menyediakan beragam kebutuhan rumah tangga dengan kualitas terbaik dari berbagai merek ternama seperti ACE, Informa, dan lain sebagainya. Yuk, mari kunjungi Ruparupa dan dapatkan berbagai penawaran menarik sekarang juga!