#AskRuparupacom: Ruang Santai Untuk Apartemen Minimalis

Tanya:

Hai, nama saya Renata, saya berencana untuk pindah ke apartemen dalam waktu dekat bersama dengan adik saya. Apartemen yang akan saya tinggali adalah apartemen minimalis dengan 2 bed room. Saya ingin mendekor ruang tengah agar lebih cheerful, karena kitchen set yang tersedia berwarna hitam glossy. Karena apartemen minimalis, maka ruang tengah akan berfungsi sebagai ruang multifungsi, ruang santai, dapur, sekaligus ruang kerja dengan meja yang mengarah ke jendela. Kira-kira bagaimana tema yang pas untuk ruang santai ini dan furnitur apa saja yang dibutuhkan untuk mengisi ruangan berukuran kurang lebih 2.5×2 meter ini? Terima kasih.

Jawab:

Dear Renata,

Saya akan membantu Anda untuk mendekorasi ruang santai di apartemen berukuran 2.5×2 meter. Jika ingin mendekorasi ruang tengah yang multifungsi agar lebih cheerful, maka dapat diaplikasikan tema colorful, yaitu dengan menggabungkan berberapa warna agar menghasilkan ruangan yang lebih cerah.

Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam mendekor ruangan dengan tema colorful. Yang pertama, jangan terlalu banyak mencampur warna dalam ruangan. Gunakan 2 hingga 3 warna soft sebagai prioritas warna dasar. Kedua, gunakan gradasi dari warna dasar serta kombinasi warna pastel sebagai aksen pada ruangan.

Misalnya sofa dengan warna aqua, pilih bantal sofa dengan warna yang lebih muda atau lebih tua, sehingga pilihan warnanya tidak terlalu luas. Warna-warna kuat seperti pink atau kuning hanya digunakan pada aksen atau hiasan ruangan. Aksen ini dapat diartikan sebagai bantal sofa, throw, artworks, lampu, ataupun furnitur.

Selain warna pastel, Anda juga dapat mengkombinasikan warna-warna natural seperti warna kayu. Disarankan untuk menggunakan material kayu dengan warna natural pada furnitur seperti meja sisi, kursi ataupun lemari. Warna natural dan warna pastel ini tinggal di mix and match sesuai dengan keinginan Anda.

Mengingat ukuran ruangan yang tidak terlalu luas, sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih furnitur. Pastikan furnitur yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan ukuran ruangan. Anda juga bisa menggunakan furnitur multifungsi untuk memaksimalkan fungsi ruangan. Gunakan sofabed sehingga dapat digunakan sebagai tempat bersantai ataupun tempat tidur saat ada tamu yang menginap.

Maksimalkan meja yang menghadap ke jendela sebagai meja serbaguna. Letakkan tanaman hias di atas meja, Anda dapat menggunakan tanaman artifisial sehingga tidak perlu repot untuk merawatnya. Pergunakan meja tersebut sebagai meja kerja, meja makan, meja seterika, maupun fungsi lainnya. Tambahkan kursi yang nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Sebagai tambahan, pilihlah tirai dengan warna cerah seperti broken white atau warna pastel agar ruangan terlihat lebih luas. Untuk meminimalisir barang-barang dalam ruangan tersebut, pilihlah jam dinding dengan model yang unik, selain sebagai penunjuk waktu, jam dinding dengan model unik ini dapat juga digunakan sebagai hiasan dinding.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan saat menata ruang santai multifungsi pada apartemen minimalis Anda.


Ask The Experts Glenn Hajadi

Glenn siap membantu Anda!

Glenn Hajadi, meraih gelar Master of Architecture di Barcelona Institute of Architecture di Barcelona, Spanyol dan Bachelors Degree di The Ohio State University di Columbus, Ohio, AS. Berpengalaman sebagai arsitek dan desain interior di Amerika, Cina dan Eropa. Di tahun 2009 ia mendirikan Highstreet Studio bersama dengan Rama Budhisurya. Hingga saat ini menjabat sebagai founder sekaligus Arsitek Prinsipal di Highstreet Studio.

Apakah Anda memiliki rencana untuk membangun rumah? Ingin melakukan make over rumah atau kantor Anda? Tanyakan kepada arsitek dan desain interior Glenn Hajadi.

Lihat Profil Glenn Kumpulan artikel Glenn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here