Do It Yourself: Buat Dekorasi Dinding Dari Kertas

    Tahukah Anda mengubah ruangan kamar sebulan sekali dapat mengurangi stres Anda akan padatnya rutinitas di kantor? Oleh karena itu, tidak ada salahnya menambahkan beberapa aksesori baru di kamar. Dekorasi dinding, misalnya.  Tidak perlu terburu-buru membeli dekorasi dinding yang mahal, Anda bisa memulainya dengan membuat berbagai dekorasi kecil dari kertas. Apalagi kertas itu multifungsi, bisa diubah menjadi dekorasi seperti tulisan biasa ataupun Anda jadikan kreasi hiasan dinding yang lebih menarik dengan melipatnya menjadi origami. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu cara mengkreasikannya. Mari gunakan kreativitas Anda untuk mengaplikasikan hiasan dinding kertas tersebut!

    Kupu-Kupu

    Cat dinding rumah berwarna putih memang membuat ruangan terlihat lebih bersih dan luas, tetapi monoton dan terkadang menambahkan warna tidak ada salahnya untuk meringankan rasa bosan akan rutinitas. Cobalah bereksperimen dengan dekorasi dinding berwarna-warni. Gunakan saja kertas buffalo dan bentuklah menjadi bentuk kupu-kupu. Gunakan kertas dengan warna berbeda-beda, Jika Anda tidak percaya diri dengan hasil gambar, Anda bisa membuat pola kupu-kupu dengan mencetaknya dari internet. Aplikasikan pola tersebut pada seluruh bagian kertas buffalo hingga menghasilkan beberapa bentuk kupu-kupu, lalu rekatkan dengan selotip dua sisi (double tape). Jika ingin memberikan kesan tiga dimensi, Anda dapat menekuk keatas sisi kanan dan kiri sayap kupu-kupu kemudian merekatkan double tape di sisi tengah  kupu-kupu. Aplikasikan kupu-kupu tersebut pada dinding kamar Anda dalam posisi miring atau pythagoras untuk membuatnya lebih kelihatan indah dan hidup.

    Hati

    Buat Anda yang lagi berbunga-bunga dengan pasangan, tidak ada salahnya membuat dekorasi dinding berbentuk hati untuk menambah kesan harmonis di kamar. Bentuk hati juga dapat mewakilkan perasaanmu kepada pasangan jika Anda bukan tipe yang mampu mengungkapkan kasih sayang melalui kata-kata. Untuk membuat hiasan dinding berbentuk hati, mulailah dengan menyiapkan beberapa lembar kertas berwarna merah. Bentuklah pola hati atau love, kemudian  potong sisi tengah atas pola, lalu tekuklah ke sisi bawah untuk menciptakan kesan tiga dimensi pada pola. Rekatkan sisi tengah yang telah digunting dan ditekuk dengan lem kertas. Langkah terakhir adalah melekatkannya pada dinding. Tidak hanya bentuk love, Anda juga bisa membuat bentuk lain seperti segi empat dan lingkaran.

    Pola Berlubang

    Anda yang tidak mau ribet menggambar pola, langkah berikut dapat Anda coba. Siapkanlah kertas yang bermaterial agak kaku. Gulunglah kertas tersebut sehingga memiliki pola berlubang atau bolong di tengah. Setelah itu, guntinglah kertas menjadi beberapa bagian dengan jarak per tiga senti meter. Anda akan memiliki beberapa bagian kecil dari kertas tersebut. Gabungkanlah potongan kertas tersebut ke dalam empat sisi, dua kertas dengan posisi diatas dan dua kertas lainnya dengan posisi dibawah. Posisi kertas desain seperti itu memberikan kesan bunga. Dekorasi dinding yang lain adalah merekatkan potongan gulungan kertas kecil di bagian tengah antara posisi kertas atas dan bawah, atau merubah bentuk kertas yang semula bulat menjadi lancip. Aplikasikanlah pada dinding Anda dengan cara yang sama, yaitu merekatkan bagian belakang kertas dengan double tape.

    Kipas

    Apakah Anda memiliki banyak koran tidak terpakai? Eits, jangan dibuang dulu ya! Kertas koran tersebut dapat Anda desain menjadi dekorasi dinding cantik tanpa perlu mengeluarkan biaya banyak. Anda bisa memulainya dengan memotong satu lembar kertas koran menjadi dua atau empat bagian kemudian lipatlah seperti bentuk kipas. Setelah semua kertas terlipat seperti bentuk kipas, gabungkanlah lipatan-lipatan tersebut dengan merekatkannya menggunakan double tape  di masing-masing sisi kanan dan kiri kertas sehingga membentuk lingkaran. Buat kalian yang ingin berkreasi dengan warna, taburkanlah beberapa warna cat favorit kalian tanpa menggunakan kuas. Warna yang teraplikasikan pada kertas dapat menjadi warna dalam bentuk abstrak yang memiliki nilai seni loh!

    Atap Rumah

    Dekorasi dinding yang satu ini cocok untuk ruangan anak Anda, yaitu dengan membuat hiasan dinding dari kertas dalam bentuk rumah. Biarkan ia berimajinasi sambil main rumah-rumahan bersama temannya untuk meningkatkan kreativitasnya. Buatlah kotak kecil dari kertas kemudian tempelkan pada dinding. Setelah itu, potonglah kertas yang lain dalam bentuk persegi panjang kemudian tekuklah pada bagian tengah. Kertas bentuk ini digunakan sebagai bagian atap atu genteng rumah yang diaplikasikan dengan merekatkannya pada bagian atas kertas yang telah ditempel pada dinding sebelumnya.

    Bunga

    Tips desain yang lain adalah bunga. Siapkanlah kertas dengan ukuran memanjang kemudian gunting sisi atasnya secara bergelombang. Setelah itu, gulunglah kertas tersebut hingga membentuk bunga mawar lalu rekatkan pada dinding. Anda juga dapat membuat motif daun dan merekatkan di sisi samping bunga yang telah direkatkan pada dinding. Semoga desain hiasan dinding dari kertas tersebut dapat menginspirasi kamu. Selamat berkarya!

    Wallpaper Untuk Tampilan Dinding Menarik

    Jika ruangan Anda mempunyai tampilan visual sederhana, namun Anda ingin tampilan yang lebih elegan, gunakanlah wallpaper. Wallpaper bisa digunakan di semua area rumah, begitu pula di kamar mandi dan juga bisa mengubah tampilan rumah Anda dalam waktu singkat.

    Wallpaper  Minimalis Modern

    Dinding merupakan kesan pertama saat memasuki ruangan. Pilihan wallpaper bergaris dengan warna hitam-putih sangat cocok untuk kamar minimalis modern. Wallpaper dengan warna ini dapat membuat ruang terlihat lega dan luas.  Anda juga dapat menciptakan kesan minimalis dengan memilih warna yang cenderung netral dengan nuansa yang hangat.

    Wallpaper Ruangan Anak

    Seringkali si kecil tidak suka betah berlama-lama di rumah dan sering menghabiskan waktu bermain dan beraktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, Anda dapat menciptakan kamar anak dengan konsep yang menarik. Misalnya, Anda dapat memilih tokoh Hello Kitty sebagai inspirasi kamar anak perempuan. Anda dapat menggunakan wallpaper yang memiliki warna merah muda dengan corak yang cerah dan halus. Jangan lupa tambahkan aksesoris tokoh Hello Kitty pada dekorasi ruangan, seperti cermin yang berbentuk Hello Kitty atau tempat sabun dengan karakter kucing manis tersebut.

    Wallpaper Gaya Vintage

    Gaya vintage memancarkan rasa nostalgia dan romantisme yang begitu kental pada kamar. Gunakan wallpaper dengan desain renda atau bunga-bunga dan warna pastel untuk menampilkan nuansa vintage. Anda bisa menambahkan beberapa kait kuningan mewah di sekitar pintu dan lampu hias yang menggantung cantik di tengah ruangan. Anda dapat bereksperimen dengan gambar atau motif yang menarik agar tercipta tampilan yang bervariasi di kamar. Ada baiknya cocokan warna wallpaper dengan konsep kamar Anda.

    Ruparupa menjual dekorasi dan hiasan dinding terlengkap banyak pilihan.